Sukses

Ishak-Yudha Janjikan WiFi Gratis dan Modali UMKM Sumsel

Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan Yudha Pratomo Mahyudin menyebut internet menjadi hal penting untuk kemajuan daerah.

Liputan6.com, Palembang - Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan nomor urut tiga Yudha Pratomo Mahyudin mengaku cukup memahami IT.

Ia pun berjanji membuat program internet gratis dan bantuan modal guna membentuk entrepreneur. Karena, menurut dia, program itu tidak sulit.

Menurut Yudha, internet menjadi hal penting untuk kemajuan daerah. Hanya saja, kata dia, mayoritas daerah di Bumi Sriwijaya masih terkendala jaringan telekomunikasi, sehingga mereka kesulitan mengakses informasi dari luar.

"Internet sudah jadi kebutuhan. Akses internet dan sinyal komunikasi bisa lebih baik dan produktif. Kemajuan daerah juga salah satunya berpengaruh dari internet, ini bagian penting," ujar Yudha.

Jika nantinya terpilih memimpin Sumsel bersama pasangannya, calon Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki, Yudha berjanji membangun infrastruktur telekomunikasi di setiap daerah.

Dia menyebut, agar tidak membebani APBD, maka implementasinya akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

"Tidak sulit bagi saya untuk merealisasikannya. Saya punya bekal menjadi ahli IT dan punya relasi," ucapnya.

Yudha menilai, dengan jaringan telekomunikasi yang mumpuni akan membantu dalam program internet gratis di tempat-tempat vital.

Termasuk, kata dia, seperti masjid, rumah susun, dan sekolah. Dengan demikian, visi menjadikan South Sumatera Smart dapat terbentuk.

"Target kita setiap kecamatan terlayani. Beban masyarakat berkurang dan mereka bisa mengembangkan usahanya melalui internet," kata Yudha.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Modal UMKM

Selain WiFi gratis, Yudha juga akan membantu permodalan bagi pelaku UMKM masing-masing Rp 10 juta. Bantuan ini menurutnya bukan untuk memanjakan warga, tetapi untuk memicu semangat serta membentuk entrepreneur baru.

"Jika ingin ketahanan ekonomi tetap stabil, diperlukan minimal dua persen dari seratus ribu penduduk berstatus pengusaha. Nah, kami ingin membentuk minimal sepuluh ribu entrepreneur muda di Sumsel," terangnya.

Yudha mengatakan, usaha yang digeluti tak perlu bermodal besar. Usaha apapun, kata dia, asal serius dan konsisten bisa menghasilkan keuntungan berlimpah, sehingga meningkatkan taraf ekonomi keluarga.

"Bisa steam motor, salon, menjahit, dan sejenisnya. Yang penting tidak mudah bosan, geluti serius, dan terpenting pemerintah akan siap membantu," tegas Yudha.

 

Reporter : Irwanto

Sumber  : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.