Sukses

Yenny Wahid Ungkap Suara Nahdliyin Mayoritas ke Ganjar-Mahfud

Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid, menghadiri istigasah untuk kemenangan pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pondok Pesantren (Ponpes) Assa'adah, Bojong Pondok Terong, Cipayung, Kota Depok, pada Kamis, 7 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid, menghadiri istigasah untuk kemenangan pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pondok Pesantren (Ponpes) Assa'adah, Bojong Pondok Terong, Cipayung, Kota Depok, pada Kamis, 7 Desember 2023.

"Kita bersama-sama dengan masyarakat penggerak pendukung Ganjar dan Mahfud menggerakkan masyarakat untuk berdoa bagi kemenangan Ganjar-Mahfud dan juga bagi negara kita tercinta agar pemilu berjalan dengan baik. Kemudian langkah kita dituntun untuk bisa mendapat pemimpin yang mendengarkan suara hati rakyat," tutur Yenny Wahid kepada wartawan, Jumat (8/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Yenny mengungkapkan mayoritas suara warga Nahdlatul Ulama (NU) atau nahdliyin di pilpres 2024 ini mengarah ke Ganjar-Mahfud.

"Dukungan nahdliyin untuk Ganjar dan Mahfud sangat tinggi. Apalagi di pasangan Ganjar-Mahfud memang ada orang NU yaitu Pak Mahfud, tapi orang NU yang dekat dengan Gus Dur," ujar Yenny Wahid yang merupakan putri dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Jadi ada dua hal yang menjadikan keistimewaan Pak Mahfud itu adalah beliau bukan saja orang NU, tapi orang NU yang dekat dengan Gus Dur dan memang dikader oleh Gus Dur dari awal," jelas Yenny.

Yenny menegaskan, Indonesia sangat membutuhkan sosok pemimpin yang dapat meneruskan jejak langkah para presiden sebelumnya, sesuai dengan kebutuhan negara.

"Apa sih yang masih kurang, penciptaan lapangan kerja, kedua masyarakat maunya penegakan hukum itu penting banget. Penciptaan lapangan kerja itu bisa terjadi kalau ekonomi tumbuh. Ekonomi tumbuh kalau penegakan hukum bagus," kata Yenny Wahid.

Menurut Yenny, pasangan Ganjar-Mahfud memiliki program-program kerja yang membumi dan langsung dirasakan masyarakat.

"Bukan hanya janji, sudah dibuktikan. Di Jawa Tengah, rumah murah, perhatian untuk guru ngaji dan marbot karena mereka sudah dibuatkan bukan janji. Ponpes nanti akan ada beasiswa untuk santri, pelatihan kewirauhaan. Jadi kalau mau maju, kita butuh pemimpin seperti Ganjar dan Mahfud Md," Yenny menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atikoh Ganjar Minta Perempuan NU Jangan Takut Diintimidasi Jelang Pilpres 2024

Sebelumnya, Siti Atikoh Supriyanti, istri calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, memberikan semangat kepada para perempuan di Muslimat Nahdatul Ulama (NU) agar kuat dan tetap bersama menghadapi kemungkinan berbagai intimidasi maupun upaya menakut-nakuti menuju pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan Atikoh di hadapan peserta silaturahmi Perempuan Nahdliyin se-Kabupaten Ciamis di Kota Ciamis dan Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023).

Atikoh Ganjar juga hadir di pengajian ibu-ibu Muslimat Kota Banjar, Pondok Pesantren Mujtahidin As Sanusiyah Banjar. Peserta kedua silaturahmi itu adalah ibu-ibu dari Muslimat NU dan santri perempuan.

Mulanya, Atikoh mengatakan dirinya suka olahraga lari, di mana ada pepatah mengatakan, "kalau kita mau berlari cepat itu sendirian, tapi kalau kita ingin berlari jauh dengan lama, maka kita berlari bersama-sama".

"Kepada ibu-ibu penggerak, kita harus bergandengan tangan kompak, kita jangan takut misalnya ada intimidasi," kata Atikoh Ganjar.

"Mohon maaf ibu, ada kemungkinan kita diintimidasi. Tak usah goyah, kita tidak akan goyah, kita perempuan adalah perempuan yang tangguh, perempuan yang kuat, tidak mudah tergoyahkan. Yang penting kita berjalan di jalan kebenaran, kita memperjuangkan kebenaran dan untuk kemaslahatan umat," tegas Atikoh.

Atikoh mengajak para perempuan Muslimat NU untuk terus bersama agar Indonesia semakin berdaya.

"Di tangan kita Indonesia nasibnya ditentukan. Siap ya ibu-ibu?" kata Atikoh.

"Siap," jawab para ibu peserta kegiatan dengan serentak.

Ketika di acara silaturahmi di Banjar, Atikoh kembali mengulangi pesannya.

"Jangan mau diintimidasi dan dipecah belah kalau tujuan kita benar. Mungkin akan ada yang menggoyahkan ketangguhan kita, tapi kita konsisten. Meski nanti ada yang mengintimidasi, mari kita tanggung. Kita tunjukkan Muslimat bukan perempuan yang gampang rapuh dan goyah karena kita lah tiang negara Indonesia," kata Atikoh penuh semangat.

3 dari 3 halaman

Ganjar-Mahfud Siap Hadapi Kampanye Hitam

Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN-GP) menegaskan siap menghadapi dan memerangi kampanye hitam di masa kampanye pilpres 2024

Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo, Novi Basuki, menyampaikan pihaknya berpatok dengan pesan Ganjar, kampanye tak boleh saling menjelekkan.

"Untuk menghadapi kampanye hitam, saya ingat apa yang dipesankan Pak Ganjar setelah memberi amanah kepada saya untuk menjadi jubirnya. Kata Pak Ganjar, 'Novi, ke depan adalah pertarungan gagasan, pertarungan ide. Jangan pernah menjelek-jelekkan.'," kata Novi, Jumat (1/12/2023).

Dia menegaskan, pihaknya tak akan membalas kampanye hitam dari lawan dengan kampanye hitam. Ganjar-Mahfud akan melawannya dengan gagasan program untuk kemajuan bangsa.

"Kampanye hitam tidak boleh dilawan dengan kampanye hitam, melainkan dengan tawaran program yang bisa menyelesaikan permasalahan utama yang dihadapi mayoritas masyarakat: sandang, papan, pangan, pekerjaan, kesehatan, pendidikan," tegas Novi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.