Sukses

Airlangga Sebut Ridwan Kamil Kantongi Dua Surat untuk Maju di Pilkada 2024

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias RK disebut mengantongi dua surat untuk maju di Pilkada 2024. Adapun surat itu untuk maju di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias RK disebut mengantongi dua surat untuk maju di Pilkada 2024. Adapun surat itu untuk maju di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat.

"(untuk RK) Dua. Tugasnya dua. Jadi surat tugasnya ada untuk DKI (Pilkada Jakarta) dan Jawa Barat," kata Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto kepada wartawan di Jakarta, dikutip Sabtu (18/5/2024).

Meski begitu, Airlangga menyebut terkait kepastian sikap Partai Golkar untuk Pilkada Jakarta akan melihat hasil survei ke depan.

Hal ini dilakukan guna menakar kualitas dan elektabilitas setiap kandidat di masyarakat.

"Ya semua kalau Golkar berbasis survei, kita akan survei bulan Mei, Juni, dan Juli baru kita tetapkan," ungkap Airlangga.

Sementara, terkait ada kemungkinan usulan untuk memasangkan kader Golkar dengan kandidat Gerindra, yakni Rahayu Saraswati Djojohadikusumo atau Budisatrio Djiwandono untuk maju, menurutnya itu akan dibahas.

"Nanti kita akan bahas,” kata kata Airlangga.

Selain itu ada sosok lain yang bisa juga maju, yaitu Wakil Ketua Umum Golkar, Erwin Aksa.

"Karena di sini ada yang ganteng juga, Pak Erwin," pungkasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerindra Pertimbangkan Nama Ridwan Kamil untuk Maju Pilkada Jakarta 2024

Sekretaris Jenderal atau Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan, saat ini pihaknya sudah mengerucutkan beberapa nama untuk diusung di Pemilihan Gubernur Jakarta 2024 (Pilgub Jakarta 2024).

Muzani mengakui, di Jakarta tidak hanya mempertimbangkan kader internal, melainkan juga eksternal.

"Ada yang internal, ada yang eksternal," kata Muzani, Minggu (12/5/2024).

Sedangkan untuk calon eksternal, Muzani menyebut pihaknya turut mempertimbangkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil maju di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024.

"Iya (Ridwan Kamil atau RK)," kata Muzani.

Sementara itu, untuk Pilkada Jawa Timur 2024 (Pilkada Jatim 2024), Gerindra sudah mengantongkan satu nama yang akan diusung yakni Gubernur petahana Khofifah Indar Parawangsa.

"Pulau Jawa, belum selesai tentang calon gubernur. Jawa timur sudah selesai, kita fokus pada pemenangan ibu Khofifah," ucap Muzani.

 

3 dari 3 halaman

Ketua DPP Golkar: Ridwan Kamil Lebih Condong Maju di Pilkada Jabar

Ketua DPP Partai Golkar TB Ace Hasan Syadzily mengatakan, Ridwan Kamil lebih condong jika dirinya maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat dibanding maju di Jakarta.

"Pak Ridwan Kamil sendiri menyatakan kepada saya, beliau mengatakan bahwa beliau lebih condong ke Jabar. Sejauh ini," kata Ace Hasan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Meski begitu, mantan Gubernur Jawa Barat tersebut mengaku, akan siap ditugaskan dimana saja oleh partai berlogo pohon beringin tersebut.

Kendati demikian, Ace Hasan memberikan rekomendasi atau usul kepada partai pimpinan Airlangga Hartarto tersebut agar Ridwan Kamil tetap berada atau maju di Pilgub Jawa Barat.

"Beliau (Ridwan Kamil) menyampaikan kepada saya bahwa soal beliau akan ditugaskan di mana, beliau tentu tergantung dari kebijakan partai. Kami tentu menyerahkan kepada DPP partai Golkar, kepada ketum, dan saya sudah beberapa kali juga bicara dengan ketum bahwa lebih baik Pak RK tetap di Jabar," ujarnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini