Sukses

Gibran Terima Gelar Lasok Pindan dari Tokoh Adat Toraja

Gelar tersebut diterima Gibran Rakabuming Raka dari tokoh adat Toraja saat menghadiri karnaval budaya adat tokoh masyarakat Toraja yang digelar di Plaza Kolam Makale, Tana Toraja, Minggu (26/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar Lasok Pindan di Tana Toraja,  Sulawesi Selatan. Arti gelar itu adalah seorang putra bangsawan yang bercahaya seperti mutiara.

Gelar tersebut diterima Gibran dari tokoh adat Toraja saat menghadiri karnaval budaya adat tokoh masyarakat Toraja yang digelar di Plaza Kolam Makale, Tana Toraja, Minggu (26/11/2023).

"Ini sebuah kehormatan saya diberikan gelar dan senang sekali saya lihat warga walaupun hujan tetap semangat semua," ujar Gibran.

Prosesi penyerahan gelar kepada Gibran dilakukan dengan membentangkan kain sepanjang 3 meter lebih yang satu ujungnya dipegang Gibran, dan ujung yang lain dipegang para tokoh adat Toraja.

Salah satu tokoh adat kemudian menyampaikan bahwa Gibran akan bergabung ke dalam salah satu tongkonan (rumah adat) Toraja.

"Keluarga besar tongkonan Lalangan atas izin para leluhur atas izin sang pencipta ingin menjadikan Mas Gibran Rakabuming Raka menjadi titisan kehormatan, anak kehormatan, bagi tongkonan," tutur tokoh adat itu.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka menghadiri deklarasi "Taruna For Gibran" yang diikuti puluhan Ketua Karang Taruna tingkat Provinsi se-Indonesia di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Malam ini, walau sedang hujan, tidak menyurutkan semangat kita untuk hadir dalam deklarasi ini. Kita punya satu visi, misi yang sama memberikan anak muda kesempatan memimpin bangsa Indonesia ini ke depan," papar Ketua Panitia Deklarasi Taruna Pro Gibran, Anhar Rahman di anjungan Losari Makassar, Sabtu malam 25 November 2023. Demikian dilansir dari Antara.

Dalam acara yang dihadiri Ketua Karang Taruna bersama pemuda itu, Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Didik Mukrianto mengemukakan, sosok Gibran yang masih muda dan energik sudah layak menjadi pemimpin muda karena dinilai peduli dengan tingkat sosial bangsa ini.

"Dedikasi, komitmen, karya bakti serta pengabdian sosial beliau dan sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna sudah menunjukkan sosok pemimpin muda, teladan yang mampu memimpin bangsa ini," papar Didik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Sampaikan Terima Kasih

Setelah deklarasi, Gibran yang diberi kesempatan berbicara mengatakan merasa terhormat atas dukungan tersebut. Putra Sulung Presiden Joko Widodo ini berharap kerja-kerja Taruna Pro Gibran dapat saling bekerja sama dengan Tim Kampanye Nasional (TKN).

"Terima kasih kepada semuanya utamanya Ketua Gerindra Sulsel Bapak Andi Iwan Aras atas deklarasi yang dilakukan pada malam ini. Saya sangat mengapresiasi deklarasi malam ini. Semoga ke depan kita bisa saling bersinergi, khususnya bersinergi dengan TKN untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran," paparnya di atas panggung.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. Pasangan Ganjar-Mahfud diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Selanjutnya, pasangan Prabowo-Gibran diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

 

3 dari 3 halaman

Jalan Sehat Satu Putaran Relawan Prabowo-Gibran di Makassar Dipadati Pengunjung

Sementara itu, Jalan Sehat Satu Putaran yang digelar Relawan Prabowo Gibran di Jalan Sudirman Makassar, Sulawesi Selatan, ramai dipadati pengunjung.

Selain berolahraga, warga yang hadir karena ingin mengenal lebih dekat, tokoh anak muda yang kini menjadi calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

“Hadirnya Mas Gibran membawa angin segar bagi masyarakat yang ikut Jalan Sehat Satu Putaran ini, dimana sebagian besar peserta merupakan generasi muda dengan rate usia dibawah 40 tahun,” ujar Koordinator Nasional Relawan Penerus Negeri M. Pradana Indraputra, Sabtu (26/11/2023).

Dia menyatakan, membludaknya kaum milenial dalam kegiatan ini menurut M Pradana, semakin menandakan meningkatnya peran aktif anak-anak muda untuk menggunakan hak politik dalam pemilu 2024.

“Untuk mensukseskan pesta demokrasi 5 tahunan ini, generasi muda harus berani menentukan pilihannya, baik pilpres maupun pileg dengan menggunakan hak suara dan jangan salah pilih, dipikirkan melalui akal sehat,” kata Koordinator Nasional Relawan Penerus Negeri.

Saat hari H nanti lanjut M. Pradana, pilih calon Presiden yang berkomitmen untuk melanjutkan dan menyempurnakan pembangunan yang pesat di semua sektor sudah terbukti dan dirasakan manfaat yang membuat hari ini kita bangga Indonesia menjadi Negara yang maju dan disegani.

“Anak-anak muda sebagai generasi penerus dan mewarisi masa depan. Masuknya Mas Gibran dalam kontestasi capres dan cawapres sudah selayaknya didukung milenial karena kehadirannya mewakili generasi muda," ujarnya.

 

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini