Sukses

KPU DKI Siapkan Surat Suara Khusus Tuna Netra

KPU DKI juga menyiapkan bilik suara khusus tuna netra.

Liputan6.com, Jakarta - Pilkada Serentak 2017 siap dilangsungkan 15 Februari mendatang. Dalam perhelatan tersebut, surat suara untuk Pilkada DKI dicetak di Makassar, Sulawesi Selatan oleh pemenang tender PT Adi Perkasa.

Dijelaskan Ketua KPU DKI Sumarno, nantinya surat suara akan didistribusikan secara ketat. KPU DKI juga mempersiapkan surat suara khusus untuk tuna netra.

"Template khusus surat suara bagi penyandang tuna netra itu ada brailenya. Karena kalau pakai surat suara biasa nanti kesulitan," kata Sumarno saat konferensi pers di Gedung KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Rabu (11/1/2017).

Selain pengadaan surat suara, saat ini KPU DKI juga sedang melakukan pengadaan lain seperti tinta, formulir, dan bilik suara.

"Bagi kawan-kawan penyandang tuna netra ada (bilik) khusus braile juga," ujar dia.

Proses selanjutnya, sambung Sumarno, adalah distribusi. Menurutnya, belum terlihat kendala berarti lantaran wilayah Jakarta tidak cukup sulit dijangkau.

"Secara geografis wilayah kita (Jakarta) tidak ada kesulitan, kecuali di Kepulauan Seribu. Jadi, distribusinya lebih awal. Tapi, wilayah (Jakarta) lain satu-satunya kendala yaitu macet saja," tandas Sumarno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.