Sukses

PDIP Klaim Kaesang Maju Pilkada Depok Bukan Politik Dinasti Jokowi, karena Sudah Beda KK

Menurut Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, langkah politik yang dilakukan Kaesang Pangarep maju Pilkada Depok bukan politik dinasti.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPC PDIP Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menanggapi, rencana putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep, yang akan maju Pilkada Kota Depok. Menurut Hadi, langkah politik yang dilakukan Kaesang bukan politik dinasti.

"Kalau politik dinasti masih dalam satu keluarga, KK (kartu keluarga) itu lho, Pak Presiden kan sudah sendiri sama Ibu, Mas Kaesang sendiri, Mas Wali KK sendiri, Mbak Kahiyang KK sendiri," ungkap Hadi dilansir dari Antara, Jumat (16/6/2023).

Sebelum mencalonkan diri sebagai kepala daerah, kata Hadi, sebaiknya Kaesang Pangarep segera mendaftarkan diri menjadi kader partai terlebih dahulu, mengingat waktu penyelenggaraan pilkada yang makin mepet.

"Mas Kaesang kalau mau maju segera saja, karena tinggal setahun. November kan," ucap Hadi.

Hadi mengaku, siap memenangkan Kaesang jika maju sebagai kepala daerah pada Pilkada 2024 melalui PDI Perjuangan.

"Kalau PDIP siapa pun yang dicalonkan, yang direkomendasikan ketua umum, hukumnya wajib dilaksanakan dan dimenangkan," tuturnya.

Sementara itu, dikatakannya, saat ini sudah masanya generasi X dan Z untuk ikut meramaikan bursa Pilkada 2024.

"Yang muda-muda punya visi ke depan dibandingkan saya, Pak Pur (mantan Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo), kan wis tuo-tuo tho (sudah tua). Pikiran-nya itu-itu saja, langkahnya juga enggak bisa cepat," katanya.

Sebelumnya, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengaku, siap maju menjadi calon Wali Kota Depok. Hal ini diungkapkan Kaesang di akun youtubenya, Kaesang Pangarep. Kaesang mengaku sudah mendapat restu dari keluarganya untuk maju di Pilkada Kota Depok 2024.

"Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya insya Allah saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama, mohon dukungannya, merdeka," ujar Kaesang, Sabtu 10 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Jokowi soal Kaesang Mau Maju Pilkada Depok 2024

Menanggapi putranya, Kaesang Pangarep, yang mau maju Pilkada Depok 2024, Presiden Jokowi menyerahkan keputusan sepenuhnya ke putranya tersebut.

"Saya itu terbiasa ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya ada sudah di mereka," kata Jokowi kepada wartawan, Rabu (14/6/2023).

Ketika ditanya apakah Jokowi akan memberikan restu jika Kaesang maju di Pilkada Depok, Jokowi menjawab bahwa tugas sebagai orang tua adalah merestui dan mendoakan. Namun, keputusan untuk maju atau tidaknya, Jokowi meminta agar menanyakan langsung ke Kaesang.

"Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan," kata dia.

Jokowi mengatakan akan memberikan saran jika diminta Kaesang. Namun jika tidak dimintai saran, dia mengaku akan menyerahkan sepenuhnya ke putra bungsunya itu.

"Kalau saya ditanya, saya pasti memberikan saran, tetapi kalau saya tidak ditanya saya pasti tidak memberikan saran. Tanyakan langsung ke Kaesang," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.