Sukses

Debat Perdana Capres-Cawapres Besok, Selasa 12 Desember: Tema, Lokasi, Moderator, hingga Panelis

Nantinya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal berada di tengah panggung dan dikeliling oleh para penonton.

 

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat perdana capres dan cawapres pada Selasa (12/12/2023) besok. Debat Pilpres ini bakal diadakan di halaman Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, debat bakal dilakukan dengan konsep townhall meeting.

Nantinya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal berada di tengah panggung dan dikeliling oleh para penonton.

Adapun panggung yang disiapkan KPU bisa menampung sekitar 800 orang. Namun, tiap paslon hanya boleh membawa 75 orang timnya dalam debat besok. Sisanya, akan dihadiri oleh penonton undangan dari KPU.

Untuk debat pertama, tema yang akan dibahas adalah 'Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi'. Debat ini akan dilakukan oleh para capres.

Meskipun cawapres tetap hadir untuk mendampingi, mereka tak diperkenankan untuk bicara.

"Yang bicara adalah saat debat capres, capres yang bicara. Saat cawapres, cawapres yang bicara. Debat pertama itu nanti adalah porsinya untuk debat capres, calon presiden" kata Ketua KPU Hasyim Asyari, Rabu (6/12/2023).

Nantinya, debat capres cawapres akan direncanakan mulai pukul 19.00 WIB dan dapat disaksikan melalui saluran TV maupun radio yang dijadwalkan sebagai penyelenggara. Sebagai informasi, TVRI dan RRI akan menjadi tv pool pada debat perdana besok.

Lebih lanjut, debat akan dimoderatori oleh dua jurnalis TVRI, yaitu Ardianto Wijaya dan Velerina Daniel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panelis Debat

Selain itu, KPU juga telah menunjuk 11 panelis yang menyusun pertanyaan untuk debat besok. Berikut daftar 11 Panelis Debat Pertama Capres-Cawapres 12 Desember 2023.

  1. Pakar Ilmu Politik UGM, Mada Sukmajati
  2. Pakar Ilmu Politik Undana, Rudi Rohi
  3. Ahli Hukum Tata Negara Undip, Lita Tyesta ALW
  4. Pakar Hukum Unand, Khairul Fahmi
  5. Pakar Hukum Tata Negara UNS, Agus Riewanto
  6. Pakar Tata Hukum Negara UNPAD, Susi Dwi Harijanti
  7. Guru Besar Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono
  8. Ketua Komnas HAM 2017-2020, Ahmad Taufan Damanik
  9. Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga, Phil Al Makin
  10. Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto
  11. Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi

Sebelas panelis ini pun telah dikarantina pada Minggu (10/12) kemarin untuk menjaga netralitas, kerahasiaan dan integritas.

 

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.