Sukses

Kampanye di Brebes, Ganjar Dengar Keluhan Petani Sulit Dapat Pupuk Subsidi

Ganjar mendapat beberapa keluhan di antaranya persoalan pupuk bersubsidi langka ditemukan oleh petani di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo melanjutkan kampanyenya di Desa Kertabesuki, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dengan berdialog bersama sejumlah petani bawang merah.

Dari dialog tersebut, Ganjar mendapat beberapa keluhan di antaranya persoalan pupuk bersubsidi langka ditemukan oleh petani.

Ganjar pun menjelaskan, bahwa pupuk bersubsidi memang saat ini tengah dikurangi oleh pemerintah. Sehingga, dia meminta kepada pemangku kepentingan untuk membantu agar kembali menambah pemasokan pupik bersubsidi.

"Maka penting saya mengingatkan kepada pemangku kepentingan pupuk plis bantu yuk," kata Ganjar, usai bertemu para petani, di Brebes, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024).

"Dan yang menentukan subsidi pupuk adalah pemerintah pusat, apakah kementerian pertanian, nanti dibawa ke komisi IV DPR, lalu bicara dengan menteri keuangan, kalau kita mau serius mengurusi soal pangan, maka mari kita prioritaskan ini, jangan sampai nanti ramai karena problem-problem impor atau tidak impor," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Penyaluran Pupuk Tepat Sasaran

Tak hanya itu, dia meminta agar penyaluran pupuk bisa tepat sasaran. Ganjar mengaku bahwa memiliki database petani yang berhak mendapatkan pupuk tersebut.

"Saya punya data kartu tani itu bukan kartunya loh, itu adalah database petani siapa yang berhak mendapatkan pupuk, ini sama seperti BLT atau PKH dan sebagainya apakah tepat sasaran," ujar dia.

"Maka ini cerita ketidaktepatan sasaran sehingga mereka protes, meskipun tentu saja kita minta kepada petani agar penggunaan pupuk tidak berlebihan, karena kalau berlebih tanahnya rusak dan keras sekali," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Ganjar Nginap di Rumah Warga Tegal

Diketahui, Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengakhiri kampanye Rabu (10/1/2024) dengan menginap di rumah warga Tegal, Jawa Tengah. Warga setempat yang penasaran pun ramai memadati gang senggol tempat mantan Gubernur Jawa Tengah itu bermalam.

Pantauan Liputan6.com, Ganjar berjalan memasuki gang senggol, tepatnya di Jalan Arjuna GG.14 A No.56 RT002 RW003 Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Sejumlah warga setempat pun tampak terkejut dengan kedatangannya. Sepanjang gang senggol pun semakin padat masyarakat lantaran penasaran dengan sosoknya.

Di lokasi tempatnya bermalam, Ganjar digelarkan karpet untuk duduk di halaman depan. Sebelum mengakhiri kampanye, dia berdialog dengan warga sambil meminta anak muda menyampaikan aspirasinya.

Salah satu perempuan muda pun diminta menunjukkan talentanya. Dia lantas bernyanyi bersama warga di depan Ganjar, menggunakan pengeras suara seadanya.

4 dari 4 halaman

Rumah Guru Honorer

Adapun rumah tempat Ganjar Pranowo menginap adalah kediaman Waidah (55), seorang guru honorer SMP 5 Tegal.

Dia merupakan ibu tunggal dari Fikri Haikal, alumni SMKN Jateng Semarang angkatan tahun 2017.

Diketahui, Fikri tengah bekerja di Regenesis yang merupakan perusahaan farmasi di Jakarta. Berkat anak itu, Waidah dapat merenovasi rumah yang kini ditumpangi Ganjar Pranowo menginap.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.