Sukses

Persiapan Cak Imin, Gibran dan Mahfud Md Jelang Debat Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar debat calon wakil presiden atau debat cawapres putaran kedua. Gibran Rakabuming Raka, Mahfud Md dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar debat calon wakil presiden atau debat cawapres putaran kedua. Gibran Rakabuming Raka, Mahfud Md dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan saling adu strategi dalam debat yang akan berlangsung pada Minggu, (21/1/2024).

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dikabarkan akan menggunakan singkatan dalam debat tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Bobby Gafur Umar, dalam Konferensi Pers Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045, di Djakarta Teater – Lounge Area, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024).

Bobby mengatakan, penggunaan istilah singkatan merupakan hal yang umum, sehingga wajar disampaikan ke publik.

“Saya rasa itu normatif kita lihat. (Debat) kemarin soal ekonomi syariah umum, kalau saya saja pernah baca,” kata Bobby.

Bobby pun memastikan, singkatan yang akan dipakai Gibran pada debat cawapres nanti tentunya singkatan yang sudah familiar ditelinga masyarakat.

Sebagai contoh, katanya, singkatan dari net zero emission atau NZE, yang  menurutnya umum diketahui publik. "Misalnya NZE atau net zero emission itu kan umum, ya harusnya ngerti lah,” ujar Bobby.

Sementara Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memastikan Gibran siap dalam menghadapi debat.

"Oh, Gibran udah oke. Mas Gibran biasa aja. Persiapan khusus enggak ada," kata Zulhas kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Sementara calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebut, dirinya dan Cawapres Mahfud Md akan memberikan kejutan dalam Debat Cawapres yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu 21 Januari 2024.

Seperti dalam debat-debat sebelumnya, Ganjar mengaku akan memberikan kejutan soal kostum yang akan mereka pakai.

"Kejutan? Oh ada, tunggu saja," ujar Ganjar singkat di Jawa Tengah, Rabu (17/1/2024).

Sementara Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, mengatakan Mahfud Md turun langsung ke tengah masyarakat jelang debat cawapres.

Hasto menyebut, Mahfud Md hendak melihat permasalahan konkrit yang ada di masyarakat bawah terkait dengan tema debat, meliputi pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

"Tentu saja Prof Mahfud mempersiapkan debat tersebut dengan turun ke bawah, dengan melihat problematika konkrit yang dihadapi rakyat, sehingga gagasan-gagasannya akan membumi," kata Hasto di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Hasto menyatakan, sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) tema debat ke depan bakal menguntungkan Mahfud. Mengingat, kata Hasto semua tema debat itu memerlukan hukum sebagai pilar.

"Jadi hukum itu menyentuh seluruh nafas kehidupan kita, ketika hukum dilanggar kemudian tidak ada budaya tettib hukum yang seharusnya menegakkan hukum sibuk urusan lain, maka hukum sangat diperlukan. Sehingga tema kedepan menempatkan daya unggul Prof Mahfud," kata dia.

Sementara cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin diyakini akan tampil baik saat debat. 

"Cak Imin cukup banyak menguasai hal, tidak perlu kita berikan masukan. Biar dia belajar, dia kan bekas Wakil Ketua DPR, bekas menteri, masa mau diajarin lagi," tutur Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini mengemukakan bahwa sosok Cak Imin diyakini mampu mengikuti dinamika debat yang kedua, dan akan memberikan penampilan yang sangat baik. "Iya, saya yakin lah," kata JK menambahkan.

Sementara calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan  menegaskan bahwa Cak Imin tidak perlu mentor karena sudah sangat paham kondisi serta materinya.

"Cak Imin tidak perlu dimentori, Cak Imin sudah siap untuk debat," kata Anies menjawab pertanyaan awak media sembari tersenyum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

11 Panelis untuk Debat Keempat Pilpres 2024

Para panelis itu terdiri atas mayoritas akademisi dan beberapa diantaranya praktisi yang tergabung dalam organisasi masyarakat sipil.

Nama-nama panelis untuk debat keempat Pilpres 2024, yaitu:

1. Prof. Abrar Saleng (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam Universitas Hasanuddin),

2. Dr. Arie Sudjito (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada),

3. Prof. Arif Satria (Ahli Ekologi Politik/Rektor Institut Pertanian Bogor),

4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria),

5. Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform),

6. Prof. Hariadi Kartodihardjo (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB).

7. Prof. Ridwan Yahya (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu),

8. Rukka Sombolinggi (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara),

9. Prof. Sudharto P. Hadi (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010--2015),

10. Prof. Sulistyowati Irianto (Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia),

11. Tubagus Furqon Sofhani (Ahli Perencanaan Wilayah dan Pedesaan Institut Teknologi Bandung).

Debat keempat KPU yang menampilkan tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2), dan Mahfud Md (cawapres nomor urut 3).  mengangkat isu-isu antara lain sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Rangkaian debat itu merupakan bagian dari kampanye Pilpres 2024 yang diwadahi KPU. KPU RI menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

3 dari 3 halaman

KPU RI Rampingkan Tema Debat Keempat Pilpres 2024, Berikut Detilnya

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memastikan, debat ke empat Pilpres 2024 sudah menghasilkan kesepakatan antara tim sukses ketiga pasangan calon, tv pool dan KPU RI sebagai penyelenggara.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, salah satu hal yang disepakati adalah tentang tema debat yang awalnya mengandung tujuh tema  dirampingkan menjadi enam.

“Dari tujuh tema itu kemudian kami sudah tata menjadi enam tema,” kata Mellaz di Kantor KPU RI Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Mellaz kemudian merinci, enam tema yang akan dibahas dalam debat yang akan berlangsung pada 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada pukul 19.00 WIB itu adalah pertama pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup. Kedua, sumber daya alam dan energi. 

“Tema ketiga adalah soal pangan. Tema keempat yaitu agraria. Tema kelima, masyarakat adat dan tema keenam desa,” rinci Mellaz.

Jika membandingkan dengan yang sebelumnya, diketahui awalnya ada tujuh tema pada debat ke empat yaitu  energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria,  dan masyarakat adat.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini