Sukses

Hari Ini Terakhir Tes Kesehatan Capres-Cawapres, Hasilnya Diumumkan Jumat 27 Oktober

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Keduanya tiba untuk menjalani pemeriksaan kesehatan usai mendaftarkan diri sebagai pasangan bakal calon presiden dan bakal calon presiden pada Rabu (25/10/2023) kemarin.

Prabowo-Gibran tiba di RSPAD sekira pukul 06.57 WIB. Mereka datang secara bersamaan dengan menggunakan kemeja berwarna biru.

Gibran ketika itu terlihat didampingi oleh istrinya yakni Selvi Ananda. Namun, keduanya tidak berbicara dan hanya melambaikan tangan kepada awak media yang sudah menunggu kedatangannya.

Kemudian, mereka langsung masuk ke dalam gedung RSPAD Gatot Soebroto untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Namun, sebelum melaksanakan tes kesehatan, keduanya sempat kembali keluar untuk menyapa awak media.

Ketua Umum Partai Gerindra dan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menggunakan pakaian berbeda yakni kimono berwarna hijau. Beberapa saat kemudian, mereka masuk kembali ke dalam gedung RSPAD.

"Ini merupakan hari terakhir pemeriksaan kesehatan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden. Mengapa hari terakhir, karena kemarin adalah hari terakhir untuk penerimaan pendaftaran bakal capres cawapres yang dilakukan oleh gabungan parpol," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada wartawan.

Hasyim menyebut kedua pasangan bacapres-bacawapres itu akan menjalani pemeriksaan sampai sore hari.

Sementara itu, Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen Albertus Budi Sulistya menambahkan, kedua pasangan capres-cawapres itu akan menjalani pemeriksaan sekira 10 jam.

"Sama dengan yang lalu, standar pemeriksaan tim pemeriksa alat pemeriksaan semua diperlakukan sama. Sehingga hasilnya pun harus standar, rangkaian pemeriksaan antara 8 sampai 10 jam," ujar Budi.

"Kemudian setelah seluruh rangkaian pemeriksaan dilaksanakan, nanti sore bakal paslon capres-cawapres akan menyampaikan konpers di tempat ini," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Tes Kesehatan Tiga Pasang Capres-Cawapres Diumumkan Jumat 27 Oktober

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan setelah semua pasangan Bacapres-Bacawapres menjalani pemeriksaan kesehatan, hasilnya itu akan disampaikan pada Jumat (27/10/2023) besok.

"Rencananya hari Jumat besok, tanggal 27 Oktober 2023 sekitar jam 14 siang," kata Hasyim.

"Akan disampaikan oleh tim pemeriksa kesehatan RSPAD Gatot Soebroto kepada KPU yang akan dilakukan di kantor KPU," sambungnya.

Sebelum Prabowo-Gibran yang menjalani pemeriksaan hari ini, pasangan capres-cawapres Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar lebih dulu melakukan kegiatan tersebut.

Keduanya menjalani pemeriksaan pada Sabtu, 21 Oktober 2023 lalu, usai mendaftarkan diri ke KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023. Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan dijalani oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Pemeriksaan terhadap Ganjar-Mahfud dilakukan pada Minggu, 22 Oktober 2023. Pemeriksaan ini dilakukan setelah ia mendaftarkan diri ke KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.