Sukses

Prabowo dan Gibran Resmi Daftar Capres-Cawapres Hari Ini, Ketua KPU: Rabu Hari Keramat Pemilu

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyebut bahwa Rabu merupakan hari keramat dalam riwayat penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah resmi mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023).

Pasangan capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu disambut jajaran komisioner KPU dan sejumlah komisioner Bawaslu. Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyebut bahwa Rabu merupakan hari keramat dalam riwayat penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.

"Saya kira kita tahu semua, hari Rabu itu hari keramatnya Pemilu, dari waktu ke waktu pencoblosannya itu hari Rabu," kata Hasyim di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Menurut Hasyim, KPU sudah menerima dokumen persyaratan yang harus dipenuhi Prabowo dan Gibran sebagai pasangan capres-cawapres Pemilu 2024.

Selanjutnya, KPU akan memeriksa kelengkapan berkas yang sudah diserahkan lewat Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.

"Berdasarkan informasi dari tim KPU melalui silon, dokumen syarat calon dinyatakan lengkap," ucap Hasyim.

Hasyim menambahkan, setelah pendaftaran capes-cawapres peserta Pemilu 2024, Prabowo dan Gibran akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta pada Kamis 26 Oktober 2023.

"Selanjutnya bakal calon akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, untuk cek kesehatan Bapak Prabowo dan Mas Gibran, besok 26 oktober pukul 07.00 WIB pagi, hadir di RSPAD Gatot Subroto," tambah Hasyim.

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah sah mendaftarkan diri sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024.

Hal itu ditandai dengan hadirnya mereka di Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) di Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo dan Gibran Naik Kendaraan Taktis Maung ke KPU

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai pasangan bakal capres-cawapres. Keduanya didampingi para ketum dan sekjen partai politik yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Saat mendatangi KPU, Prabowo-Gibran menggunakan kendaraan taktis Maung. Kendaraan itu digunakan olehnya dan para ketum parpol KIM mulai dari Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

Prabowo merasa senang bisa menggunakan kendaraan tersebut untuk menuju ke KPU melakukan pendaftaran sebagai bakal capres-cawapres.

"Kami sangat bangga bahwa kami diantar di atas mobil pertama buatan anak-anak Indonesia, ini sebagai salah satu tanda bahwa koalisi kami bertekad untuk membawa Indonesia menjadi negara maju, negara makmur, negara yang rakyatnya sejahtera," kata Prabowo dalam pidatonya di KPU RI, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Gerindra ini juga mengucapkan rasa terima kasih kepada para tokoh-tokoh nasional yang turut mengantarkan dirinya melakukan pendaftaran.

"Tadi saya juga ucapkan terimakasih kepada tokoh-tokoh nasional, senior-senior yang hadir, ada Jenderal Wiranto, Marsekal Udara Iman Safaat. Tiga mantan Kapolri, Jenderal Polisi Sutarman, Idham Azis, Jenderal Polisi Sutanto dan juga tokoh religius," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini