Sukses

Partai Buruh Optimis Raih 30 Kursi DPR RI di Pilpres 2023 Mendatang

Presiden Partai Buruh Said Iqbal optimis partainya akan menciptakan kejutan di Pemilu 2024. Iqbal meyakni partai baru ini akan masuk ke Senayan dengan menembus Parliamentary Threshold (PT) sebesar 4 persen, dengan raihan maksimal 30 kursi di DPR-RI di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Partai Buruh Said Iqbal optimis partainya akan menciptakan kejutan di Pemilu 2024. Iqbal meyakni partai baru ini akan masuk ke Senayan dengan menembus Parliamentary Threshold (PT) sebesar 4 persen, dengan raihan maksimal 30 kursi di DPR-RI di Pemilu 2024.

"Partai buruh berkeyakinan, bahwa kami akan lolos Parliamentary Threshold, dengan target minimal 20 kursi, maksimal 30 kursi DPR-Rl" ujar Iqbal saat kampanye Partai Buruh di Lapangan Bola Polsek Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (22/1/2024).

Iqbal meyakini hal tersebut berdasarkan antusias kader, simpatisan, maupun masyarakat Bogor yang menghadiri acara kampanye. Ribuan massa hadir dari Bogor, Cianjur, hingga Sukabumi yang berasal dari kalangan buruh, petani, nelayan, dan kelas pekerja.

Iqbal menyebut, berdasarkan survei internal yang dilakukan pihaknya, tercatat elektabilitas partai kelas pekerja ini sudah mencapai 4,778 persen. Tidak hanya secara nasional, Partai Buruh juga optimis menempatkan wakilnya sebagai legislator daerah.

"Untuk Bogor, Partai Buruh menargetkan satu kursi DPR-RI dan satu Fraksi Kabupaten Bogor dan tentu menyumbang dua hingga tiga kursi DPRD Provinsi Jawa Barat. Cianjur, satu fraksi DPRD," kata dia.

"Dan di bogor dan Sukabumi kami menargetkan ada kursi di DPRD Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi dan DPRD Kota Bogor. Jadi, dua kursi akan kami ambil dari Cianjur, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor," dia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yakin Menembus 4 Persen

Iqbal menyebut Bogor merupakan salah satu basis Partai Buruh. Hitungannya, lebih dari satu juta buruh bekerja di Kabupaten Bogor.

Sontak, hasil survei yang memprediksi partainya menembus 4,778 persen suara di Pemilu 2024 bisa terealisasikan.

"Bogor, adalah basisnya buruh. Nah, karena Partai Buruh merupakan partai massa dengan beragam elemen rakyat, seperti buruh, petani, hingga nelayan, maka apa yang akan diperjuangan di parlemen adalah demi kepentingan rakyat," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Agenda yang Dibawa

Iqbal memastikan Partai Buruh akan memperjuangkan penghapusan Omnibuslaw UU Cipta Kerja yang merugikan rakyat. Kemudian, menaikkan upah 15 persen, menghapus karyawan kontrak tanpa periode, dan melindungi pekerja wanita.

Petani Indonesia, kata Iqbal akan diperjuangkan meraih 12 juta hektare tanah sebagai penerapan perjuangan landreform, reforma agraria. Partai Buruh, berkomitmen memberikan jaminan sosial kepada masyarakat, seperti jaminan makanan, perumahan, air bersih, hingga pengangguran.

"Termasuk, mengembalikan tanah petani di Bogor, Cianjur, dan Sukabumi yang dirampas oleh korporasi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Partai Buruh

Video Terkini