Sukses

Kata Jokowi soal Makna Acungkan Jempol ke Prabowo dan Ganjar

Presiden Jokowi menjelaskan soal dirinya yang memberikan acungan jempol kepada dua bakal calon presiden, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saat blusukan ke Pasar Grogolan, Pekalongan,

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan soal dirinya yang memberikan acungan jempol kepada dua bakal calon presiden, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saat blusukan ke Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa 29 Agustus 2023. Jokowi menilai, tidak ada yang salah dari acungan jempol itu ke Prabowo dan Ganjar.

"Ya enggak apa-apa kan bareng-bareng. Kan saya punya jempol punya jari," kata Jokowi kepada wartawan di ICE BSD Tangerang, Kamis (31/8/2023).

Saat ditanya maksud dari acungan jempol itu, Jokowi menolak disangkutpautkan dengan kode.

"Kamu ini dikit-dikit kode," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Ada momen menarik saat Presiden Jokowi meninjau Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa 29 Agustus 202). Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam video yang diunggah Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana di akun Instagramnya, Prabowo dan Ganjar Pranowo  terlihat akrab. Dua bakal calon presiden (bacapres) 2024 itu bahkan saling merangkul, menjabat tangan dan melempar senyum sumringah saat para warga meneriaki namanya.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi yang berada di samping keduanya juga tersenyum semringah. Jokowi menunjuk dan Prabowo dan Ganjar serta mengancungkan jempolnya.

Ari Dwipayana menjelaskan bahwa momen tersebut terjadi di Pasar Grogolan Pekalongan. Saat itu, kata dia, Ganjar dan Prabowo merespon teriakan masyarakat yang meminta bersamalan serta berfoto.

"Pak Prabowo merangkul pundak Pak Ganjar dan mereka berdua salam komando," ujar Ari kepada wartawan, Selasa (29/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Didampingi Prabowo dan Ganjar Saat Kunker ke Pekalongan

Ari pun membenarkan Jokowi menunjuk dan mengacungkan jempol kepada Prabowo dan Ganjar. Jokowi juga tertawa melihat interaksi keduanya.

"Melihat itu (Prabowo dan Ganjar), Pak Jokowi menoleh ke arah mereka berdua dan selanjutnya menunjuk-nunjuk ke arah Pak Ganjar dan Pak Prabowo bergantian sambil memberi tanda jempol dan lalu tertawa," jelasnya.

Ari membantah bahwa interaksi tersebut bagian dari gimmick politik. Dia menyebut bahwa Presiden Jokowi memang kerap blusukan ke pasar apabila melakukan kunjungan ke daerah.

Hanya saja, kebetulan kali ini Jokowi mengajak Prabowo dan Ganjar. Sebab, ketiganya baru saja menghadiri pembukaan Muktamar Sufi Internasional di Kota Pekalongan serta makan siang bersama.

"Kan Pak Presiden Jokowi saat ke kunker ke daerah selalu cek ketersediaan bahan-bahan pokok dan stabilitas harga," tutur dia.

"Pas kunker (kunjungan kerja) di Pekalongan, beliau didampingi oleh Pak Ganjar dan Pak Prabowo usai makan siang bersama di rumah makan Teras Bali Pekalongan," sambung Ari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • ganjar

  • Jempol

Video Terkini