Sukses

Bertemu Ulama Banten, Ganjar Pranowo: Mereka Mendoakan Saya di Pilpres

Ganjar Pranowo juga mendapat pesan khusus dari tokoh agama dan ulama di Banten. Salah satunya, terkait merawat perbedaan yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan, mendapat dukungan luar biasa dari ulama Banten, khususnya terkait Pilpres. Menurut dia, ulama di Banten mendoakannya agar berhasil di Pilpres 2024.

"Mereka (ulama) mendoakan saya. Dari sorot mata dan bisikannya, Insyaallah Pak Ganjar, saya doakan. Itu saya terjemahkan dukungan yang luar biasa," kata Ganjar kepada wartawan di Pandeglang, Banten, Minggu (28/5/2023).

Gubernur Jawa Tengah itu melakukan safari politik di Serang, Banten pada 27 dan 28 Mei 2024. Dalam safari politiknya, Ganjar melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, kiai, hingga ulama di Banten.

"Tentu tugas manusia itu ikhtiar, lahir, maka kami bersilaturahmi tapi batinnya tetap harus berdoa," ujarnya.

Ganjar juga mendapat pesan khusus dari tokoh agama dan ulama di Banten. Salah satunya, terkait merawat perbedaan yang ada di Indonesia.

"Mereka menyampaikan, eh kami itu dulu sangat terbiasa dengan perbedaan, kami ini dulu sangat terbiasa dengan memberikan fasilitas-fasilitas untuk rumah ibadah, agama apapun. Maka disitu disampaikan kepada saya, bahwa inilah yang hari ini musti kita rawat. Inilah yang harus kita rawat hari ini," tutur Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Silaturahmi dengan Tokoh Banten

Sebelumnya, Ganjar Pranowo melakukan silaturahmi dengan ulama kharismatik Banten, Kiai Haji Ahmad Muhtadi bin Dimyathi al-Bantani, atau yang lebih dikenal dengan Abuya Muhtadi di Ponpes Roudatul Ulum, Cidahu, Pandeglang, Minggu (28/5/2023).

Ganjar menjelaskan dirinya mendapat nasihat dari Abuya Muhtadi. Menurut dia, Abuya Muhtadi sempat menanyakan hal yang pribadi dan tentang keluarga.

"Beliau bertanya tentang keluarga saya. Kita senang mendapat banyak nasihat dari orang tua kita. Mudah-mudahan (nasihat-red) bermanfaat," kata Ganjar sambil berpamitan ke Abuya.

Ganjar juga bersilahturahmi dengan tokoh masyarakat Banten KH Embay Mulya Syarief. Pertemuan itu pun berlangsung tertutup selama 20 menit di dalam kediaman Embay.

Tak hanya itu, Ganjar mengaku mendapat petuah-petuah dari para tokoh Kesultanan Banten. Menurut dia, Kesultanan Banten menjadi tempat untuk belajar mengenai toleransi.

"Untuk mendapatkan petuah dari orang tua kan begitu agar semuanya ingat, agar semuanya ingat, dan ditunjukkan banyak tokoh dari Banten ini kalau mau belajar toleransi ya di sini," jelas Ganjar di Kesultanan Banten, Minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.