Sukses

Pengamat: Budiman Sudjatmiko ke Kertanegara, Sinyal Jokowi ke Prabowo Subianto Semakin Kuat

Pengamat Politik Ujang Komarudin menyebut, dukungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk menjadi calon presiden (capres) 2024 semakin total dan terlihat.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Ujang Komarudin menyebut, dukungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk menjadi calon presiden (capres) 2024 semakin total dan terlihat.

Menurut Ujang, teranyar adalah datangnya aktivis sekaligus Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko menemui Prabowo Subianto.

"Budiman itu aktivis, kader PDIP juga, dekat dengan Jokowi terang benderang datang menghadap Pak Prabowo dan mengatakan bahwa Indonesia butuh pemimpin terbaik, salah satunya Pak Prabowo," ujar Ujang dalam keterangan diterima, Kamis (20/7/2023).

Ujang menambahkan, kedatangan Budiman bukan sekedar diskusi ringan dan silaturahmi dengan Prabowo, melainkan memberikan arah yang jelas terhadap dukungan dari orang dekat Jokowi.

Apalagi, kata dia, melalui pernyataan Budiman yang berharap Prabowo terus sehat, teruskan tunaikan tugas, hingga menilai Indonesia layak untuk mendapatkan orang terbaik.

"Jadi sangat jelas Budiman menyatakan dukungan itu seusai pertemuan di kediaman Prabowo melaui pernyataannya," yakin Ujang.

Selain soal Budiman, Ujang juga menangkap dukungan kepada Prabowo dari Jokowi semakin total ketika Jokowi melantik Ketum Projo (Pro Jokowi) Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Kominfo. Sebab Budi Arie dalam beberapa kesempatan juga menunjukkan kedekatan dan ke Prabowo.

"Arah dukungan Jokowi makin hari makin ke depan kelihatannya akan total dukung Prabowo semacam kode keras bagi capres cawapres lain sesungguhnya bahwa yang akan didukung oleh Jokowi itu adalah Prabowo," Ujang menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko Temui Prabowo di Kertanegara, Bahas Apa?

Sebelumnya, Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko bertandang ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara Nomor 04 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa malam 18 Juli 2023.

Budiman bersama rombongan tiba pukul 18.56 WIB. Kepada awak media, Budiman menjelaskan, pertemuan dengan Prabowo sebatas diskusi semata.

"Ya kita ingin diskusi saja dengan Pak Prabowo," kata Budiman, Selasa 18 Juli 2023.

Budiman mengaku, ini bukan pertama kalinya berdiskusi dengan para tokoh. Sebelumnya, ia juga pernah berdiskusi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo

"Saya kan sering diskusi dengan tokoh-tokoh dengan Pak Luhut, Bu Mega tentu saja dengan Pak Jokowi ini. Ini sosok nasionalis yang menurut saya pikiran-pikirannya menarik untuk kita diskusikan untuk kita gali," ucap dia.

Kehadiran Budiman berserta rombongan disambut langsung Prabowo di teras rumahnya. Keduanya pun menyempatkan menyapa awak media sebelum masuk ke dalam.

 

3 dari 3 halaman

Puan Maharani Angkat Suara

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani angkat suara soal rencana pertemuan Budiman Sudjatmiko dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Puan mengaku tidak mempermasalahkan pertemuan tersebut.

"Saya enggak tahu apakah itu ada perintah tapi yang saya bisa sampaikan bahwa semuanya boleh saja bersilahturahmi," kata Puan di Inews Tower, Jakarta, Selasa 18 Juli 2023.

Menurut Puan, pertemuan tersebut merupakan hal yang positif untuk mendiskusikan masa depan bangsa dan negara.

"Jadi ya nanti sesudah pertemuan kita dengar apa yang sebenarnya dibicarakan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.