Sukses

Mahfud Md: Kaum Ibu Indonesia Telah Lahirkan Putra Putri Terbaik Bangsa

Kehadiran, keterlibatan, dan kepemimpinan perempuan Indonesia, kata Mahfud, telah meletakkan catatan sangat penting bagi perjalanan bangsa dan gerak pembangunan negeri hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden (cawapres) nonor urut tiga Mahfud Md menyampaikan selamat Hari Ibu. Dia pun berterima kasih atas peran ibu di Indonesia yang juga telah melahirkan banyak putra putri terbaik bangsa.

“Kami pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengucapkan Selamat Hari Pergerakan Perempuan Indonesia, yang negara menyebutnya Hari Ibu kepada seluruh perempuan Indonesia,” tutur Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Kehadiran, keterlibatan, dan kepemimpinan perempuan Indonesia, kata Mahfud, telah meletakkan catatan sangat penting bagi perjalanan bangsa dan gerak pembangunan negeri hingga saat ini.

“Kami mempunyai catatan, rakyat tentu mencatat bahwa kaum ibu di Indonesia telah melahirkan putra putri terbaik di negeri ini, karena ibu-ibu yang baik, karena peran kaum ibu yang luar biasa," jelas dia.

Jika merujuk ke ajaran agama, sambungnya, akan ada setidaknya tiga pedoman atau dalil perihal kehebatan dan keutamaan seorang ibu. Yang pertama adalah hadis Nabi Muhammad, bahwa surga ada di telapak kaki ibu.

“Itu kan bukan berarti surga ada di bawah kaki ibu, itu adalah pesan simbolik bahwa sepak terjang kaum ibu akan meneguhkan masa depan anaknya. Apakah akan melahirkan anak berbakti kepada bangsa, negara, dan masyarakat, atau tidak, itu tergantung sepak terjang kaum ibu," ujar Mahfud

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mahfud: Peran Perempuan Penting dalam Kemajuan Pembangunan Bangsa

Kemudian yang kedua, kaum ibu adalah tempat bersekolah atau tempat belajar yang paling bagus. Bahkan dalam bidang politik, Nabi Muhammad bersabda bahwa perempuan adalah tiang negara, dan ini menjadi dalil ketiga tentang keutamaan seorang ibu.

“Bila kaum perempuan di suatu negara baik, maka negara itu akan menjadi baik seluruhnya. Tapi kalau perempuannya jelek, maka negara itu akan menjadi jelek. Begitu pentingnya perempuan di dalam kehidupan manusia di dunia,” ungkap Mahfud.

Dia pun menyadari, setengah dari jumlah penduduk Indonesia adalah perempuan dan mereka memiliki peran penting dalam kemajuan pembangunan bangsa.

“Bukan hanya di masa lalu yang saya sebutkan tadi, tapi juga di masa depan. Di mana kita juga harus ikut membangun negara ini,” Mahfud menandaskan.

3 dari 3 halaman

Persiapan Mahfud Md Jelang Debat Cawapres

Sementara itu, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Mahfud Md mengaku sangat siap menghadapi debat cawapres yang dilaksanakan KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, malam ini.

Meski ada banyak materi yang tidak sempat didalami, dia tetap percaya diri dapat menampilkan kemampuan terbaik.

Ya saya mencoba menseleksi dulu. Segini banyak (bertumpuk). Ada yang lewat WA, ada yang lewat kertas itu partisipasi kepada saya,” tutur Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

“Tapi terus terang saya tidak bisa membaca semuanya, maka ya saya coba olah dari itu secara random itu, karena pada umumnya debat itu kan ingin merekam kemampuan saat berdebat ya. Bukan orang belajar seminggu tapi debat,” sambungnya.

Mahfud menegaskan kesiapannya menghadapi tema apa pun yang ditentukan dalam ajang debat cawapres, termasuk soal ekonomi dan bisnis.

“Enggak apa-apa, kalau mau jadi pemerintah harus siap di segala bidang. Kan pemerintah itu bukan hanya pemerintahan di bidang hukum, pemerintahan di bidang ekonomi, pemerintahan di bidang budaya. Semua kalau pemerintah itu. Oleh sebab itu, harus siap,” jelas dia.

Menjelang pelaksanaan debat cawapres 2024 di JCC pada malam nanti sekitar pukul 19.00 WIB, Mahfud tidak terlalu memikirkan dengan beban berat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.