Sukses

PAN Puji Karakter Prabowo: Tegas, Setia Kawan, Baik Hati

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyebut Prabowo merupakan sosok yang tegas dan baik hati.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) memuji Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai sosok yang memiliki banyak kelebihan.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyebut Prabowo merupakan sosok yang tegas dan baik hati. Untuk diketahui, dalam dua pilpres terakhir, PAN memang selalu mendukung pencapresan Prabowo.

"(Prabowo) orangnya tegas, memiliki visi leadership (kepemimpinan) kuat, setia kawan, baik hati, berpandangan futuristik," ujar Yoga saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (21/7/2023). 

Diakuinya, PAN sebenarnya sudah mendekati Gerindra belum lama ini. Namun, lanjut dia, PAN belum memutuskan siapa yang akan menjadi koalisi atau calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) terpilih pada Pilpres 2024.  

Memang, PAN sudah mengakui ingin mendorong Menteri BUMN Erick Thohir untuk mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada pemilihan presiden mendatang.  

"Sang Arjuna masih mencari cinta. Semua masih cair dan dinamis. Jadi kita tunggu saja kerja sama politik dalam beberapa pekan ke depan di semua parpol," pungkas Yoga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PAN Menghitung Peluang Menang Jika Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo

Menteri BUMN Erick Thohir rutin berhubungan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024 . 

Fakta itu semakin dipertegas setelah Prabowo memposting pertemuan dirinya dengan Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Bogor, pada Minggu, 16 Juli 2023 kemarin.  

Wakil Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya menghitung peluang kemenangan partainya sebelum menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum Gerindra itu di Pilpres 2024.  

Ia mengatakan PAN berpedoman pada dua hal. Pertama, pantau realitas objektif di lapangan.  

"Yang pertama memonitor realitas objektif di lapangan. Yang kedua hasil survei," ujar Viva kepada wartawan pada Jumat, (21/7/2023). 

Kedua hal tersebut lanjut Viva akan dikaji dan dianalisis untuk kemudian diputuskan oleh Ketua PAN, Zulkifli Hasan, yang akan menjadi tumpuan PAN.  

"Sekarang PAN belum memutuskan," ucapnya. 

Namun, selama ini PAN menilai Prabowo sebagai sosok yang teguh dengan visi kepemimpinan yang kuat.   

3 dari 3 halaman

PAN Usung Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo, Ini Kata PKB

PAN mendorong Menteri BUMN Erick Thohir menjadi pendamping Prabowo Subianto. PKB menilai PAN harus duduk dulu dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Prabowo sebelum mengajukan nama.

"Jadi sah-sah saja kalau PAN mau ngajuin siapa, tapi harus lihat juga bahwa PKB sudah lebih dahulu, kalau PAN mau ngajuin siapa harus ngobrol sama Gus Imin juga, tidak hanya Pak Prabowo," kata Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun A Syamsurijal kepada wartawan, Kamis (20/7/2023).

Cucun menganggap PAN sebagai partai politik berhak mengajukan nama calon wakil presiden Prabowo pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Meski begitu, kata dia, PKB dan Partai Gerindra sebelumnya telah mencapai kata sepakat.

"Ya itu haknya PAN. Tapi kita ingatkan dari awal PKB dan Gerindra sudah sejak awal kita duduk bareng menandatangani suatu kesepakatan perjanjian nanti yang tetap mengambil keputusan Pak Prabowo dan Gus Imin," jelasnya.

PKB sejak awal bersikeras bahwa partainya telah mencalonkan Cak Imin sebagai calon presiden 2024.

"Kita tidak berandai-andai. Tegas bahwa PKB Gus Muhaimin adalah dari awal amanat muktamar adalah presiden beliau. Kalau misalkan nanti bergeser jadi wakil presiden, itu keputusan hasil daripada perkembangan bagaimana dinamika politik," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini