Sukses

Ahok-Djarot Ikut Ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar

Ini adalah kali pertama Ahok mengunjungi makam Sukarno.

Liputan6.com, Jakarta - Calon petahana gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan ziarah ke makam Presiden pertama RI Sukarno. Ahok bakal ke Blitar, Jawa Timur bersama pendampingnya di Pilkada 2017, Djarot Saiful Hidayat.

"Ini mau berangkat ini, habis ini (rapim)," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (10/10/2016).

Ahok menuturkan, memang berencana berziarah bersama Djarot ke makam Bung Karno di Blitar. Niatan itu dia sampaikan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ternyata Mega mengajak Ahok-Djarot agar bersama-sama mengunjungi makam Bung Karno.

"Bu Mega bilang ikut kita saja, waktu itu tanggal 6 enggak bisa saya bilang. Nanti Senin bisa ikut, ya sudah saya ikut, bayar tiket sama. Ya sudah deh kita ikut mereka," terang Ahok.

Ini adalah kali pertama Ahok mengunjungi makam Sukarno.

"Ini aku pulang-pergi. Saya sama Mas Djarot bilang ya aku belum pernah lihat kuburan Bung Karno. Kita ngomong Pancasila melulu, aku pengen lihat kayak apa sih gitu loh yang dateng," beber dia.

Ahok mengaku belum tahu siapa saja politikus PDIP yang akan ikut dalam rombongan ziarah. Ahok menyebut tidak ada kegiatan lain yang dilakukan di luar ziarah.

"Enggak (ada acara), saya enggak tahu PDIP, saya cuma bilang ikut, Ibu (Mega) bilang ikut saja," kata dia.

Sementara itu, pasangan kepala daerah di Pilkada 2017 yang ikut ke Blitar selain Ahok-Djarot adalah pasangan cagub-cawagub Banten Rano-Embay, pasangan Hana Hasanah-Tony Yunus dari Gorontalo, Rustam-Irwansyah dari Bangka Belitung, Ali Baal Masdar dari Sulawesi Barat, dan Dominggus Mandacan dari Papua Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.