Sukses

Johannes Rettob dan Emanuel Kemong Dinilai Paling Siap Maju di Pilbup Mimika

Johannes Rettob digadang-gadang akan berpasangan dengan Emanuel Kemong.

Liputan6.com, Jakarta - Penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika untuk Pilkada 2024 hanya tersisa kurang lebih 10 minggu lagi. Terdapat beberapa tokoh yang dirasa siap maju dalam kontestasi tersebut.

Johannes Rettob dan Emanuel Kemong dinilai sebagai bakal calon yang paling siap menjelang Pilkada Kab. Mimika 2024.

Johannes Rettob digadang-gadang akan berpasangan dengan Emanuel Kemong. Keduanya dinilai sebagai pilihan yang tepat untuk diusung pada Pilkada Mimika. Hal ini tidak terlepas dari rekam jejak keduanya yang sangat baik.

Johannes Rettob memiliki latar belakang pendidikan yang baik dan terbukti sebagai birokrat yang berpihak pada rakyat.

Salah satu alumnus Lemhannas 2016 yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Generasi Muda Kosgoro, Fajri Noch, memaparkan bahwa John Rettob adalah pilihan paling tepat.

“Kita semua tahu, pelaksanaan Pilkada merupakan perintah konstitusi sebagai sarana untuk melahirkan pemimpin yang kredibel, transparan, bersih serta berkesesuaian dengan kehendak rakyat. Saat ini dari kacamata Kami, pasangan Jhon dan Emanuel bakal mensejahterakan masyarakat Mimika, ” ungkap Fajri yang juga mantan Sekretaris KNPI Papua.

Fajri menuturkan, Jhon Rettob adalah sosok Bapak Pluralisme Papua atau Bapa bagi semua kalangan yang telah dibuktikan dalam beberapa agenda kerjanya.

“Saya ikuti betul jejak digital Bapak Johannes Rettob, sebut saja Agenda Pesparawi dan MTQ yang sukses besar ditangan beliau. Ini menandakan bahwa beliau (JR) mampu memposisikan diri tanpa memandang suku, ras, agama dan golongan,” cetus Fajri.

Fajri menambahkan bahwa kepala daerah harus piawai dalam urusan pemerintahan, karena itu sosok seperti JR sangat dibutuhkan untuk membawa Kabupaten Mimika ke arah yang lebih baik lagi.

“Selain piawai dalam mengelola masalah yang ada di daerah dan pendekatan terhadap persoalan kearifan lokal, JR juga merupakan pejabat yang Low Profile yang berpengalaman di bidang perhubungan udara dan Pemerintahan, ” jelas Fajri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emanuel Kemong Layak Dampingi Johannes Rettob

Sedangkan untuk pasangannya, Emanuel Kemong, adalah sosok yang paling layak mendampingi JR sebagai Calon Wakil Bupati Mimika 2024-2029.

Tokoh masyarakat Mimika, Abraham Timang, mengatakan bahwa Emanuel Kemong merupakan tokoh di balik kemajuan dan perkembangan pendidikan serta perekonomian di Kabupaten Mimika.

“Beliau (Emanuel Kemong) ini tidak diragukan lagi sampai dengan sekarang itu anak-anak tujuh suku yang ada di sini (Mimika) memiliki gelar dan menjadi pejabat itu semua binaan pak Emanuel Kemong,” kata Abraham Timang.

Dikatakan, Emanuel Kemong memiliki latar belakang seorang guru yang memiliki kapasitas dan andil besar dalam membangun Kabupaten Mimika terutama dari sisi pendidikan.

“Banyak anak-anak dari gunung yang beliau ambil disekolahkan melalui LPMAK yang sekarang YPMAK yang tidak menyadari atas jasa beliau tang sudah menjadikan anak-anak asli Papua menjadi pintar,” jelas Abraham.

Emanuel Kemong dinilai juga peduli dan tanpa pamrih dalam pelayanan kepada Orang Asli Papua tanpa memandang suku.

“Beliau ini tidak diragukan lagi bidang Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi beliau memiliki peran di Mimika. Dulu bersama saya di LPMAK dia paling aktif terutama untuk pelayanan kepada masyarakat Orang Asli Papua tidak memandang suku,” tegasnya.

Emanuel Kemong juga pernah menjabat sebagai Direktur LPMAK yang berhasil membangun perumahan untuk masyarakat pesisir.

“Untuk perumahan rakyat, beliau yang bangun rumah-rumah untuk masyarakat pesisir melalui programnya di LPMAK dan selanjutnya saya lanjutkan programnya. Kurang apalagi, beliau ini sosok yang lengkap dan sangat peduli kepada rakyat,” tutup Abraham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini