Sukses

Live Report Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) mulai, Selasa (12/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2024 mulai, Selasa (12/12/2023). Debat perdana dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Nikmati membaca live report Debat Capres dan Cawapres 2024 secara langsung di tautan ini.

Sebanyak 2.120 Aparat Gabungan Amankan Debat Perdana

Terkait persiapan pengamanan pada malam ini, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo mengatakan sebanyak 2.120 aparat gabungan TNI-Polri akan disiagakan.

"Polres Metro Jakarta Pusat dengan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, juga Pemprov DKI akan menggelar sebanyak 2.120 personel. Kami menggelar pengamanan baik itu dari Bundaran Hotel Indonesia kemudian ruas jalan Imam Bonjol sampai dengan Taman Suropati," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Susatyo menjelaskan, aparat pengamanan gabungan akan memetakan daerah di sekitaran wilayah KPU RI. Dia mencatat, ring 2 dan ring 3 berada di sekitar kantor KPU termasuk Bundaran HI hingga Taman Suropati. Sementara daerah ring 1 merupakan daerah yang akan ditempati pasangan capres-cawapres.

"Ring 1 diamankan oleh aparat kepolisian dari Mabes Polri," ucap dia.

Debat Capres Dimulai dengan Visi Misi Anies Baswedan

<p> Anies Baswedan saat debat capres perdana di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Foto: Tangkapan layar Youtube KPU RI)</p>

Calon Presiden Nomor urut satu, Anies Baswedan, tampil dalam debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Anies mengatakan, banyak aturan ditekuk sesuai dengan kepentingan pemegang kekuasaan.

Anies mengatakan, negara hukum harus menempatkan humum sebagai rujukan utama untuk memastikan hadir rasa keadilan. "Memberikan kebermanfaatan dan memberikan kepastian kepada semuaini harus dipegang teguh oleh pemegang kekuasaan banyak yang di puncak dan seluruh jajaran," kata Anies.

"Tapi apa yang terjadi banyak aturan ditekuk sesuai dengan kepentingan pemegang kekuasaan apa ini akan diteruskan tidak ini harus diubah. Ini harus dikembalikan," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 30 halaman

Visi Misi Prabowo Subianto

Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan visi misinya di dalam debat Pemilu Presiden 2024. Menurut Prabowo, sejak saat muda dia sudah bersumpah untuk Pancasila dan UUD 1945.

"Visi misi kita hal hal ini ditaruh di paling atas, saya sadar sejak muda saya telah mengangkat sumpah Pancasila, UUD 1945, pendiri bangsa kita mendirikan sebuah republik, republik didasarkan atas hukum dan kedaulatan rakyat, itulah perjuangan saya sampai saat ini," kata Prabowo saat debat perdana capres di Kantor KPU RI Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Prabowo mengaku paham dan mengerti masih banyak kekurangan di Indonesia. Namun dia memastikan hal itu akan diperbaikinya sebagai presiden bila diberikan mandat oleh rakyat.

"Kita akan perbaiki dan kita tegakkan, apa yang perlu ditegakkan kita akan memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya," kata dia.

Visi Misi Ganjar Pranowo

<p>Ganjar Pranowo saat debat capres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Foto: Tangkapan layar Youtube KPU RI)</p>

Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyampaikan hasil blusukannya selama kampanye bersama cawapres Mahfud Md, mulai dari titik awal Sabang dan Merauke. Ganjar pun menyatakan siap memperbaiki seluruh fasilitas publik mulai dari kesehatan hingga pendidikan.

"Saya dan Pak Mahfud memulai perjalanan pembukaan di Indonesia dari ujung timur dan barat, dari Sabang dan Merauke. Hanya ingin mendengarkan dan melihat secara langsung apa yang diharapkan rakyat," tutur Ganjar saat menyampaikan visi misi dalam debat capres perdana di KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Harapannya, dalam kontestasi lima tahunan ini akan ada banyak aspirasi dan masukan yang merasuk ke pikiran para pemimpin, dan diwujudkan lewat perbuatan. Seperti yang ditemukannya di Merauke, seorang pendeta merangkap sebagai bidan lantaran akses kesehatan di sana minim.

Yang membuatnya terenyuh, pendeta tersebut belajar membantu seorang ibu melahirkan dengan belajar melalui YouTube. Dia pun berjanji memberikan program pelayanan satu desa satu tenaga kesehatan.

3 dari 30 halaman

Kata Prabowo Soal Masalah HAM dan Konflik di Papua

Dalam Debat Capres perdana, Prabowo Subianto ditanya mengenai strateginya menyelesaikan masalah HAM dan konflik di Papua. "Masalah Papua adalah rumit karena di situ terjadi suatu gerakan separatisme. Dan gerakan ini sudah kita ikuti cukup lama. Kita melihat ada campur tangan asing di situ kita melihat kekuatan tertentu selalu ingin Indonesia pecah," kata Prabowo.

Untuk itu, kata Prabowo, masalah HAM menjadi sesuatu yang harus kita utamakan dan di antaranya juga kita harus lindungi seluruh rakyat Papua. "Karena di situ kelompok teroris menyerang orang Papua sendiri, diteror oleh kelompok teroris separatis ini."

Prabowo mengatakan, rencananya adalah memperkuat aparat, dan mempercepat pembangunan ekonomi.

Tanggapan Ganjar Pranowo Soal Penanganan Konflik Papua

Calon Presiden Ganjar Pranowo menanggapi pernyataan capres Prabowo Subianto terkait dengan penanganan konflik Papua. Prabowo menyebut dalam penanganan Papua memang persoalan rumit dan ada campur tangan asing. Karena itu, Prabowo menekankan HAM menjadi isu utama dan perlindungan rakyat utama harus diutamakan.

Namun demikian, menurut Ganjar, solusi yang disampaikan Prabowo tidak cukup dilakukan. "Menurut saya, rasanya tidak cukup Pak Prabowo. Dialog menjadi sesuatu yang penting agar seluruh kekuatan bisa duduk bersama, itu runut masalah. Apakah bapak setuju model dialog seperti itu?" kata Ganjar dalam debat capres di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Tanggapan Anies Baswedan Soal Penanganan Konflik Papua

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan merespons jawaban capres nomor urut 2 Prabowo Subianto  yang mendapatkan pertanyaan soal isu kekerasan di Papua dari panelis debat. Anies mengatakan, masalah di Papua sangat kompleks dan bukan hanya soal kekerasan. 

"Masalahnya bukan hanya kekerasan, di Jakarta saja tidak yang berpendapat,  ada terorisme, separatis, dan  kriminal, masalah utamanya tidak adanya keadilan bagi masyarakat Papua,” ucap Anies. 

Menurut Anies, perlu ada keadilan yang setara bagi masyarat di Papua. Perlu ada pendekatan dialog yang tidak mengedepankan kekerasan.  

"Tujuannya bukan semata-mata meniadakan kekerasan. Damai itu bukan tiada kekerasan, tapi ada keadilan,” kata dia. 

 

4 dari 30 halaman

Kata Ganjar Pranowo Soal Pemerintahan

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendapat pertanyaan soal pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik. Pertanyaan tersebut adalah indeks pelayanan publik di Indonesia stagnan, sementara undang undang pelayanan publik mengkehendaki kesamaan perlakuan dan perhatikan kelompok khusus rentan perempuan anak dan disalibilitas, apa program strategis Anda untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berkeadilan?

"Kebetulan saya punya pengalaman 10 tahun menangani soal ini, mengajak mereka partisipasi sejak awal," kata Ganjar menjawab pertanyaan dalam debat capres di KPU, Selasa (12/12/2023).

Pertama, menghadirkan kelompok perempuan, disabilitas, anak, termasuk orang tua dalam setiap Musrenbang. Agar, dalam mengambil keputusan kelompok tersebut peduli apa yang mereka rasakan.

Kedua, dari sisi aparatur mesti ada kontrol publik. "Maka pengalaman kami ada pelapor gub, sebagai ruang komplain publik, pemerintah tidak boleh baperan, terima kritik masukan," kata dia.

"Itu yang kita angkat goverment super apps, sehingga pemerintah tertinggi harus ambil alih sehingga pelayanan jauh lebih baik dan kelompok tersebut mendapat afirmasi," tandas Ganjar.

Prabowo Subianto Singgung Program Ganjar Saat Jadi Gubernur Jateng

Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto menyinggung kesusahan para petani untuk mendapatkan pupuk, khususnya di Jawa Tengah. Awalnya, Prabowo menyebut kelompok rentan itu termasuk petani dan nelayan.

"Menurut pandangan saya juga kelompok rentan itu juga termasuk para petani dan nelayan. Dan yang saya dapat, setelah saya keliling khususnya di Jawa Tengah, Pak Ganjar, petani-petani disitu sulit mendapatkan pupuk," kata dia di arena debat capres, di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Prabowo mengungkapkan, banyak petani yang mengeluh lantaran program Ganjar saat jadi Gubernur, yakni Kartu tani. Di mana, disebut kesulitan mendapatkan pupuk.

"Dan mereka mengeluh dengan kartu tani yang bapak luncurkan ini mempersulit mereka mendapatkan pupuk," ungkap Ketua Umum Gerindra ini.  "Sebetulnya mereka ingin pupuk itu pengadaaannya disederhanakan," pungkasnya.

Peluru Anies Baswedan Jawab Pelayanan Publik Jakarta

Calon Presiden Anies Baswedan mengatakan, bahwa persoalan pelayanan publik yang selama ini terjadi adalah persoalan yang berulang. Dengan demikian perlu ada terobosan pelayanan yang transparan dan terukur.

Anies lalu membeberkan keberhasilan dirinya memimpin Jakarta dengan membuat aplikasi Jakarta Kini atau JAKI khusus untuk pelayanan kelompok rentan seperti lansia, anak, ibu hamil, dan kelompok disabilitas.

"Pelayanan pemerintah itu bukan pelayanan baru, semua yang dilayani pemerintah itu hal berulang, kalau itu masalah pasti itu yang berulang," kata Anies dalam Debat Capres di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Di dalam aplikasi JAKI dibuat transparan. Sehingga publik yang melapor terkait pelayanan publik bisa mengukurnya. "Dengan begitu standarisasi bisa terjadi," kata Anies.

5 dari 30 halaman

Strategi Anies Baswedan Berantas Korupsi

Calon presiden nomor satu Anies Baswedan menyatakan ada empat hal penting yang harus ditegakkan sebagai langkah untuk memberantas korupsi, memberikan efek jera kepada koruptor serta mengembalikan aset kepada negara.

"Koruptor dijerakan dengan undang-undang, perampasan aset disahkan, dan hukumannya mengikuti pemiskinan, satu," ujar Anies. Langkah kedua, Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus direvisi.

Strategi ketiga, Anies menyatakan, memberikan imbalan atau reward kepada mereka yang membantu melakukan pelaporan, penyelidikan kasus korupsi. Langkah keempat ini, yakni standar etika untuk pimpinan KPK harus standar yang tinggi.

Efek Jera Koruptor dari Ganjar Pranowo

Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan dari panelis terkait apa efek jera yang harus diberikan bagi koruptor agar korupsi tidak lagi merajalela. Ganjar mengatakan pemiskinan dan pemenjaraan di Nusakambangan. 

"Penegakkan hukum dilakukan dengan pemiskinan, perampasan aset, maka segera kita bereskan Undang-Undang perampasan aset. Pejabat korupsi bawa ke nusakambangan. Agar ini bukan main-main,” ujar Ganjar Pranowo, di Halaman Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). 

Selain itu, Ganjar juga mengatakan perlu ada contoh dari para pemimpin kepada rakyat. Pemimpin dari seluruh tingkatan perlu menujukkan gaya hidup anti korupsi. 

"Berikan contoh dari para pemimpin. Dia tidak bermewah-mewah dia mengajarkan integritas untuk di bangun. Kalau dia pejabat, biarkan dia berkembang dengan meritokrasi agar tidak ada jual beli jabatan, jangan bairkan setor ke pemimpinnya.  Kalau ini terjadi, kerunyaman muncul,” kata Ganjar. 

Janji Prabowo Subianto Perkuat KPK

Calon Presiden Prabowo Subianto mengatakan dirinya akan memperkuat lembaga-lembaga dalam upaya pemberantasan korupsi. Salah satunya adalah memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Namun demikian, Prabowo tidak menjelaskan caranya memperkuat KPK setelah KPK mengalami perubahan besar-besaran usai revisi UU KPK. Prabowo menyebut bahwa praktik korupsi adalah sebuah pengkhianatan kepada bangsa dan negara.

"Berantas korupsi sampai ke akarnya dengan memperkuat KPK, perkuat kepolisian, kejaksaan, perkuat Ombudsman, dan semua badan-badan yang bisa membantu mitigasi korupsi," kata Prabowo.

 

6 dari 30 halaman

Debat Cawapres 22 Desember 2023

Jakarta Convention Center (JCC) menjadi lokasi debat sesi kedua Pemilihan Presiden (Pilpres), Jumat (22/12/2023). Pada debat kali ini, giliran calon wakil presiden (Cawapres) yang akan unjuk gigi menyampaikan gagasan, visi, dan misinya kepada publik.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, pukul 16.00 WIB, sejumlah persiapan jelang debat cawapres sedang dilakukan. Mulai dari setting kamera, gladi resik di dalam panggung, hingga penyisiran tim keamanan dan personel kepolisian.

Debat nantinya akan dimulai tepat pukul 19.00 WIB dan akan disiarkan secara serentak di hampir seluruh stasiun televisi nasional dengan Transcorp, Kompas TV, dan BTV yang akan bertindak sebagai TV pool. Selain lewat televisi, debat juga bisa disaksikan melalui platform daring seperti Youtube.

Personel Keamanan dan Pengalihan Arus Lalu Lintas 

Polri menyatakan akan mengerahkan sebanyak 2.464 personelnya untuk mengamankan acara debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC). "Total (personel pengamanan) Polri 2.464 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya.

Ribuan personel itu terdiri dari 166 personel Satgaspus, 298 Satgasres, dan sisanya merupakan personel Satgasda yang akan disebar ke beberapa titik sekitar JCC.

Sementara untuk antisipasi kemacetan jelang debat, kata Trunoyudo pihaknya masih menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar JCC. Namun demikian rekayasa lalu lintas yang akan disiapkan nantinya masih bersifat situasional. "Untuk rekayasa lalu lintas masih situasional," ucap Trunoyudo.

 

7 dari 30 halaman

Persiapan Cawapres Muhaimin Iskandar

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, memperbanyak istirahat jelang debat cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Cak Imin mengaku ingin banyak istirahat agar tidak mengantuk saat acara debat berlangsung. Selain memperbanyak istirahat, dirinya akan kembali mempelajari visi misinya bersama capres Anies Baswedan. Dia berharap masyarakat bisa mendukung gagasan yang akan dia sampaikan.

"Ya tentu saya mencoba membaca kembali semua visi misi itu, karena yang paling penting dari substansi debat adalah kita menyampaikan rencana dan gagasan, sehingga masyarakat mendukung gagasan dan rencana itu," kata Cak Imin.

Cawapres Gibran Rakabuming Raka Siap Debat

Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie, mengatakan Gibran Rakabuming Raka siap mengikuti debat perdana calon wakil presiden (cawapres). Wakil Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu optimistis Cawapres Nomor Urut 2 itu akan tampil penuh kejutan.

"Karena selama ini mungkin enggak terlalu banyak tereksplor ide-idenya Mas Gibran, tapi justru di berbagai forum yang off camera sebenarnya Mas Gibran tuh banyak gagasan," ujar Grace.

Grace mengeklaim Gibran satu-satunya cawapres yang punya pengalaman di eksekutif, sehingga punya keleluasaan untuk mengelola anggaran, membuat kebijakan-kebijakan yang langsung solutif di tempatnya. "Ini pasti akan menjadi keunggulan komparatif dibandikan cawapres lainnya yang mungkin belum punya pengalaman di eksekutif," ujar Grace.

Cawapres Mahfud Md Jalan Santai Temani Cucu Jelang Debat

Mahfud Md mengisi waktu menjelang debat cawapres dengan berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan bersama sang cucu, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tim TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md)

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md mengisi waktu menjelang debat cawapres dengan berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan bersama sang cucu.

Dikutip dari foto yang diperoleh dari TPN Ganjar-Mahfud, mantan hakim MK itu bermain bersama cucu-cucunya di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan.

"Prof Mahfud bersama istri menemani cucu-cucunya yang sedang asik bermain," demikian keterangan foto tersebut.

 

8 dari 30 halaman

Mahfud Md Pakai Baju Adat Madura Saat Hadiri Debat Cawapres

Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md bersiap untuk bergerak ke Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, dalam rangka menghadiri debat cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (22/12/2023), Ganjar Pranowo dan Mahfud Md keluar bersamaan dari Media Center Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 18.24 WIB.

Tampak Ganjar telah mengganti pakaiannya dari kaos menjadi baju khas Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sementara Mahfud Md berpakaian khas Madura.

Keduanya bertolak ke JCC, Senayan, Jakarta didampingi para istri. Terlihat raut wajah kesiapan mengikuti debat cawapres menghadapi paslon lainnya.

Gibran Berangkat ke Lokasi Debat Cawapres dengan Prabowo

<p>Calon Presiden Prabowo Subianto mendampingi cawapres Gibran Rakabuming Raka di Rumah Kertanegara, Jakarta, jelang debat cawapres perdana. (Liputan6.com/Lizsa Egeham).</p>

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memastikan hadir di debat cawapres di JCC Senayan Jakarta, Jumat (22/12/2023). Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu pun meminta doa agar debat berjalan lancar.

"Doakan lancar ya," ucap Gibran singkat sebelum berangkat ke JCC Senayan Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Gibran berangkat ke lokasi debat bersama calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto pukul 18.27 WIB, dengan menggunakan Alphard putih. Keduanya kompak mengenakan kemeja bewarna biru muda.

Cak Imin Siap Debat Cawapres: Bismillah

<p>Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersama Capres Anies Baswedan di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin siap debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Cak Imin menuju JCC sekitar pukul 18.26 WIB. Dia berjas AMIN ditemani Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan berangkat dari rumah dinas Widya Chandra IV, Nomor 23, Jakarta Selatan.

"Bismillah, tugas debat itu kan mensosialisasikan seluruh program-program visi misi perjuangan AMIN. Semoga mendapatkan respon positif dan dukungan dari masyarakat," kata Cak Imin.

 

9 dari 30 halaman

Cawapres Gibran Bakal Lanjutkan Hilirisasi

Calon Wakil Presiden (cawapres) Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka menjelaskan visi misi dalam Debat Cawapres 2024.

Gibran Rakabuming Raka mengatakan, agar Indonesia mampu keluar dari jebakan kelas menengah, Indonesia harus mampu menaikkan nilai tambah dalam negeri termasuk juga keluar dari resistensi global.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sudah baik yaitu bisa mengurangi penurunan angka pengangguran kemiskinan. Selain itu juga mampu menurunkan gini ratio.

Gibran mengatakan bahwa dirinya akan melanjutkan hilirisasi. "Bukan hanya tambang tetapi juga pertanian, perikanan, digitalisasi dan lainnya," jelas dia dalam Debat Cawapres 2023, di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Mahfud Md Fokus Berantas Korupsi Demi Tingkatkan Ekonomi

<p>Calon Wakil Presiden Mahfud MD di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud Md menyatakan fokusnya memberantas korupsi demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Ada yang bertanya kepada kami, mungkin tidak anda menargetkan mendapat pertumbuhan ekonomi 7 persen di dalam satu tahun, karena di dalam sejarah reformasi tidak pernah sampai sebanyak 7 persen, hanya dicapai pada tahun 89 sampai 91," tutur Mahfud.

Menurut Mahfud, pertanyaan itu pun disampaikannya kepada para ahli dan mendapatkan jawaban mengejutkan. Pasalnya, Indonesia memiliki kekayaan alam dan sumber daya manusia, namun sulit tumbuh lantaran perilaku korupsi.

"Masalahnya banyak korupsi, di sektor-sektor kebutuhan ekonominya itu, di sektor konsumsinya," jelas dia.

Cak Imin Janji Sebar Rp 5 Miliar per Tahun ke Desa

<p>Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyakan akan memberikan dana sebesar Rp 5 miliar kepada desa. Hal ini diungkapkan Cak Imin dalam Debat Cawapres 2024 yang berlangsung malam ini.

"Kita akan hadirkan bagaimana desa-desa tumbuh berkembang, InsyaAllah Rp 5 miliar per desa akan kita wujudkan tiap tahun bagi pembangunan nasional kita," jelas dia dalam Debat Cawapres 2024 yang digelar KPU, Jumat (22/12/2023).

Selain dana Rp 5 miliar, Cak Imin juga akan memberikan bantuan lain yang sekirakan dibutuhkan oleh masyarakat. "Kita juga akan menyiapkan bantuan-bantuan yang memungkinkan," tutup dia.

 

10 dari 30 halaman

Mahfud Md: Pinjol Sangat Problematik, Banyak Orang Bunuh Diri

Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md menyinggung soal fenomena pinjaman online (pinjol) yang meresahkan. Banyak korban yang akhirnya bunuh diri karena terbelit utang pinjol.

Hal tersebut disampaikan Mahfud menjawab pertanyaan panelis debat cawapres mengenai ekonomi kerakyatan digital dengan pertanyaan digitalisasi membuka akses pasar yang lebih luas tapi berpotensi merugikan usaha mitra dan konsumen melalui penyalahgunaan data digital, bagaimana kebijakan paslon mengatasi hal itu.

"Kalau kebijakan data digital, kita punya undang-undang baru yaitu PDP (Pelindungan Data Pribadi)  dan ITE yang diresmikan. Tapi menurut saya digital tidak bisa dihindarkan oleh siapapun oleh sebab itu tidak bisa menolaknya tapi harus hati hati karena terjadi disrupsi yang uar biasa dalam perkembangannya," kata Mahfud

Cak Imin: Digitalisasi Harus Diimbangi Kecepatan Internet

<p>Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar mengatakan, membenarkan pernyataan dari Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud Md soal masih ada gab antara digitalisasi dan UMKM.

Menurutnya, pemerintah perlu turun tangan untuk digitalisasi ke UMKM ini. Hal yang pertama dilakukan adalah literasi digital untuk UMKM. Selain itu harus membantu pemasaran bagi UMKM untuk menghadapi persaingan yang sangat besar.

"Di sisi lain juga perlu meningkatkan kapasitas teknologi kita supaya lebih membantu seperti kecepatan internet kita yang masih sangat rendah," kata Muhaimin.

Gibran: Hati-Hati Pencurian Data, Kuatkan Cyber Security

<p>Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengingatkan pentingnya Cyber Security. Ini penting untuk melindungi masyarakat dari pencurian data.

"Selain pinjol dan judi online, mungkin kita juga harus hati-hati dengan pencurian data. Untuk itu harus kita kuatkan cyber security dan cyber defense kita," kata Gibran.

"Itu sudah kita lakukan di Solo. Di Solo Tekno Park ada sekolah cyber security dan yang perlu ditekankan lagi adalah bagaimana e commerce bisa compile dengan regulasi kita. Jadi sudah tidak ada lagi di depan price dumping, barang-barang crossborder yang membunuh UMKM."

 

11 dari 30 halaman

Muhaimin Sentil Anggaran Pembangunan IKN

Cawapres Muhaimin Iskandar menyebut anggaran besar IKN sebenarnya dapat digunakan untuk membangun jalan dan sekolah layak di seluruh Pulau Kalimantan. "Yang paling penting bukan infrastruktur atau SDM dulu, tapi kemampuan membaca skala prioritas," kata Muhaimin. 

IKN sebagai proyek ambisius, kata dia, hampir menelan Rp 500 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

"Padahal satu persen saja dari Rp 400 sekian triliun untuk bangun jalan seluruh Kalimantan beres, membangun kota seluruh Kalimantan beres," kata Muhaimin.

Gibran Sindir Cak Imin: Tidak Konsisten, Dulu Potong Tumpeng di IKN

<p>Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming saat Debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). </p>

Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka menyindir cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) soal Ibu Kota Nusantara (IKN). "Gus Nuhaimin dulu sempat ikut meresmikan dan potong tumpeng di IKN, itu gimana ini tidak konsisten. Sekarang enggak dukung karena menjadi wakilnya Pak Anies yang usung tema perubahan," kata Gibran.

Dia menerangkan, IKN ini bukan hanya membangun bangunan pemerintah, tapi simbol juga simbol pemerataan di indonesia.

"Juga simbol tranformasi pembangunan di Indonesia," kata Gibran.

Mahfud Md: Sampai Saat Ini Belum Ada Investor Masuk ke IKN 

<p>Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat Debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). </p>

Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md menyinggung soal dana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang hingga saat ini masih menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Menurut dia, hingga saat ini belum ada investor yang menanamkan modal di IKN.

"Mas Gibran saya sangat tertarik dengan IKN dan itu bagus, harus kita laksanakan sebagai warisan Pak Jokowi. Tapi tadi saya tergelitik anggaran untuk IKN itu hanya 20 persen dari APBN dan sisanya dari investor," ujar Mahfud.

"Sejauh yang saya baca, sampai saat ini belum ada investor yang masuk ke sana. Kalau ada coba sebutkan dua atau satu investor yang udah masuk ke sana. Yang saya dengar justru ada ratusan ribu hektare tanah sudah dikuasai oleh pengusaha-penggusaha tertentu sekarang ini," sambungnya.

12 dari 30 halaman

Muhaimin Bertekad Bangun 40 Kota Baru Setara Jakarta 

Cawapres nomor urut 3, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, bersama Anies Baswedan bertekad membangun 40 kota baru jika menang Pilpres 2024. "Kami memiliki satu tekat bahwa di dalam pemerintahan yang akan datang, minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel dengan Jakarta," ujar Cak Imin.

Namun, lanjut dia, kota-kota ini harus memiliki kemampuan untuk menampung penduduk. Juga bisa memberikan sarana dan prasarana yang memadahi. 

"Sekaligus kemampuan untuk terjaganya lingkungan yang memungkinkan untuk sehat. Termasuk kehidupan yang memberikan kenyamanan bagi seluruh penduduknya di mana perumahan tidak terlampau jauh dari pusat-pusat pekerjaan, di mana akses pendidikan bisa sampai pada yang dibutuhkan," kata Cak Imin. 

Mahfud MD Kaget Cak Imin soal Bangun 40 Kota Selevel Jakarta

<p>Calon Wakil Presiden Mahfud MD bersama Capres Ganjar Pranowo di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Calon wakil presiden Mahfud MD merasa kaget dengan pernyataan Cawapres Cak Imin, khususnya mengenai ingin membangun puluhan kota seperti Jakarta. "Saya agak kaget juga, mau membangun 40 kota selevel Jakarta. Ya, apa itu bisa dilaksanakan 5 tahun bapak menjadi presiden dan wakil presiden. Berapa kota dalam 5 tahun?" tutur dia.

"IKN saja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, itu pun yang investasi baru bentuk janji belum ada yang melaksanakan, lalu saudara 40, luar biasa menurut saya. 40 kota selevel Jakarta yang sudah metropolitan seperti itu," sambungnya.

Gibran: Gus Imin Aneh Ingin Bangun Kota Selevel Jakarta, Tapi Tak Setuju IKN

<p>Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Gibran Rakabuming di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka merespons soal pernyataan cawapres nomor urut satu soal masalah perkotaan di Indonesia dalam debat cawapres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (22/12/2023). Gibran mengaku bingung dengan pernyataan Cak Imin yang berbicara perkotaan tapi tidak setuju soal pembangunan IKN.

"Gus Muhaimin ini agak aneh yah, ingin bangun kota selevel Jakarta, tapi tidak setuju dengan IKN, tapi yah monggo lah, yang jelas untuk masalah perkotaan kita harus menggarap transportasi umumnya," kata Gibran dalam debat cawapres di JCC, Senayan, Jakpus.

Gibran mengatakan, terkait masalah perkotaan di Indonesia, pihaknya akan memastikan bahwa transportasi umum di Indonesia aman dan nyaman, khususnya untuk kaum disabilitas dan anak-anak di Indonesia.

 

13 dari 30 halaman

Mahfud Md Singgung soal Diplomat Titipan Partai

Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md, menyinggung soal kualitas diplomat pada saat ini. Mahfud Md menilai rekrutmen diplomat harus ditinjau ulang untuk meningkatkan kualitasnya. 

"Saya kira sistem rekrutmen diplomat saat ini, haaarus ditinjau ulang. Dulu-dulu, diplomat-diplomat kita itu bagus. Sekarang ini, kadang kala ada titipan dari partai, Kalau dari partai belum masuk, itu tidak disahkan. Di DPR partai ini belum masuk," kata Mahfud Md.

"Nah, sesudah bertugas, ndak jelas. Dia ndak ngerti, enggak punya pengertian dasar-dasar diplomasi. Sehingga kalau saya diberi kewenangan, nanti diplomasi ini diatur kembali lah rekrutmennya."

Cak Imin Ingin Slepet Diplomat Biar Jadi Pemasar Tangguh

Selain pemaparan visi-misi, disediakan dua segmen untuk menjawab pertanyaan yang disusun oleh panelis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ingin slepet para diplomat Indonesia agar menjadi pemasar yang tangguh di panggung global. "Pak Mahfud, diplomasi sebagai pemasaran itu normatif ya. Ini sudah jadi pengetahuan umum. Yang paling penting ini bagaimana slepet para diplomat berubah wajah menjadi pemasar-pemasar yang tangguh," kata Cak Imin dalam debat cawapres pada Jumat (22/12/2023).

"Diplomasi pemasaran yang ekspansif itu tidak kita miliki karena memang cara kerja diplomasi kita masih sangat politik dan sangat normatif."

"Kedua kita bisa hadir dalam perdagangan dunia global kalau produksi dalam negeri kita baik."

Gibran Mau Guyur Rp 400 Triliun untuk Emak-Emak Masak

Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan menjadi tema debat para cawapres. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengungkap fokusnya pada sektor pembangunan infrastruktur sosial. Contohnya, adalah kucuran dana Rp 400 triliun dalam program makan siang gratis.

Gibran menilai program makan siang gratis yang diusungnya kedepan punya dampak yang cukup positif bagi perekonomian Indonesia. "Kita punya program makan siang gratis, banyak yang nyinyir. Tapi sekali lagi pak, program makan siang gratis ini adalah investasi menuju indonesia emas," kata dia dalam Debat Cawapres 2024, di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

"Program makan siang gratis, Rp 400 T ini adalah stimulan untuk ibu-ibu warteg-warteg, warung-warung, katering-katering yang ada di daerah," ucapnya.

 

14 dari 30 halaman

Ditantang Pertumbuhan Ekonomi 7%, Cak Imin: Bisa Jadi Omong Kosong

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin buka-bukaan enggan mematok pertumbuhan ekonomi nasional diatas 7 persen. Menurutnya, patokan pertumbuhan ekonomi itu harus bisa realistis dengan keadaan yang ada.

Hal ini sekaligus menjawab tantangan dari Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD. Mahfud mempertanyakan visi Cak Imin yang hanya mematok pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5-6,5 persen. Sementara, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mematok pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen kedepannya.

"Akan tetapi kita juga harus realistis bahwa 7 persen itu bisa jadi cuma omong kosong," kata Cak Imin.

Mahfud Md Pede Wujudkan Ekonomi Indonesia Tumbuh 7%

Para Cawapres nomor urut satu, dua, dan tiga saat sesi tanya jawab pada debat kedua Pemilu 2024 di Jakarta Convetion Center, Jumat (22/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon Wakil Presiden (Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD mengungkapkan bahwa ia bertekad mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 7%.

"Kami Ganjar-Mahfud mentargetkan pertumbuhan ekonomi kita (Indonesia) di 7%," ungkap Mahfud dalam Debat Cawapres 2024, di JCC, Jakarta, dikutip Jumat (22/12/2023).

Mahfud yakin, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa menyentuh 7% dengan menekan angka korupsi. "Kalau (korupsi) kita pangkas melalui penegakkan hukum yang benar (pertumbuhan ekonomi) bisa mencapai 7%," jelas dia.

Gibran Beri Jawaban Menohok saat Ditanya Cak Imin Soal Proyek di Solo

Debat akan berlangsung dalam enam segmen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor urut 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin diberikan kesempatan untuk bertanya kepada Cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres 2024. Cak Imin bertanya soal tips dari Gibran yang juga Walikota Solo agar bisa menarik banyak proyek pemerintah untuk dibangun di Solo.

"Saya tanya tips dan trik agar investasi dan proyek-proyek besar bisa jalan. Karena saya lihat ada 32 proyek pemerintah pusat, luar biasa patut kita banggakan," kata Cak Imin.

Namun Gibran menyatakan, bahwa banyak proyek yang masuk ke Solo karena sudah ada persiapan terkait jalannya proyek tersebut nantinya. Untuk itu, setiap walikota termasuk dirinya harus membuat perencanaan terlebih dulu.

"Sebelum ada proyek dari pusat masuk, para walikota harus menyiapkan readiness criteria, kalau tidak ada itu, tidak mungkin proyek itu masuk. Juga siapkan hal nonteknis, relokasi, nego dengan warga bantaran sungai," ungkapnya.

 

15 dari 30 halaman

SlepetNomics Konsep Ekonomi Ala Cak Imin

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar atau yang biasa disebut Cak Imin menjelaskan konsep ekonomi slepetnomics dalam Debat Cawapres 2024 yang berlangsung di JCC Jakarta, Jumat (22/12/2023).

"Itulah kenapa kami menggagas slepetnomics sebagai solusi ekonomi kita. Segala ketidakadilan kita slepet," jelas Cak Imin. Slepetnomics adalah gagasan ekonomi yang sudah diuji oleh pakar dan berbasis pada pengalaman batin dan juga pengalaman rasa.

Ke depan, proyek yang menyedot banyak uang rakyat hanya untuk memenuhi selera tertentu akan dislepet oleh Pasangan Capres dan Cawapres Anies-Muhaimin. "Kita hadirkan perubahan berupa pemerataan dan pembangunan kota-kota dan desa-desa seluruh Indonesia," kata dia.

Gibran Senang Bisa Bertukar Pikiran dengan Ketum Partai dan Profesor

Prabowo-Gibran kompak mengenakan setelan kemeja biru yang identic dengan pasangan nomor urut 2 itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengaku bangga bisa ikut dalam kontestasi Pilpres 2024. Baginya, satu panggung bersama Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md adalah kehormatan besar.

"Terima kasih kepada Pak Prabowo yang sudah memberi saya kesempatan untuk ikut andil dalam kontestasi ini. Saya sangat bangga sekali menjadi bagian dari perjalanan menuju Indonesia Emas. Saya ucapkan terima kasih juga kepada Prof Mahfud dan Gus Muhaimin. Saya sangat senang sekali satu panggung orang-orang hebat ini. Senang sekali anak muda bisa bertukar pikiran dengan Ketum Partai dan Profesor."

"Anak-anak muda harus saling mendukung, saling bergandengan tangan, saya yakin Indonesia Emas bisa tercapai. Selamat Natal dan Tahun Baru," pungkasnya. 

Mahfud Md Siapkan 21 Program Unggulan Senilai Rp 2.500 Triliun

<p>Debat mengambil tema Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)</p>

Cawapres nomor urut tiga Mahfud Md memberikan pernyataan penutup dalam debat cawapres pada Jumat malam (22/10/2023). Ganjar dan Mahfud ingin memastikan untuk menyelenggarakan negara yang bersih melalui penegakan hukum tanpa pandang bulu.

"Ganjar dan Mahfud menyiapkan 21 program unggulan senilai Rp 2.500 triliun selama 5 tahun," kata Mahfud dalam debat cawapres di JCC.

"Segala kebijakan pemerintah harus utamakan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat termasuk memelihara fakir miskin dan anak terlantar, seperti pasal 34 ayat 1 UUD. Semoga niatan baik kami mendapat jalan ilahi dan tercatat di lauhil mahfud," tandas Mahfud Md.

 

16 dari 30 halaman

3.041 Personel Gabungan Amankan Debat Capres Ketiga

Sebanyak 3.041 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal debat ketiga pilpers 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024). "Untuk pengamanan kita kerahkan 3.041 personel gabungan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Trunoyudo merinci, 3.041 personel gabungan terdiri dari 2.877 personel Polri, 120 personel TNI dan 94 personel Pemda DKI Jakarta. "Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan kegiatan debat capres-cawapres ketiga melalui satgas preemtif, preventif, humas dan bantuan operasi," tutur Trunoyudo.

Trunoyudo menerangkan dari 12 pintu akses di kawasan GBK, beberapa di antaranya juga akan dilakukan penutupan sebagai bagian dari pengamanan. Pintu akses yang ditutup yakni pintu 1, 2, 3, 4, 6, 9, 11, dan 12. Sedangkan untuk pintu 5 dan 8 hanya digunakan untuk akses keluar.

"Sedangkan untuk pintu 7 dan 10 digunakan untuk pintu akses masuk dan keluar," ucap dia.

Anies Siap Debat Capres dan Bakal Ada Kejutan

Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Anies Baswedan fokus menghadapi debat ketiga pilpers 2024. Kegiatan kampanye capres dari koalisi perubahan itu pun ditiadakan pada hari ini, Minggu (7/1/2024).

"Hari ini Pak Anies tidak ada agenda kampanye dan fokus untuk persiapan debat. Tentu untuk menjaga konsentrasi, mood dan juga stamina. Pak Anies siap 100% menghadapi debat ketiga," kata Billy.

Billy mengatakan, Anies Baswedan selain menyiapkan kondisi fisik dan mental tentu juga memperluasan dan memperdalam materi. Billy menyebut, Anies beberapa kali forum gagasan dengan tema debat ketiga seperti acara di FPCI dan CSIS.

"Jadi secara gagasan dan ide sudah siap terhadap semua sub tema yang akan dibahas, selain nanti ditambahkan dengan data, kritik ataupun kejutan-kejutan lain," ujar dia.

"Ide gagasan ini juga sudah diuji melalui keteribatan publik dan expert yg digagas tim formulasi kebijakan dalam perumusan visi-misi," tambah dia.

Kopi Hambalang Temani Persiapan Prabowo Subianto Jelang Debat Capres

Debat calon presiden (capres) menjadi momentum bagi setiap kandidat di Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburrokhman, Prabowo menjalani serangkaian perisapan jelang debat capres, salah satunya berolahraga.

"Persiapan Pak Prabowo pagi olahraga dan menjaga suara ya," kata Habiburrokhman kepada awak media di Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Dia mengatakan, menemani aktivitasnya tersebut, Prabowo kerap ditemani oleh suguhan kopi sepesial dari Hambalang. Diketahui, kopi Hambalang menjadi ciri khas Prabowo ketika ada tamu yang berkunjung ke lokasi kediamannya tersebut. "Pak Prabowo santai sekali minum kopi Hambalang," tutur dia.

17 dari 30 halaman

Ganjar: Indonesia Setia Atas Dukungan Kemerdekaan untuk Palestina

Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan pidato visi misi dan programnya dalam debat capres ketiga pada Minggu (7/1/2023). Dalam pernyataannya, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa persoalan luar negeri menjadi salah satu hal penting bagi Indonesia.

"Politik luar negeri adalah alat untuk negosiasi terhadap dunia luar tapi kepentingan nasional harus nomor utama," kata Ganjar.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar juga menyampaikan bahwa Indonesia selalu setia pada kesepakatan yang diambil. "Seperti ini kemerdekaan Palestina yang kita dukung terus menerus," tegasnya.

Anies Akan Bawa Indonesia Jadi Pelaku Utama di Kancah Global

Calon presiden Anies Baswedan mengatakan, ingin membawa posisi Indonesia di kancah global bukan hanya menjadi penonton, tapi pelaku utama. Hal ini disampaikannya dalam debat Capres 2024 di Istora Senayan, Jakarta.

"Maka kami akan Insyallah mengembalikan posisi Indonesia menjadi pelaku utama di dalam konstelasi global. Indonesia tidak hadir sebagai penonton, tapi Indonesia hadir sebagai penentu arah perdamaian, kemakmuran bagi seluruh bangsa di level global maupun di level regional," kata dia di arena debat capres, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Anies merencanakan bagaimana dengan kekuatan Indonesia yang dimiliki seperti kebudayaan, kesenian, ekonomi ikut mewarnai kancah dunia. "Kita ingin film kita, seniman kita, kuriner kita, diplomat kita, para diaspora kita, menjadi fenomena dunia, hadir mewarnai kancah internasional," ungkap dia.

Prabowo: Tanpa Kekuatan Militer, Indonesia Akan Dilindas Seperti di Gaza 

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memaparkan visi misinya dalam debat ketiga yang bertema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri. Debat capres ini digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Istora Senayan Jakarta pada Minggu (7/1/2024) malam.

Dalam pemaparannya, Prabowo menyatakan akan terus menjaga kekayaan Indonesia dengan mengelolanya dengan baik dengan kekuatan pertahanan militer.

"Hanya dengan pertahanan yang kuat kita akan menjaga kepentingan nasional kita, kekuatan nasional kita. Maka harus ada kekuatan miloter, tanpa kekuatan militer bangsa kita akan dilindas seperti di Gaza, akan diambil kekayaannya, diusir dari tanah air," ungkap Prabowo.

 

18 dari 30 halaman

Debat Kedua Cawapres Tanpa Penutupan Jalan

Polda Metro Jaya tidak akan melakukan rekayasa arus lalu lintas atau penutupan di sekitar ruas jalan Jakarta Convention Center (JCC) Senayan saat debat calon wakil presiden (cawapres) yang kedua pada Minggu (21/1/2024) malam. "Tidak ada buka tutup jalan pelaksanaan gatur lalin secara normal," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Ade Ary Syam Indradi saat dikonfirmasi.

Untuk ruas jalan utama seperti Gatot Subroto mengarah ke Slipi dan Jalan Gerbang Pemuda maupun sebaliknya akan diberlakukan secara normal. Meski begitu, polisi akan menerapkan rekayasa lalu lintas dengan melihat kondisi situasional di lapangan.

Sementara itu, untuk pengamanan personel, dari Polda Metro Jaya dan jajarannya telah mengerahkan sebanyak 2.000 anggota polisi yang bakal disebar di beberapa titik di JCC Senayan.

Cak Imin Hadapi Debat Cawapres Kedua Tanpa Wejangan Anies

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan, mengakui tidak ada wejangan khusus yang diberikan kepada Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk menghadapi debat cawapres yang kedua pada Minggu (21/1/2024) malam. Anies menilai, Cak Imin cukup akrab dengan tema debat cawapres yang diangkat malam ini, khususnya terkait dengan pangan.

Adapun teman debat cawapres hari ini meliputi pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

"Saya rasa gini, tema nanti malam tema yang Gus Imin sangat dekat apalagi terkait dengan pangan, pertanian itu sesuatu yang selama ini jadi fokusnya. Jadi saya optimis, bahwa nanti malam rakyat Indonesia akan ikut merasakan bahwa gagasan yang dibawa oleh pasangan Anies-Muhaimin adalah gagasan untuk memakmurkan semuanya," jelas Anies.

Gibran Akan Kembali Kasih Kejutan dalam Debat Cawapres Kedua

Tim Kampanye Nasional (TKN) memastikan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka akan kembali tampil mengejutkan dalam debat cawapres, Minggu (21/1/2024). TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meyakini efek kejut yang diberikan putra sulung Presiden Jokowi itu mampu mendorong generasi muda dan pemilih lain untuk memilih Prabowo-Gibran.

"Akan ada kejutan lagi di debat cawapres kedua. Debat cawapres hari ini akan banyak ada element of surprise, baik dari tim pendukung maupun penampilan dari Mas Gibran," kata Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma'ruf.

"Kami yakin penampilan Mas Gibran di debat nanti malam akan memberikan daya kejut dan daya dorong untuk meyakinkan generasi muda dan masyarakat yang belum menentukan pilihannya untuk menjatuhkan pilihan kepada Prabowo-Gibran."

Mahfud Md Siap Bahas Konflik Wadas di Debat Cawapres

Kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD pun menyatakan siap bila konflik Wadas menjadi bahasan di debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024). Konflik Wadas merupakan peristiwa terkait pembangunan Bendungan Bener di Purworejo yang sering dikaitkan dengan Ganjar selaku Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023.

"Sebaiknya dibahas. Ini akan jadi ajang klarifikasi," kata Ganjar. Ia memastikan konflik terkait penambangan batu andesit di Wadas untuk keperluan pembangunan Bendungan Bener di Purworejo sudah tuntas.

"Saya selesaikan meskipun itu bukan program Pemprov. Karena kami dilatih bertanggung jawab. Dan selesai. Insya Allah selesai."

 

19 dari 30 halaman

Mahfud Md Tiba di Lokasi Debat Cawapres

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 Mahfud Md telah tiba di lokasi debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Minggu (21/1/2024) malam.

Debat cawapres kali ini mengambil tema energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Mahfud Md terlihat datang memakai celana hitam yang dibalut kemeja berwarna hijau dengan cukup banyak patch atau sticker menempel serta syal warna senada.

Cak Imin Tiba di Lokasi Debat Didampingi Anies Baswedan

Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tiba di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024). Berdasarkan pantauan, Anies dan Cak Imin tiba di JCC sekira pukul 18.30 WIB, menggunakan jas hitam bertuliskan 'AMIN'.

Baik Anies maupun Cak Imin sama-sama didampingi istrinya Fery Farhati dan Rustini Murtadho. Istri keduanya juga kompak mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih.

Setibanya di JCC Anies dan Cak Imin bersalaman dengan petinggi EMTEK Group selaku media penyelenggara debat cawapres pada hari ini. Usai itu, Anies dan Cak Imin menyapa awak media dengan melambaikan tangan sebelum berlalu menuju ruang tunggu sebelum debat berlangsung.

Gibran Tiba di Lokasi Debat Bersama Prabowo Pakai Kemeja Biru 

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka telah tiba di lokasi debat, JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu didampingi calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Prabowo dan Gibran kompak mengenakan kemeja bewarna biru muda. Prabowo dan Gibran bungkam saat dicecar pertanyaan terkait persiapan debat cawapres. Keduanya hanya melambaikan dan tersenyum.

