Sukses

Survei Indikator Politik Indonesia, Prabowo Ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbarunya mengenai calon presiden pilihan masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbarunya mengenai calon presiden pilihan masyarakat Indonesia.

Alhasil, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan menduduki tiga teratas capres pilihan masyarakat.

Saat masyarakat disodorkan empat nama simulasi capres, Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama dengan raihan angka 35,2 %, di posisi kedua yakni Ganjar Pranowo dengan raihan 33,0 %, dan di posisi ketiga ada Anis Baswedan dengan angka 19,8 %.

"Sementara Airlangga dengan raihan 2,0 %, tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 10,0 %," ujar peneliti Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam pemaparannya secara virtual, Minggu, (4/6/2023).

Kemudian saat disumalasi diubah menjadi tiga nama, maka nama Prabowo tetap berada di posisi pertama disusul Ganjar Pranowo di peringkat kedua dan Anies Baswedan ketiga.

Prabowo Subianto dengan raihan 38,0 %, Ganjar Pranowo 34,2 %, Anies Baswedan 18,9 % Tidak tahu atau tidak jawab 8,8 %.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1230 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of errorsurvei diperkirakan ± 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei SRS

Sebelumnya, Lembaga Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil penelitiannya, yang salah satunya memantau elektabilitas tokoh yang disebut akan maju di Pemilu 2024 sebagai calon presiden (capres).

Adapun nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meraih posisi pertama. Bahkan, saat disimulasikan tiga nama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hasilnya sama.

Peneliti SRS mengatakan, Fishya Amina Elvin mengatakan, pada survei SRS Januari 2023, elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Timur masih bersaing ketat dengan Ganjar Pranowo dalam simulasi tiga capres. Saat itu tingkat elektabilitas Prabowo sebesar 42,1%, hanya terpaut sangat tipis dari elektabilitas Ganjar sebesar 41,9%.

"Namun berdasarkan hasil survei SRS kali ini dapat dikatakan Prabowo Subianto telah meninggalkan Ganjar di Jawa Timur. Elektabilitas Prabowo kini telah leading 5%," jelas dia dalam keterangannya, Minggu (4/6/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini