Sukses

Penampilan Gibran Rakabuming Raka saat Debat Cawapres Dipuji Partai Garuda

Sepanjang rangkaian KTT ASEAN ke-43. Tercatat ada 93 kesepakatan dengan nilai bisnis sekitar USD 38,2 miliar atau sekitar Rp 583 triliun (kurs 15.273 per USD)dan teridentifikasi terdapat 73 proyek potensial dengan nilai USD 17,8 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi memuji penampilan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres pada Jumat 22 Desember 2023.

"Kami akan sampaikan lagi apa yang kami sampaikan beberapa saat lalu terkait Gibran dan rencana debat cawapres. Semua yang kami sampaikan itu terbukti dalam perhelatan debat cawapres 22 Desember 2023," ujar Teddy melalui keterangan tertulis, Jumat malam (22/12/2023).

"Pertama, Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md, kurang pengalaman dan kemampuan dalam memimpin eksekutif, itu terbukti. Kedua, Muhaimin dan Mahfud tidak pengalaman dan kemampuan dalam mengambil keputusan, terbukti. Ketiga, Gibran lebih mengerti bidang yang dikuasai Mahfud dan Muhaimin, terbukti," lanjut dia.

Keempat, lanjut Teddy, yang ingin meneruskan program hilirisasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya ada di Prabowo Subianto-Gibran.

Dia menilai, hanya Prabowo-Gibran yang menguasai materi dan berani melawan pihak asing bersama Jokowi untuk melindungi kekayaan negara ini.

"Ganjar Mahfud dan Anies Muhaimin tidak prohilirisasi, terbukti. Kelima, Gibran bicaranya singkat, padat dan jelas, terbukti. Keenam, yang menuduh Gibran anak ingusan dan tidak level adalah kelompok yang tidak memiliki nilai jual, terbukti," kata Teddy.

"Semuanya sudah terbukti, buktinya sudah dipertontonkan di media, jadi tidak perlu lagi diperdebatkan, tidak perlu sibuk mencuci piring. Masyarakat bisa melihat mana yang ingusan dan mana yang punya kemampuan. Biarkan masyarakat memilih, tidak perlu memperdebatkan perdebatan," tandas Teddy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Debat Cawapres, Gibran Komitmen Lanjutkan Program Hilirisasi

Sebelumnya, calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa ia bertekad untuk meneruskan upaya hilirisasi industri bahan mineral mentah, dalam perdagangan internasional.

"Solusi yang paling kongkrit (adalah) hilirisasi. Kita jangan mau lagi mengirim barang (mineral) mentah," ujar Gibran dalam Debat Cawapres 2023, dikutip Jumat (22/12/2023).

Gibran menegaskan, Indonesia harus mampu meningkatkan nilai tambah bahan mineral dalam negeri.

"Saya kasih contoh nikel. Dulu sebelum hilirisasi kita hanya ekspor hanya dapat USD 3 miliar. Sekaranf setelah dilirisasi bisa menjadi USD 33 miliar," ucap dia.

"Ini saya baru bicara masalah nikel, belum bauksit, timah dan lain-lain," sambung Gibran.

Sementara itu, Mahfud Md bersama pasangan calon presidennya, Ganjar Pranowo menyatakan tiga strategi perdagangan.

Pertama adalah diplomasi ekonomi, dengan mengoptimalkan diplomasi melalui para duta besar RI di luar negeri. Strategi kedua adalah melakukan perdagangan untuk mengintegrasi perdagangan nasional ke tingkat global.

Ketiga, yakni penguatan ekonomi nasional agar kualitas barang dagar lokal bisa diterima di luar negeri.

Adapun visi Capres-Wapres Urut 1, Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang menekankan pentingnya menghadirkan diplomat Indonesia menjadi pemasar yang tangguh di luar negeri.

 

3 dari 3 halaman

Kritik IKN, Gibran Sentil Cak Imin Pernah Ikutan Potong Tumpeng

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyentil cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin terkait pembangunan ibu kota negara (IKN).

“Saya izin tanggapi gus Muhaimin.Ingat sekali sempat ikut meresmikan dan ikut potong tumpeng di IKN. Ini bagaimana? Tidak konsisten. Dulu dukung, sekarang tidak dukung karena menjadi wakil Pak Anies,” ujar Gibran saat debat cawapres, Jumat (22/12/2023).

Gibran pun menjelaskan kalau pembangunan IKN sebagai simbol pemerataan pembangunan di Indonesia. “Sekali lagu gus Muhaimin, mohon maaf bukan bangunan pemerintahan. IKN simbol pemerataan pembangunan di Indonesia, simbol transformasi,” tutur Gibran.

Selain itu, ia menanggapi cawapres Mahfud MD terkait IKN. Gibran menuturkan, kalau sudah ada investor termasuk dari investor domestik yakni Agung Sedayu. Ia menilai, saat ini investor wait and see kestabilan politik. “Prof Mahfud MD, pulang debat coba google, banyak yang masuk. Agung Sedauyu, masih tambah lagi. Mereka wait and see kestabilan politik,” kata Gibran.

Debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023 mempertemukan tiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Pada debat kedua tersebut, tema yang diangkat antara lain ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD,infrastruktur dan perkotaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.