Gibran terlihat didampingi sang istri, Selvi Ananda. Ada pula Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Roeslani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, Juru Bicara Gibran, Emil Dardak dam Arumi Bachsin.

 

20 dari 30 halaman

Cak Imin Sebut Giant Sea Wall Tak Atasi Krisis Iklim

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan proyek Giant Sea Wall tidak bisa diandalkan untuk mengatasi masalah krisis ikilm. Menurut Cak Imin, krisis iklim terjadi di mana-mana. Untuk itu, pemerintah harus serius dalam mengatasinya.

"Krisis iklim terjadi dan bencana ekologi terjadi di mana-mana. Negara harus serius mengatasinya. Tidak hanya mengandalkan proyek Giant Sea Wall yang tidak mengatasi masalahnya," kata dia dalam Debat Cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Sebagai informasi, proyek Giant Sea Wall sendiri diperkirakan akan membutuhkan anggaran sebesar Rp 600 triliun hingga Rp 700 triliun.

Gibran Janji Buka 19 Juta Lapangan Kerja

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengatakan jika agenda hilirisasi, transisi energi menuju energi hijau dan ekonomi kreatif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) didorong akan membuka 19 juta lapangan kerja.

Gibran Rakabuming Raka menuturkan, potensi energi baru terbarukan juga luar bisa yang mencakup 3.600 mw berasal dari energi surya, angin dan bioethanol. Oleh karena itu, ia mendorong kerja sama pentahelix dan wajib mendorong agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi energi menuju ekonomi hijau, dan ekonomi kreatif UMKM.

"Terbuka 19 juta lapangan kerja untuk generasi muda dan kaum perempuan. 5 juta lapangan kerja dari green job. Peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan menjadi tren masa kini dan masa depan," ujar dia.

Mahfud Md di Debat Cawapres: Program Food Estate Gagal

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud Md menyoroti program pangan yang dilakukan pemerintaah saat ini dalam Debat Cawapres 2024. Salah satu yang disinggung Mahfud adalah program Food Estate yang dianggap gagal. 

"Kami punya program petani bangga bertani. Di laut jaya, nelayan sejahtera. Jangan misalnya seperti food estate yang gagal dan merusak lingkungan. Yang benar saja, kita rugi dong," ungkap Mahfud.

Mahfud menyebut, sektor pertanian dalam negeri belum berdaulat, hal itu lantaran petani semakin sedikit tetapi subsidi pupuk semakin besar. "Pasti ada yang salah. Kemudian laut kita juga berlimpah, tetapi udara kita meracuni. Investor masuk, industrialisasi terjadi, lingkungan rusak, rakyat menderita," ucapnya.

 

21 dari 30 halaman

Cak Imin: Hilirisasi Tambang Dilakukan Ugal-ugalan

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan, berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ada 2.500 tambang ilegal, sementara tambang yang legal saja tidak membawa kesejahteraan untuk masyarakat.

"Dan kita saksikan dalam proses penambangan dan bisnis tambang kita, hilirisasi dilakukan ugal-ugalan merusak lingkungan, ada kecelakaan, tenaga asing mendominasi dan di sisi lain," ujar Cak Imin saat debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Dia mengatakan, perkembangan baik hilirisasi maupun tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat. "Di Sulteng, pertumbuhan ekonomi 13 persen tinggi sekali, tapi masyarakatnya miskin dan tidak bisa menikmati hilirisasi," kata pria yang juga kerap disapa Gus Imin ini.

Gibran: Enak Banget Ya Gus Imin Jawabnya Sambil Baca Catatan

Calon wakil presiden nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka meyindir Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat memaparkan jawaban yang membahas berkaitan perubahan ekstrem iklim yang mengancam pangan dan kualitasnya, di mana bisa mengancam kualitas sumber daya manusianya.

Sesaat Cak Imin usai memaparkan, moderator debat langsung memberikan Gibran untuk menanggapi pernyataan atau jawaban tersebut. Di awal sebelum memaparkan tanggapan tersebut, putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu menyindir Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

"Enak banget ya gus ya, jawabnya sambil baca catatan tadi," sindir Gibran di arena debat cawapres, JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Mahfud Md: Pertambangan Ilegal di Indonesia Di-Backing Aparat dan Pejabat

Wakil Calon Presiden Mahfud Md mengungkapkan bahwa jumlah pertambangan ilegal di Indonesia telah mencapai ribuan. Bahkan luas lahan yang mengalami deforestasi mencapai 12,5 hektare.

"Tambang ilegal sebanyak 2.500 tapi juga ada yang lebih dari itu. Dalam 10 tahun terakhir terjadi deforestrasi 12,5 hektare, hutan kita. Itu jauh lebih luas dari Korea Selatan dan 23 kali luasnya pulau Madura," kata dia dalam debat cawapres di Gedung JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Dia pun mengungkapkan kendala dalam menerbitkan putusan pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP). Menurutnya, pencabutan IUP tidak mudah lantaran banyak mafia yang bermain. "Cabut saja IUP-nya, itu masalahnya, mencabut IUP itu banyak mafianya. Bahkan KPK seminggu lalu mengatakan untuk pertambangan di Indonesia itu banyak sekali yang ilegal dan itu di-backing oleh aparat aparat dan pejabat," dia menadaskan.

 

22 dari 30 halaman

Cak Imin Sebut Kini Desa Tertinggal Hanya 4.000

Calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menuturkan, saat ini tinggal 4.000 desa tertinggal seiring penerapan dana desa yang membangun infrastruktur dan transformasi desa.

Cak Imin yakin pembangunan dari bawah yang berasal dari desa akan menumbuhkan ekonomi masyarakat, menjaga dan melestarikan sosial budaya. Selain itu, sejak Undang-Undang (UU) pembangunan desa yang diikuti penerapan dana desa yang terus meningkat setiap tahun mendorong pembangunan infrastruktur dan transformasi di desa.

"Dari 13 ribu desa yang tertinggal menjadi desa maju, desa mandiri, sekarang tinggal 4.000, ini bukti infrastruktur berjalan baik. Dana desa berjalan baik sehingga masyarakat desa merasakan anggaran. Dana kita tingkatkan Rp 5 miliar, tak hanya untuk infrastruktur tetapi juga BUMdes,kegiatan usaha, pertanian, peternakan, ekonomi kreatif sehingga orang tertarik (tinggal di desa-red)," ujar dia.

Mahfud Md Pamer Program Ganjar Soal Genjot Produktivitas Lahan Pangan

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud Md menyinggung menurunnya efektivitas lahan pertanian di Indonesia dalam Debat Cawapres 2024. Menurutnya, ada cara yang bisa dilakukan untuk mendorong produktivitas tadi.

Pada awal paparannya, Mahfud menyoroti soal regenerasi petani yang minim. Kemudian, dia juga mengatakan kalau lahan pertanian di Indonesia ikut berkurang. Sebagai contoh solusinya, Mahfud turut mengungkap program yang pernah dijalankan oleh Ganjar Pranowo ketika menjadi Gubernur Jawa Tengah.

"Kami di Jawa Tengah itu, pernah punya program dimana pak Ganjar waktu jadi gubernur waktu itu membuat 29 badan usaha milik petani," ujar Mahfud dalam Debat Cawapres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Gibran Janji Satukan Perusahaan Besar dengan UMKM

Calon Wakil Presiden urut 2, Gibran Rakabuming Raka berencana menyusun kerja sama antara perusahaan besar dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membangun industri berkelanjutan yang ramah lingkungan, guna mengurangi terjadinya kesenjangan.

"Karena sesuai UUD 1945 Pasal 33 Ayat 3 dan 4 dan Pancasila 4 dan 5 kita ingin sumber daya alam ini dimanfaatkan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat," ujar Gibran Rakabuming Raka dalam debat Cawapres ke-4, disiarkan Minggu (21/1/2024).

Gibran pun menekankan pentingnya menjalankan Permen (Peraturan Menteri) investasi nomor 1 tahun 2022. "Intinya kita ingin perusahaan-perusahaan besar bisa menggandeng UMKM lokal, pengusaha lokal. Jadi mereka tidak besar sendiri, tetapi ikut membesarkan warga lokal, pengusaha lokal, dan UMKM-UMKM setempat," jelasnya.

 

23 dari 30 halaman

Cak Imin Jelaskan Pembangunan Berbasis Bioregional ke Gibran

Dalam sesi tanya jawab gelaran Debat Cawapres Kedua, Minggu (21/1/2024), Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bertanya kepada Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka soal strategi pembangunan berbasis bioregional.

Dalam jawabannya, Gibran Rakabuming Raka menyatakan pembangunan ke depan tidak boleh lagi bersifat Jawa sentris, namun harus Indonesia sentris. Salah satunya diwujudkan melalui pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN.

Mendengar respons tersebut, Muhaimin merasa tak puas. Muhaimin lantas menjelaskan terkait potensi bioregional di Indonesia berdasarkan kebijakan yang ada. "Sehingga misalnya Papua, jangan pernah salah dalam membangun Papua. Papua harus berbasis pemerataan dan keadilan yang sempurna. Maluku misalnya, Maluku menjadi bioregional untuk pengembangan ekonomi kelautan dan perikanan," jelasnya.

Mahfud Md: Konglomerat Sawit Kuasai Tanah 39 Ha

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD menyoroti program Reforma Agraria yang belum berhasil diwujudkan di Debat Cawapres. Menurut dia, itu terbukti dari porsi kepemilikan tanah yang masih didominasi oleh konglomerat besar ketimbang petani.

