Sukses

Relawan dan Eks Tapol Serukan Pemilu Jurdil: Jangan Sebar Narasi Kecurangan

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat diminta untuk bersama-sama mengawal Tempat Pemungutan Suara (TPS), hal tersebut untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan adil. Sehingga tensi politik setelah hari pencoblosan dapat mereda.

"Pesta demokrasi itu kan menyenangkan dan bergembira. Kita berharap suasana setelah pemilu kembali kondusif,” kata mantan tahanan politik yang kini menjadi koordinator Nasional Tim 8 RJBBP, Wignyo Prasetyo dalam keterangannya, Senin (12/2/2024).

Dia juga berharap, setelah pemilu masyarakat kembali guyub dan tidak ada lagi kubu. Sebab untuk melanjutkan pembangunan perlu berbagai komponen anak bangsa.

"Siapapun yang menang akan melibatkan suamua komponen masyarakat,” terangnya. 

Sementara itu, Muhammad Ikhyar Velayati (aktivis 98 / Ketum DPP Relawan Persatuan Nasional ) mengatakan, narasi soal kecurangan yang ramai saat ini hanya sekadar statemen politik. Sehingga diduga ini hanya penggiringan opini.

"Sampai sekarang mereka tak pernah buktikan ini loh buktinya. Hanya sekedar framing, diksi, narasi. Sampai sekarang belum ada,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Kampanye Negatif

Akhyar menduga ada indikasi, mulai dari framing politik 02 akan curang, hingga meminta publik tidak memilih pasangan 02. Yang kedua, mulai dari gerakan juga sudah terbaca, baik ada mobilisasi, prakondisi yang isunya kecurangan pemilu.

"Padahal hampir satu bulan, hingga hari ini enggak ada satupun yang dilaporkan mereka ke aparat hukum atau Bawaslu,” ungkapnya.

Dalam konfrensi pers tersebut juga dihadiri Kamaludin Pane (Ketua Umum Relawan Biru Nusantara/Aktivis 98), Trio Marpaung/Aktivis 98 (Wakil Ketua DPP Relawan Persatuan Nasional), Anggi Setiawan (ketua DPD TIM 8 RJBBP Lampung ) dan Hadi Chandra (Ketua DPD TIM 8 Sumsel).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

Video Terkini