Sukses

Jalani Tes Kesehatan di RSPAD, Ganjar Ngaku Sempat Berkeringat

Pasangan bacapres-bacawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md telah selesai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta sebagai syarat bertarung di Pilpres 2024. Pemeriksaan kesehatan berlangsung selama hampir 9 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan bakal calon presiden (Bacapres) dan bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud Md dinyatakan selesai.

Kedua pasangan ini menjalani pemeriksaan selama hampir sembilan jam di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Minggu (22/10/2023).

Tes kesehatan tersebut merupakan bagian dari persyaratan yang harus dipenuhi bakal capres dan cawapres untuk maju pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ganjar mengatakan, proses pemeriksaan kesehatan berjalan dengan lancar. Ganjar menjalani bermacam-macam tes mulai dari pemeriksaan fisik, tes kejiwaan, tes darah serta tes jantung.

Ganjar mengaku sempat bermandikan keringat takala diminta berlari dengan treadmill.

"Saya kira semuanya berjalan dengan sangat lancar, tadi kita sempat berkeringat saja, karena treadmill," kata Ganjar di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2023).

Ganjar Pranowo pun mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh tim dokter selama berada di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

"Saya menyampaikan rasa terimakasih sejak tadi pagi kita dilayani dan dibawa ke sana-kemari. Dari pagi sampai sore saya bersama Pak Mahfud. Alhamdulillah sudah selesai," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Ganjar berharap hasil tes kesehatan bisa segera dikirimkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melengkapi seluruh syarat administrasi.

"Tentu saja mudah-mudahan nanti. Insya Allah hasilnya baik dan kita sudah melakukan sebuah proses pemeriksaan secara lengkap," ucap Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganjar-Mahfud Tes Kesehatan di RSPAD

Sebelumnya, Bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto (RSPAD) pada Minggu (22/10/2023).

Kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistya menerangkan, tes kesehatan yang diikuti bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden memakan waktu selama kurang lebih sembilan jam.

"Kurang lebih sekitar 9 jam," kata Budi kepada wartawan, Minggu (22/10/2023).

Budi mengatakan, 50 orang dokter dari berbagai latar belakang dan spesialis dilibatkan. Selain itu, ada dua orang psikolog yang juga terlibat dalam tim ini.

"Jadi ada dari tim dokternya RSPAD tim dokter dari utusan masing-masing polidium dan BNN serta himpunan psikologi Indonesia," kata dia.

Budi mememastikan, tim dokter akan melaksanakan tugasnya secara profesional, independen, dan dapat dipercaya.

"Kami sampaikan bahwa melakukan pemeriksaan tim pemeriksa, alat pemeriksaan persis sama untuk semua paslon," ujar dia.

Setelah itu, kata Budi, tim dokter akan menggelar sidang pleno untuk menilai hasil pemeriksaan dan secara kolektif akan sampaikan kepada KPU RI.

"Setelah seluruh paslon melaksanakan pemeriksaan," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Ganjar Batal Lari Pagi ke RSPAD

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo berencana berlari dari kediamannya ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat ((RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Namun, niat itu diurungkan karena dilarang oleh tim dokter.

Ganjar Pranowo bersama pasangannya, Mahfud Md dijawalkan akan menjalani tes kesehatan sebagai bagian dari persyaratan untuk yang maju pada Pilpres 2024. Tes kesehatan dilakukan di RSPAD pada Minggu (22/10/2023).

"(Batal) kata dokter tidak disarankan olahraga," kata Ganjar kepada wartawan di kediamannya, Minggu, (22/10/2023).

Ganjar mengatakan, tim dokter juga menyarankan agar berpuasa lebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD.

Ganjar didampingi istrinya, Siti Atiqoh Supriyanti menumpangi mobil sebuah mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dengan nopol B 1573 DOE.

Ganjar mengenakan kaos kerah warna putih. Wajahnya tampak gembira dan sempat bergaya bak atlet maraton saat menyapa awak media.

Dia kemudian langsung masuk ke dalam untuk berganti pakaian yang digunakan dalam menjalani pemeriksaan kesehatan 

4 dari 4 halaman

Mahfud Tak Punya Persiapan Khusus

Bakal Cawapres Mahfud Md mengungkapkan tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi tes kesehatan hari ini, Minggu (22/10/2023). Bersama bakal capres Ganjar Pranowo, Mahfud dijadwalkan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

"Oh persiapannya standar saja ya," kata Mahfud di kediamannya, Minggu (22/10/2033).

Mahfud mengaku berpuasa sejak tadi malam sampai sekarang sebagaimana rekomendasi dari tim dokter sebelum melakukan tes kesehatan.

"Tadi malam diminta puasa sejak jam 8 dan jam 7 diharapkan sudah sampai di sana untuk memulai seluruh acara pemeriksaan kesehatan. Dan saya sudah siap," ujar Mahfud.

"Saya juga sudah beristirahat cukup lah. Istirahatnya cukup," tambah Mahfud.

Mahfud menjelaskan, kondisi kesehatannya. Walaupun berusia 66 tahun, dia tidak pernah masuk rumah sakit dan selalu berpergian.

"Insyaallah sehat," ujar dia.

Mahfud mengaku rutin melakukan medical check up. Kebetulan, ia mendapat jatah medical check up enam bulan sekali.

"Jadi saya check up dan selalu baik-baik saja. Terakhir check up kira-kira 3 bulan lalu," ujar dia.

Mahfud Md menumpangi mobil Toyota Crown Hybrid berwarna hitam dengan nopol B 1030 ZZH. Dia tiba pada pukul 07.00 WIB di RSPAD. Mahfud Md terlihat mengenakan batik cokelat lengan panjang. Dia pun melambaikan awak media yang telah datang lebih awal.

Bersama pasanganya Ganjar Pranowo kemudian langsung masuk ke dalam untuk berganti pakaian yang digunakan dalam menjalani pemeriksaan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.