Sukses

Pilkada 2024, PKB Gelar Fit and Proper Test Bakal Calon Kepala Daerah se-Indonesia

Cucun menuturkan, tercatat sudah ada 40 bakal calon kepala daerah yang telah mengikuti fit and proper test di DPP PKB. Bahkan banyak di antara mereka bukan dari kader PKB.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar fit and proper test atau Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) se-Indonesia untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun Syamsurijal mengatakan, mereka yang telah mendaftar harus memaparkan visi misinya saat UKK.

“UKK dilaksanakan sebagaimana arahan dari Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar. Jadi DPP PKB sudah mulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan Bacakada mulai minggu lalu. Ini semua sesuai arahan Ketum Gus Muhaimin, bagaimana kita bisa mencari sosok calon pemimpin yang betul-betul layak," kata Cucun, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (14/5/2024).

Ketua Fraksi PKB DPR RI itu berujar, UKK digelar sebagai salah satu sarana untuk menguji pengetahuan dan juga pengalaman Bacakada sebelum berlaga di Pilkada 2024. Dia menegaskan bahwa seluruh Bacakada yang mendaftar di PKB dipastikan melalui proses UKK.

"Semua kita beri peluang dan kesempatan memaparkan visi misi. Semakin baik visi misinya, pengetahuannya, pengalamannya, tentu semakin besar diusung PKB nanti," tegas Cucun.

Cucun menambahkan, tercatat sudah ada 40 bakal calon kepala daerah yang sudah diuji oleh jajaran pengurus DPP PKB. Bahkan banyak di antara mereka bukan dari kader PKB.

"Sudah 40-an Bacakada yang kami uji, mulai dari Bacakada Provinsi, maupun Kabupaten/Kota dan bukan dari kader saja ya, malah banyak di antaranya itu adalah tokoh-tokoh dari luar PKB," tegas Cucun.   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimistis PKB Menang di Pilkada 2024

Melihat antusiasme yang mendaftar di PKB, Cucun meyakini hal itu menjadi bukti bahwa partainya memang punya magnet politik menjanjikan. Dia optimistis PKB bisa meraih kemenangan di Pilkada 2024.

"Kalau kita lihat dari yang sudah mendaftar, ini menjadi bukti kalau PKB memang menarik di mata Bacakada. Apalagi di Pemilu lalu suara PKB naik cukup signifikan. Kami menjadi semakin optimis PKB akan menang," tukas Cucun.

Sebagai informasi, mereka bakal calon kepala daerah yang sudah mengikuti UKK di PKB yaitu Hengki Irawan - Bakal Calon Bupati Ogan Komering Ulu Selatan, Hj. Rini Syarifah - Bakal Calon Bupati Blitar, H. Warsubi, S.H., M.Si. - Bakal Calon Bupati Jombang, Dr. Ir. Raden Bagus Fattah Jasin, M.S. - Bakal Calon Bupati Pamekasan.

Lalu ada Louise Lucky Taolin, S.Sos - Bakal Calon Bupati Malaka, Yohanis Uly Kale - Bakal Calon Bupati Sabu Raijua, Drz Simoen Thobias Pally - Bakal Calon Bupati Alor, Drs. Niga Dapa Wole - Bakal Calon Bupati Sumba Barat, serta H. Syafrudin Noor, SE., S.Sos. - Bakal Calon Bupati Hulu Sungai Selatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini