Sukses

Surat dan Kotak Suara di Kabupaten Tangerang Mulai Didistribusikan ke Desa-Desa

Liputan6.com, Tangerang - Ribuan logistik seperti kotak dan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah mulai didistribusikan ke titik penempatan di setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Tangerang, Banten.

Seperti diketahui, Kabupaten Tangerang merupakan wilayah terluas di kawasan Tangerang Raya untuk pendistribusian logistik pemilu. 

Sebab Kabupaten Tangerang diketahui memiliki 29 kecamatan dengan 28 kelurahan dan 246 desa. Salah satu yang terpantau pendistribusiannya adalah di wilayah Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Pihak kecamatan, KPU, dan juga instansi terkait melakukan pengawalan dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024. Pantauan di gudang logistik Kecamatan Curug, sebanyak 2.300 kotak suara siap dikirimkan ke kelurahan atau desa sebelum disebar ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kotak suara yang akan didistribukan dalam kondisi terkunci atau tersegel. Bukan hanya itu, tahun 2024 ini pun pihak KPU melakukan penanganan yang berbeda pada kotak suara, yakni kotak dilapisi plastik sebagai antisipasi kerusakan.

Sekretaris Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Angga mengatakan, dalam pendistibusian ini seluruh bahan logistik akan dikirimkan menggunakan truk tertutup, agar kondisi keutuhan kotak suara tetap terjamin.

"Proses pendistribusian ini menggunakan armada truk tertutup, antisipasi hujan. Dan memang tahun ini juga berbeda, dilapisi plastik, khawatir basah," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi TPS Rawan Banjir

Di wilayah itu pun, pihaknya telah memetakan TPS yang rawan banjir dengan total 4 titik yakni di Kelurahan Binong dan Sukabakti.

"Di Curug ini ada 468 TPS, dengan 4 TPS rawan banjir di Kelurahan Binong dan Sukabakti. Kita sudah koordinasi agar nanti bisa mengantisipasi kalau hujan atau terjadi banjir, agar kotak suara segera diamankan," ujarnya.

Proses distribusi tersebut pun mendapatkan pengawalan baik dari pihak kepolisian hingga Satpol PP Kabupaten Tangerang.

Kasatpol PP Kabupaten Tangerang, Agus Suryana mengatakan, pihaknya melakukan pembagian dalam tiga wilayah pada proses pendistribusian logistik, yakni di Kecamatan Curug, Balaraja, dan Sepatan.

"Dalam tahap pendistribusian kita terjunkan 267 personel, dan 18.032 orang bagian linmas se-Kabupaten Tangerang. Dan ada tiga posko di Curug, Balaraja, dan Sepatan. Meski poskonya hanya ada tiga, tapi petugas tetap kita minta untuk mobile pemantau jalannya pemilu 2024. Dan tentu kita harap, pemilu dapat berjalan aman dan lancar," ujar Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.