Sukses

Tutup Debat Cawapres, Gibran: Tantangan Zaman Now Butuh Solusi Zaman Now

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menekankan pentingnya hilirisasi ketika memberi pernyataan penutup debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu malam (21/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menekankan pentingnya hilirisasi ketika memberi pernyataan penutup debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu malam (21/1/2024).

Gibran menyebut hilirisasi bisa meningkatkan nilai tambah dalam negeri dan membuka lapangan kerja yang luas.

"Saya tidak akan bosan-bosan membahas hilirisasi. Dengan hilirisasi kita akan keluar dari midle income trap. Dengan hilirisasi kita akan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Dengan hilirisasi kita akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," kata Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, Gibran juga bicara soal tantangan aspek lingkungan dan keberlanjutan sosial dari pelaksanaan hilirisasi. Menurut Gibran, dampak perubahan iklim seperti bencana sudah menjadi ancaman di depan mata.

"Tentunya dalam pelaksanaannya dipikirkan aspek lingkungan keberlanjutan dan sosialnya. Dampak perubahan iklim semakin nyata, banjir, kekeringan, kenaikan air laut ini adalah ancaman nyata dan sudah di depan mata," ujar Gibran.

Menurut Wali Kota Solo ini, perlu ada solusi yang sesuai perkembangan zaman untuk mengatasi masalah itu. Dia juga memperhatikan produktivitas pertanian dan sektor maritim yang pelu menjaga keseimbangan alam.

"Tantangan ini merupakan tantangan zaman now, membutuhkan solusi zaman now. Tantangannya bagaimana kita mencari titik tengah keseimbangan lanjutkan hilirisasi, tapi wajib menjaga lingkungan. Tingkatkan produktivitas pertanian dan sektor maritim, tapi wajib menjaga keseimbangan alam," ucap Gibran.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gibran: Terima Kasih Prof Mahfud dan Gus Imin

Lebih lanjut, Gibran berterima kasih kepada cawapres 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud Md atas debat malam ini. Harapannya, debat cawapres malam ini memberi gambaran tentang ke mana bangsa akan melangkah.

"Terima kasih Prof Mahfud, Gus Muhaimin, semoga debat malam ini memberi gambaran tentang ke mana arah bangsa ini melangkah. Sekali lagi, tantangan zaman now membutuhkan solusi zaman now," ucap Gibran.

Putra sulung Presiden Jokowi itu melanjutkan, anak-anak muda zaman sekarang perlu dilibatkan dalam pembangunan bangsa. Gibran lalu menyampaikan terima kasih kepada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang telah melibatkan anak muda.

"Tentunya anak anak zaman now perlu lebih banyak dilibatkan. Terima kasih Pak Prabowo, sebagai senior dan teladan yang paling banyak melibatkan anak anak zaman now," kata Gibran.

"Langkah awal menuju Indonesia emas, datang ke TPS coblos nomor 2 Prabowo-Gibran," pungkasnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.