Sukses

Bersama Komunitas Jeep, Emil akan Sulap Argo Wilis Pusat Ekonomi Baru

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyusuri wilayah Argo Wilis bersama komunitas Jeep dan berjanji akan menjadikan pusat ekonomi baru.

Liputan6.com, Kediri - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur (Cawagub Jatim) Emil Dardak bersama komunitas jeep melakukan ekspedisi menyusuri enam daerah yang berada di sekitaran Argo Wilis, Jawa Timur pada Minggu 25 Maret 2018.

Perjalanan ini dilakukan Emil terkait visinya menjadikan daerah-daerah di seputar Lingkar Wilis tersebut menjadi pusat ekonomi baru yang terkoneksi secara baik.

Emil Dardak meyakini, potensi ekonomi yang ada di daerah yang tersebar mulai dari Kabupaten Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Madiun, sampai Ponorogo tersebut akan menjadi sumber kemajuan yang dapat dinikmati secara bersama.

"Apalagi nantinya akan terdapat bandara di Kabupaten Kediri yang tentunya akan memperkuat potensi tersebut. Targetnya, tahun 2022 konektivitas daerah-daerah yang telah berlangsung di selingkaran Wilis akan mulai mendorong dampak ekonomi yang kuat," ujar Emil di lokasi.

Emil yang juga Bupati Trenggalek ini mengawali ekspedisi dari Kabupaten Kediri menuju Tulungagung, kemudian juga dari Bendungan Trenggalek dilanjutkan ke Kabupaten Ponorogo. Pada jalur-jalur ini dinilai Emil masih membutuhkan banyak pembangunan jalan, meskipun transportasi perintis dari Ponorogo Trenggalek dan ke Tulungagung sudah ada.

Di Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Emil Dardak singgah di Desa Mulyosari dan berdialog dengan BUMDes yang telah berhasil mengembangkan unit bisnisnya berbasis peternakan dan susu sapi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Wilis Selesai Bawa Dampak Positif

Emil menilai nantinya dengan konektivitas antar daerah yang terbangun membuat konektivitas potensi ekonomi di sekitaran Wilis akan pula berdampak positif para masyarakat setempat.

"Target kita tahun 2022 Selingkar Wilis ini bisa diselesaikan. Semua anggaran kita ukur, misalnya menggunakan anggaran DAK. Pihak Provinsi juga ikut mendanai dan Kabupaten yang terkait juga ikut memikirkan, kita targetkan tahun 2022 bisa tuntas dan ini menjadi komitmen bersama," paparnya.

Sektor yang akan sangat berdampak menurut Emil khususnya adalah sektor pariwisata. Posisi bandara yang dibangun di Kediri juga dinilainya akan membuka kawasan ini. Selain itu, kata dia, keberadaan jalan tol dari Kertosono ke Kediri juga direncanakan dapat dilanjutkan ke Tulungagung.

"Inilah wujud rasa cinta kita bersama-sama komunitas Jeep untuk benar-benar bisa mengangkat potensi-potensi yang ada di Selingkar Wilis dan pentingnya cita-cita tahun 2022 terkoneksi ini benar-benar bisa terwujud," jelas Emil.

Ekspedisi Lingkar Wilis yang diikuti oleh Emil Dardai ini bertajuk Tunggal Rogo Mandiri Bersatu yang artinya Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, dan Kediri Bersatu. Ekspedisi ini diikuti oleh ratusan mobil Jeep dari berbagai kota di Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.