Sukses

Megawati: Pilihan Ahok-Djarot Sesuai Bhineka Tunggal Ika

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap alasannya kenapa mengusung pasangan Ahok-Djarot dalam Pilkada DKI 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap alasannya kenapa mengusung pasangan Ahok-Djarot dalam Pilkada DKI 2017. Salah satunya karena sesusai dengan Bhinneka Tunggal Ika, yakni meski berbeda tapi tetap satu.

"Kalau memilih pemimpin itu harus orang yang punya rasa kebangsaan nasionalisme. PDIP ideologinya Pancasila, sehingga kami ini tidak ada lagi perbedaan kita 1 jiwa, Bhinneka Tunggal Ika," ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2016).

"Justru kami tidak ingin cari seseorang jadi pemimpin yang menimbulkan SARA. Kita ini negara majemuk luar biasa. Itulah saya putuskan," jelas Megawati.

Sebelumnya, Megawati telah memberikan pesan khusus kepada Ahok saat makan malam di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa, 20 September 2016.

"Ibu Mega cuma sampaikan, bahwa PDIP ini partai ideologis, yang di mana jelas Pancasila, yang dilahirkan oleh Bung Karno. Adalah lagi istilah masalah SARA, itu dah ketinggalan. Pancasila itu enggak ada lagi cerita-cerita SARA," ujar Ahok di Jakarta, Selasa, 20 September 2016.

Di sisi lain Ahok mengaku memiliki hubungan yang baik dengan PDIP. Meski sebelum deklarasi calon gubernur pada Selasa malam, banyak kader PDIP yang menolak Ahok.

"Saya dari dulu, sama PDIP baik-baik saja," Ahok menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017
    Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017

    Ahok Djarot

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • pilkada