Sukses

Pakai Istilah Sulit saat Debat Cawapres, Gibran Bantah Tiru Gaya Jokowi

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka membantah dirinya mengikuti gaya sang ayah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat debat cawapres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka membantah dirinya mengikuti gaya sang ayah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat debat cawapres 2024.

Sama seperti Gibran, Jokowi juga beberapa kali melontarkan pertanyaan dengan menggunakan istilah sulit atau tak biasa kepada rivalnya di debat.

"Enggak (terinspirasi Pak Jokowi)," kata Gibran kepada wartawan usai blusukan di Pasar Minggu Jakarta Selatan, Sabtu (23/12/2023).

Wali Kota Solo itu juga membantah sengaja memakai istilah sulit saat bertanya kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD. Gibran menilai kata yang dipakainya merupakan istilah biasa dalam dunia investasi.

"Tidak ada kata-kata sulit, itu istilah biasa dalam investasi ya," ujar dia.

Dalam debat cawapres Jumat malam (22/12/2023), Gibran sempat bertanya ke Mahfud Md seputar regulasi penyimpanan dan penangkapan karbon, atau Carbon Capture Storage (CCS).

Namun, cawapres nomor urut tiga itu mengerti makna dari pertanyaan yang disampaikan Gibran.

Sementara, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran menanyakan soal SGIE tanpa menjelaskan arti atau kepanjangan dari singkatan itu.

"Gus Muhaimin sebagai Ketua Umum PKB paham ini bagaimana langkah menaikkan peringkat Indonesia di SGIE," tanya Gibran.

Berbeda dengan Mahfud, pasangan capres Anies Baswedan itu langsung mengeryitkan keningnya seraya mengaku tidak mengerti dengan singkatan yang disampaikan Gibran.

"Terus terang SGIE saya enggak paham," kata Cak Imin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertanyakan Cak Imin

Moderator lantas memberikan kesempatan kembali kepada Gibran bila ingin mengajukan pertanyaan lainnya. Namun, Gibran memilih tetap pada pertanyaan yang sudah disampaikan tersebut.

Saat waktu diberikan, Gibran pun menjelaskan SGIE yang dimaksudnya adalah State of Global Islamic Economy. Saat ini, kata Gibran, Indonesia tengah fokus mengembangkan ekonomi syariah dimana beberapa sektor tengah meningkat, seperti fashion, skin care, dan juga makanan halal.

"Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya Gus," kata Gibran Rakabuming Raka.

Setelah mengetahui penjelasan pertanyaan Gibran, Cak Imin pun secara lancar dapat menjawabnya.

 

3 dari 3 halaman

PDIP Sebut Mirip Cara Jokowi

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menilai gaya dan strategi debat calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka sama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melawan Prabowo Subianto di Pilpres 2014.

"Sebenarnya kalau mau melihat niat baik, tidak ada question trap, itu sebenarnya bisa dijelaskan di depan tentang singkatan-singkatan seperti itu," kata Hasto usai debat di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Tapi, ini suatu pengulangan dari apa yang dilakukan Pak Jokowi pada tahun 2014 ke Pak Prabowo dan Hatta," sambung dia.

Hasto pun menilai, seharusnya strategi seperti itu tidak perlu dilakukan pada debat cawapres di Pilpres kali ini. Agar, gagasan yang disampaikan mampu memberikan dampak baik bagi masyarakat kedepannya.

"Sehingga ini adalah question trap yang kemudian seharusnya tidak perlu dilakukan karena tujuan kita adalah untuk mencapai suatu gagasan yang terbaik dari para cawapres sebagai pendamping presiden di dalam meningkatkan kesejahteraan Rakyat politik anggaran digitalisasi dan sebagainya," imbuh Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini