Sukses

Hendropriyono Ditanya Pilih Prabowo atau Ganjar: Tidak Ikut Campur soal Pencapresan

Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono menyatakan tidak condong memberikan dukungan pada Bacapres Prabowo Subianto maupun Bacapres Ganjar Pranowo untuk maju pada kontestasi Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono menyatakan tidak condong memberikan dukungan pada Bacapres Prabowo Subianto maupun Bacapres Ganjar Pranowo untuk maju pada kontestasi Pilpres 2024. Hendropriyono ingin berhubungan baik dengan keduanya.

"Oh enggak-enggak (condong ke salah satu), malah saya berharap mudah-mudahan bisa bersatu terus kalau tidak sekarang ya besok bersatu," kata Hendropriyono saat ditanya pilih Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto usai hadir di acara penganugerahan Nawacita Award di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023).

Terlebih, dia bukanlah seorang politikus yang punya kapasitas mempengaruhi dukungan. Oleh sebab itu, dia mengaku, tidak akan ikut campur urusan pencapresan.

"Kapasitas saya bukan sebagai politikus, jadi buat saya tidak ada ikut campur dalam masalah pencapresan siapa, hanya sebagai seorang guru filsafat Pancasila," kata Hendro.

Tak Dukung Capres Tidak Pancasilais

Hendro menegaskan bakal netral. Meski begitu, dia menyebut tidak akan mendukung calon pemimpin yang tidak memiliki ideologi Pancasila.

"Iya (netral) karena antarbangsa ya kalau misalnya yang mengusung ideologi yang bukan ideologi Pancasila ya tentu saya tidak akan berpihak ke situ, tidak berdiri di situ ya," ucapnya.

Hendro mendorong para bakal calon presiden (bacapres) agar berkompetisi dengan adil dan jujur. Dia berujar, mengingatkan para bacapres dalam kapasitas sebagai seorang guru filsafat Pancasila.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jelaskan soal Isu Condong ke Prabowo Subianto

Sebelumnya, Hendropriyono disebut-sebut mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang diusung oleh KIM usai ikut hadir di acara reuni serta penganugerahan award untuk veteran eks pejuang Timtim dengan Veteran RI di Atambua di Stadion Haliwen, Atambua, Kabupaten Belu, NTT, pada Minggu 3 September 2023.

Di acara ini, Hendropriyono dan Prabowo saling tukar salam hormat satu sama lain. Selain itu, Prabowo juga sempat mengajak Hendro bernyanyi di depan masyarakat pendukung Prabowo.

Hendropriyono pun mengiyakan ajakan Prabowo tersebut. Ia menggarisbawahi soal ucapan Prabowo mengenai kesetiaan dengan suara rakyat. Oleh karena itu, mantan Ketum PKPI ini memutuskan bernyanyi lagu mengenai kesetiaan terhadap Indonesia.

"Tadi saya tarik kesimpulan sama-sama apa yang disampaikan Pak Prabowo dengan suara dari rakyat. Saya akan nyanyi bersama-sama saudara, lagunya adalah kesetiaan terhadap Indonesia," ujarnya.

Hendropriyono kemudian mengajak masyarakat untuk mengikuti lirik lagu yang akan dinyanyikannya bersama Prabowo di atas panggung.

"Saya akan nyanyi, diriku ini tolong disambut dengan Indonesia. Bangsaku ini Indonesia. Tanah airku Indonesia. Ku kan setia selamanya," ucap Hendropriyono.

Buntut hal ini, dia lantas dinilai pecah kongsi dengan sang menantu Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa yang mendukung Bacapres yang diusung PDI Perjuangan (PDIP). Bahkan, Andika telah ditunjuk menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo.

Soal ini, Hendro mengatakan, dukungan yang sama juga ditujukan untuk Ganjar Pranowo dan Megawati.

"Ketika bicara di atas panggung dalam acara reuni eks pejuang Timtim dengan Veteran RI di Atambua pada 3 September 2023 yang lalu, saya katakan setia kepada Prabowo sebagai seorang Pancasilais seperti juga kesetiaan saya kepada sahabat saya Megawati dan Ganjar yang orang-orang nasionalis," jelas Hendro. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini