Sukses

7 Parpol Nonparlemen Tolak Skenario Calon Tunggal di Pilkada Kabupaten Kediri 2020

Gelombang penolakan skenario calon tunggal dalam Pilkada Kabupaten Kediri Tahun 2020 terus terjadi. Kali ini datang dari Aliansi Partai Non Parlemen Kabupaten Kediri.

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang penolakan skenario calon tunggal dalam Pilkada Kabupaten Kediri Tahun 2020 terus terjadi. Kali ini datang dari Aliansi Partai Non Parlemen Kabupaten Kediri.

Sebanyak tujuh partai politik peserta Pemilu 2019 yang tidak mendapatkan kursi di legislatif ini menolak kemungkinan calon tunggal, karena dinilai mengebiri hak pilih masyarakat.

Bahkan dengan modal 49.000 suara sah, mereka bakal mendukung gerakan memenangkan 'bumbung kosong', bila skenario calon tunggal benar terjadi di Kabupaten Kediri.

"Hasil pertemuan kita dari partai non parlemen. Kalau dilihat sekarang ini, masyarakat Kabupaten Kediri dikebiri hak pilihnya, jika terjadi calon tunggal. Kita tahu bahwa para calon-calon sudah sosialisasi dan mempunyai peta hak pilih. Tetapi mereka tidak mendapatkan dukungan dari partai yang duduk di parlemen," tegas Heri Purnawirawan, Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Kediri, usai pertemuan Aliansi Partai Non Parlemen, Sabtu (25/7/2020).

Pertemuan berlangsung di Kantor DPD Partai Perindo Jalan Erlangga, Kabupaten Kediri. Pertemuan dihadiri oleh pimpinan tujuh partai politik non parlemen. Di antaranya, Heri Purnawirawan (Perindo), Sriyanto (PBB), Yazid (PSI), Choliq Effendi (Hanura), Ainan (Garuda), Siddik (Berkarya) dan Zaenal Fanani (PKPI).

Masih kata Heri, apabila skenario calon tunggal dipaksakan di Pilkada Kabupaten Kediri 2020, Aliansi Partai Non Parlemen bakal mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kediri dalam gerakan memenangkan kotak kosong. Mereka menilai calon tunggal bertentangan dengan sistem demokrasi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Kediri Siddik, yang juga Koordinator Aliansi Partai Non Parlemen menyatakan hal yang sama. Menurutnya, tujuh partai non parlemen menyikapi persoalan tersebut (skenario calon tunggal) dengan serius.

"Calon-calon yang selama ini mengikuti penjaringan memiliki kapasitas dan kapabilitas. Tetapi mereka tidak dilihat. Oleh karena itu, kami menyikapi apa yang terjadi saat ini dengan serius. Jangan sampai demokrasi ini dirampok oleh pusat," tegas mantan Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Sumenep yang memilih terjun di dunia politik ini.

Menurut Siddik, hari ini merupakan pertemuan awal Aliansi Partai Non Parlemen dalam menyikapi isu skenario calon tunggal dengan menggelar pertemuan lanjutan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Putra Pramono Anung Diprediksi Jadi Calon Tunggal

Sebelumnya, isu calon tunggal menguat di Pilkada Kabupaten Kediri 2020. Pasalnya, sejumlah partai politik telah memberikan dukungannya kepada satu pasangan calon yaitu, putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramono dan Ketua Fatayat NU Kabupaten Kediri, Dewi Maria Ulfa.

Pasangan itu didukung oleh PDI Perjuangan, PKB, Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar.

Reporter : Imam Mubarok

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.