"Kalau melihat ketimpangan penguasaan tanah memang lihat bisnis sawit itu 39 ha, hanya segelintir orang di bisnis sawit. Sementara para petani kita sebanyak 17 juta orang kalau dirata-ratakan hanya menguasai setengah hektar," ujarnya dalam sesi debat cawapres kedua, Minggu (21/1/2024).

Mahfud lantas menekankan, itulah sebabnya program Reforma Agraria yang ditugaskan kepada presiden wajib segera dilakukan.

Gibran Sebut Bakal Ada 5 Juta Green Jobs

Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menyebutkan akan membuka 5 juta green jobs seiring agenda hilirisasi, transisi energi hijau, dan ekonomi kreatif terus ditingkatkan.

Gibran menuturkan, potensi energi baru terbarukan (EBT) luar biasa yang mencapai 3.600 mw berasal dari energi surya, angin, bioethanol, dan panas bumi. Untuk menggenjot potensi itu, menurut Gibran Rakabuming Raka perlu kerja sama pentahelix dan mendorong agenda hiliriasi, pemerataan pembangunan, transisi energi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, dan UMKM.

"Terbuka 19 juta lapangan kerja untuk generasi muda dan kaum perempuan. (Dari 19 juta lapangan kerja-red) ada 5 juta green jobs. Peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan tren masa kini dan masa depan," kata Gibran.

 

24 dari 30 halaman

Mahfud Md Sebut 20 Ribu Masyarakat Adat di Kaltim Tak Bisa Nyoblos

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud Md mengungkap ada puluhan ribu masyarakat adat yang tidak bisa memilih dalam pesta demokrasi 14 Februari 2024 mendatang. Alasannya, karena masyarakat adat itu tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Mahfud mengungkapkan ada 20 ribu anggota masyarakat adat di Kalimantan Timur yang tidak memiliki hak memilih karena tak punya KTP. Dia pun mengungkap alasan dari masyarakat adat itu tidak bisa punya KTP.

"Coba, sekarang ini masyarakat adat yang ada di hutan-hutan itu di Kalimantan Timur itu 20 ribu orang tidak bisa memilih karena tidak punya KTP," ujar Mahfud.

Gibran Sentil Cak Imin Pakai Botol Plastik saat Debat Cawapres

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, menanggapi pertanyaan Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, terkait strategi dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan.

"Pak Gibran Indonesia ini terdiri dari berbagai pure regional dimana kita harus betul-betul mengerti agar pembangunan kita tepat sasaran, dan tumbuh dengan baik. Bagaimana stategi anda melaksanakan pembangunan pure regional ini agar keadilan iklim terjadi, keadilan sosial terwujud, keadilan ekologi terlaksana dengan baik, dan keadilan antar generasi juga terwujud sekaligus keadilan sosial?" tanya Cak Imin ke Gibran.

Dalam kesempatan ini, Gibran menyentil pertanyaan Cak Imin dengan botol plastik. "Gus Imin ini lucu ya, menanyakan masalah lingkunnngan hidup kok pakai botol-botol plastik itu, padahal saya, pak Ganjar, dan Prof. Mahfud pakai botol kaca, itu bagaimana komitmennya. Tapi gak apa-apa kita kembali ke topik," jawab Gibran.

Cak Imin Janji Cegah Kerusakan Hutan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa diperlukan keseriusan dan kesungguhan dalam upaya menurunkan deforestasi. Hal itu disampaikan Muhaimin Iskandar dalam jawabannya terhadap pertanyaan Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD, terkait pencegahan kerusakan hutan.

"Yang patut menjadi alat ukur bahwa pertama, dari seluruh rencana mengurangi deforestasi adalah berapa prestasi untuk melakukan penghijauan atau reforestasi. Sampai saat ini saya setuju, bahwa saat ini tidak ada keseriusan dan kesungguhan untuk itu," ujar Muhaimin.

"Bahkan menyediakan pangan nasional saja, kenapa tidak melibatkan petani? Malah juga melakukan penggundulan hutan dan gagal lagi," katanya.

 

25 dari 30 halaman

Serangan Anies di Debat Terakhir Bakal Makin Gencar

Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan siap untuk menghadapi debat akhir Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan kondisi sehat. Nantinya, intensitas serangan semakin gencar.

"Karena ini debat terakhir, maka intensitas serangan makin gencar. Sangat optimis (menaikkan elektabilitas), karena materi debat ini adalah rekam jejak Pak Anies sebagai Menteri terkait Pendidikan dan Pengalaman Gubernur dalam pelayanan publik, penanganan Covid, menjaga Toleransi," kata Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) Iwan Tarigan, Minggu (4/2/2024).

Prabowo Siap Keluarkan Jurus Pamungkas di Debat Terakhir

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto telah menyiapkan jurus pamungkas yang akan digunakan pada debat capres terakhir. 

"Paslon nomor 2 sudah siap, Pak Prabowo sudah siap untuk debat nanti malam," ujar Airlangga, Minggu (4/2/2024).

Saat disinggung terkait jurus yang akan digunakan Prabowo saat berdebat dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Airlangga mengaku Ketum Partai Gerindra itu sudah menyiapkan gagasan sesuai dengan tema debat, yakni infrastruktur, perekonomian, hingga kesejahteraan sosial.

Tema Debat Capres Terakhir Dinilai Dekat dengan Ganjar

Debat kelima mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. Tema debat terakhir ini dinilai erat kaitannya dengan isu kerakyatan yang dekat dengan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

"Mas Ganjar sejak dulu sudah terkenal dekat dengan rakyat. Beliau lahir dari rakyat, dan terbukti berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat. Prinsipinya, Tuanku ya Rakyat. Jadi performa beliau di panggung debat nanti sudah pasti akan maksimal," kata Jubir TPN Roby Muhamad.

"Mas Ganjar yang paling mampu menyelesaikan isu-isu kerakyatan. Beliau presiden rakyat sebenarnya. Di acara debat nanti masyarakat bisa mendengar sendiri cerita tentang program-program yang sudah dilakukan saat menjabat Gubernur Jawa Tengah langsung dari Mas Ganjar."

 

26 dari 30 halaman

Prabowo Janji Bangun 300 Fakultas Kedokteran

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, memiliki rencana besar yang diberi nama 'Strategi Transformasi Bangsa', yang intinya untuk meningkatkan kemakmuran terutama memperbaiki kualitas rakyat Indonesia. Prabowo menyatakan bahwa proyek strategis ini termasuk memberi makan bergizi untuk seluruh anak Indonesia, termasuk bayi yang masih di dalam kandungan ibunya.

Selain itu, Prabowo juga memiliki rencana membangun rumah sakit moderen di setiap kabupaten/kota, puskesmas modern di setiap desa, dan segera mempercepat kekurangan dokter. "Kekurangan 140 ribu dokter akan segera diatasi dengan menambah fakultas kedokteran (FK) di Indonesia, dari yang sekarang 92 menjadi 300 fakultas kedokteran," kata Prabowo saat membuka Debat Capres terakhir di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (4/2/2024).

Tidak hanya itu, Prabowo janji memberangkatkan puluhan ribu anak Indonesia berprestasi belajar ilmu kedokteran di luar negeri, termasuk science, matematika, dan fisik.

Ganjar Akan Perbaiki Upah Buruh Lewat Keterampilan

Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo memastikan akan membuat upah buruh menjadi lebih baik jika terpilih sebagai Presiden dalam Pemilu 2024 ini. Menurut dia, upah buruh yang baik harus dimulai dari sisi pendidikan yang mumpuni dan mampu menciptakan keterampilan yang dibutuhkan oleh sumber daya manusia saat ini.

"Keterampilan yang didapatkan melalui pendidikan yang baik akan mendorong lapangan kerja terbuka dan dan upah buruh yang baik," kata Ganjar dalam Debat Capres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Ganjar juga bercerita, dirinya telah bertemu dengan buruh yang memintanya untuk mengkaji ulang soal UU CIpta kerja. "Kemarin kawan-kawan buruh kemarin bertemu dengan saya tolong Pak sekedar review UU Cipta Kerja, karena ini yang perlu mendapatkan keseimbangan dari nasib kami."

Anies Baswedan Singgung Bansos di Debat Capres

Calon Presiden nomor Urut 1 Anies Baswedan mengungkap ada sekitar 70 juta orang yang belum memiliki jaminan. Pada konteks ini, termasuk adalah bantuan sosial (bansos).

Anies mengatakan, hal itu merupakan masalah yang saat ini dihadapi oleh Indonesia. Dia juga mencatat, masih ada 45 juta orang yang belum bekerja dengan layak.

"Apa masalah hari ini? 45 juta orang belum bekerja dengan layak, bicara jaminan sosial, lebih dari 70 juta orang tidak punya jaminan sosial," ujar Anies dalam Debat Capres, di Jakarta, Minggu (4/2/2024). Dia menjelaskan, selama satu tahun belakangan, pihaknya menerima banyak masukan dari masyarakat, salah satu yang disorotinya juga adalah terkait dengan penyaluran bansos.

 

27 dari 30 halaman

Ganjar Prioritaskan Fasilitas Kesehatan untuk Desa-Desa Terisolir

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan pentingnya kualitas sumber daya manusia yang baik. Kuncinya adalah kehidupan masyarakat Indonesia yang sehat.  

"Kesehatan jadi kunci yang pertama, preventif hal yang bagus olah raga makan sehat, akan jauh lebih baik," ujar Ganjar mengawali penyampaian visi-misinya. 

Ganjar juga mengatakan akan membangun fasilitas kesehatan yang baik dan merata bagi semua masyarakat. "Akses kesehatan di tiap desa diperlukan. Satu desa, satu  fasilitas kesehatan, karena kami ingin berikan yang terbaik. Ibu-ibu, anak masyarakat adat, bayi-bayi di semua daerah terisolir, mereka butuh dapatkan fasilitas kesehatan yang bagus," ucap dia.

Prabowo Singgung soal Kurangnya Dokter di Indonesia di Debat Capres

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, dalam mengatasi masalah kesehatan Indonesia menurutnya adalah menambah jumlah dokter.

"Jadi saya lebih ke arah solutif langsung dan cepat, masalah kesehatan di Indonesia adalah kurangnya dokter. Kita kurang 140.000 dokter, itu utama,” kata Prabowo di arena debat capres, JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Dia pun menyebut banyak di sejumlah kabupaten Indonesia tidak memiliki dokter spesialis, salah satunya untuk jantung dan stroke. "Bayangkan kalau ada yang kena stroke dan jantung, dua sebab yang paling besar kematian di beberapa kabupaten tidak ada spesialis jantung atau stroke," ungkap Prabowo.

Anies: Masalah Utama Kesehatan Disebabkan Pola Hidup Tidak Sehat

Anies Baswedan menekankan masalah utama dalam kesehatan di Indonesia salah satunya disebabkan oleh pola hidup yang tidak baik. "Salah satu masalah utama kesehatan disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. karena itu kami melihat yang disebut promotif, prevetif dan kuratif harus seimbang," ucap Anies.

Menurut Anies, persoalan hidup yang tidak baik tersebut harus diatasi melalui kebijakan seimbang, sebagaimana pernah dilakukan oleh dirinya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Kami pernah lakukan di Jakarta. yang kita kerjakan adalah membangun air bersih misalnya di Kepualauan Seribu, supaya mereka dapat air yang sehat. yang kedua membangun taman-taman, membangun jalur sepeda," ucapnya.

 

28 dari 30 halaman

Anies Prioritaskan Investasi Padat Karya Bangun Industri Teknologi Informasi

Anies Baswedan mengatakan, kemajuan sistem telekomunikasi dan teknologi informasi berkembang sangat pesat. "Gagasan kita yang pertama adalah peningkatan kualitas manusia dan inovasi sektor teknologi informasi dengan cara pairing, berpasangan mendatangkan pakar untuk bisa alih teknologi bersama sama," jelas Anies.

Selain itu, Anies Baswedan juga memprioritaskan investasi masuk dalam bentuk investasi padat karya yang didukung dengan perbaikan reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi.

"Ini akan memberikan lowongan kerja untuk masyarakat lokal," jelas dia.

Prabowo: Pemerintah Harus Intervensi Pelestarian Budaya

Prabowo Subianto menanggapi kebudayaan yang terdistorsi oleh birokratisasi dan komersialisasi dalam debat capres terakhir. Menurutnya, pemerintah harus melakukan intervensi atas setiap pertumbuhan budaya yang responsif sebagai langkah menjaga dan melestarikan jati diri bangsa.

"Budaya adalah sangat penting, budaya adalah karakter bangsa. Tanpa kita membanggakan, menghormati, melestarikan budaya itu sendiri, kita hilang jati diri sebagai bangsa," tutur Prabowo.

Prabowo menegaskan, pihaknya akan terus memberikan dorongan untuk semua aktor dan pelaku budaya demi melestarikan warisan para pendahulu.

Ganjar Sebut Pemerintah Tak Perlu Takut dengan Pentas Butet

Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengatakan, birokrat cukup memfasilitasi pelaku seni dan budayawan dan mengerjakan kreativitasnya. Dan, pemerintah bertugas melindungi pelaku seni dan budayawan.

"Apakah itu nyanyi, apakah film maker apakah pencipta, penulis buku, sehingga terhadap mereka perlu dilindungi. Berikan kepada mereka, agar mereka bisa mengurus sendiri, kalau lah mereka kemudian berekspresi, pemerintah tidak perlu lah takut, masa takut sama pentasnya Butet (Butet Kartaredjasa). Kamu boleh loh pentas tapi nggak ngomong sama politik, enggak," kata Ganjar dalam debat capres di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

 

29 dari 30 halaman

Prabowo Sepakat dengan Anies Bentuk Kementerian Kebudayaan

Anies Baswedan menilai kebudayaan tidak hanya perlu dirawat atau dilestarikan seolah-olah budaya hanya warisan masa lampau, tetapi juga perlu dikembangkan. Maka itu, ia berencana membentuk Menteri Kebudayaan bila nanti menjadi presiden.

"Yang nantinya akan menjadi penyalur sumber daya dari negara kepada kalangan budayawan agar mereka berkembang, membangun kebudayaan-kebudayaan yang maju di Indonesia," ucapnya.

Saat mendengarkan opini Anies, Prabowo sesekali mengagukkan kepalanya tanda ia menerima. Ia juga membuat pernyataan sepakat atas pendapat Anies. "Kalau saya jadi presiden, saya juga memikirkan kementerian kebudayaan. Kalau ide yang baik, saya bisa terima dan dukung," ucap Prabowo.

Ganjar Siapkan Panic Button untuk Lindungi Pekerja Migran

Calon Presiden atau Capres Ganjar Pranowo memastikan keselamatan para pekerja migran menjadi hal yang utama dalam bidang ketenagakerjaan. Hal tersebut diungkapkanya dalam Debat Capres 2024 di JCC Senayan, Jakarta.

Menurut Ganjar, pemerintah telah memiliki banyak element dan tangan untuk memastikan keselamatan para pekerja migran atau TKI ini.

"Negara harus hadir, ada duta besar, ada PB2MI, Kementerian Ketenagakerjaan, Pemda," tutur dia, Minggu (4/2/2024).

Anies Janji Angkat 700 Ribu Guru Honorer

Anies Baswedan menyampaikan sejumlah janji untuk mendukung kesejahteraan tenaga pendidik, salah satunya berjanji angkat 700 ribu guru honorer.

Anies menuturkan, pendidik adalah kunci untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mendukung pendidik tersebut dibutuhkan tanggung jawab untuk mensejahterakan tenaga pendidik sehingga dapat konsentrasi mendidik anak bangsa.

"Apakah tenaga pendidikan di tempat Anda bertanggung jawab sudah mendapatkan penghasilan yang adil dan setara,” ujar Anies, saat debat capres, Minggu (4/2/2024).

 

30 dari 30 halaman

Ganjar Sindir Prabowo Saat Bahas Makan Gratis dan Stunting

Calon presiden Ganjar Pranowo menyindir capres Prabowo Subianto di debat capres 2024. Momen ini terjadi saat Prabowo kembali menanggapi jawaban Ganjar terkait pernyataan yang diberikannya terkait pemberian makan untuk mereka yang kurang gizi.

"Jadi program saya kita beri makan ibu yang sedang hamil. Kita beri bantuan gizi kepada ibu yang sedang hamil, karena dia mengandung 9 bulan. Tapi stunting itu karena kurang gizi Pak Ganjar. Itu karena ibu dan dianya kurang gizi, dia stunting dan itu terjadi di seluruh bagian seluruh Indonesia yang saya ketemukan, anak-anak 10 tahun badannya seperti 4 tahun," kata Prabowo.

Mendengar hal itu, Ganjar menyindir Prabowo. "Terlambat itu pak. Kalau bapak mau mencegah stunting pak, sekali lagi pak, perhatikan proses menikah pak, mulai dari mereka remaja, kemudian bapak harus liat pak, perempuan Indonesia remaja Indonesia itu sebagian besar anemia, perhatikan itu dulu," jelasnya.

Anies Kritik Penyaluran Bansos: Jangan Dirapel

Anies Baswedan ingin mengatur kembali jadwal penyaluran bantuan sosial (bansos). Dia ingin penyebarannya dilakukan sesuai dengan kebutuhan target penerima bansos.

Dia kembali menegaskan, bansos itu merujuk pada kebutuhan orang-orang yang masuk kategori penerima bansos seperti orang miskin dan pra-sejahtera. "Pertama, kita harus menyadari bahwa yang disebut sebagai bansos adalah bantuan untuk si penerima bukan bantuan untuk si pemberi, karenanya dia diberikan sesuai dengan kebutuhan si penerima," ungkap Anies dalam Debat Capres, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

"Kalau penerimanya membutuhkan bulan ini, ya diberikan bulan ini, kalau dibutuhkannya 3 bulan lagi, ya 3 bulan lagi, tidak usah dirapel semuanya," kata Anies.

Prabowo Bakal Permudah Pembangunan Pabrik Smartphone 

Impor ponsel tahun 2023 mencapai angka Rp 30 triliun. Padahal biaya untuk membangun pabrik ponsel hanya butuh investasi kurang lebih setengah triliun rupiah."Pembangunan pabrik ponsel di Indonesia terganjal oleh politic will (kehendak politik)," kata Prabowo.

Tak hanya itu, Capres nomor urut dua tersebut juga berencana untuk memberikan kemudahan bagi pihak-pihak bila ingin membangun pabrik smartphone di Indonesia. "Kalo memang bangun pabrik cuma 1 triliun, ya sudah bangun aja. Kalau political will dibutuhin, Ayok dibantu dengan political will," ucap Prabowo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.