Sukses

Erick Thohir Dinilai Figur Cawapres Kompeten yang Paling Kuat Diusung di Pilpres 2024

Peluang Erick Thohir cawapres makin terbuka bila dikuatkan dengan pertumbuhan elektabilitas yang konsisten positif.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi figur calon presiden (cawapres) paling kompeten yang dapat diusung di Pilpres 2024. Erick menjadi rising star yang memiliki tren elektabilitas konsisten teratas.

Pengamat Politik Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan, Erick Thohir saat ini berada di atas panggung strategis. Sehingga namanya semakin dilirik partai politik (parpol) sebagai cawapres.

“Erick Thohir muncul saat yang tepat, di mana 2024 nanti ada kesan tren yang terbangun adalah hadirnya tokoh-tokoh baru dalam kancah Pilpres,” ucap Dedi dikutip Kamis (25/5/2023).

Dia mengungkapkan, peluang Erick Thohir cawapres makin terbuka bila dikuatkan dengan pertumbuhan elektabilitas yang konsisten positif. Karenanya tidak mengherankan bila Erick Thohir semakin diunggulkan.

Karena berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 30 April - 5 Mei 2023, elektabilitas Erick Thohir sukses tempati daftar teratas. Pada simulasi lima nama, Erick Thohir berhasil meraih elektabilitas sebesar 18,8 persen.

Kondisi tersebut, dia melanjutkan, juga tidak terlepas dari kinerja gemilang Erick Thohir yang mampu menciptakan dampak positif besar. Lebih dari itu, bahkan mampu meringankan beban hidup masyarakat.

Menurut dia, besarnya pandangan positif dari masyarakat kian membawa berkah elektoral bagi Erick Thohir. Sehingga membuat figurnya menjadi potensial sebagai cawapres pada Pilpres mendatang.

“Hal itu juga situasi kepercayaan publik pada partai yang kian surut. Itulah sebab mengapa Erick Thohir punya peluang cukup bagus saat ini,” jelas Dedi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir semakin menguat menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Peluang Erick Thohir cawapres terbuka lebar berkat tingkat elektabilitas yang konsisten berada di daftar teratas.

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran Idil Akbar menilai, amunisi kuat Erick Thohir terletak pada tingkat elektabilitas yang semakin kokoh. Sehingga dapat dijadikan amunisi untuk ikut pertarungan elektoral mendatang.

"Erick Thohir sejauh ini mungkin paling tinggi dalam soal elektabilitas,” ungkap Idil dikutip Rabu (24/5/2023).

Kondisi tersebut, lanjut dia, tidak terlepas dari raihan elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres yang terus melonjak signifikan. Posisi Erick Thohir bahkan mampu bersaing dengan figur lainnya.

Terekam dari hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 30 April - 5 Mei 2023, elektabilitas Erick Thohir konsisten tempati daftar teratas. Pada simulasi lima nama, Erick Thohir berhasil meraih elektabilitas sebesar 18,8 persen.

Meski begitu, dia berpandangan, kekuatan Erick Thohir tidak sebatas elektabilitas di posisi teratas. Kinerja mentereng Erick Thohir, menurut dia, juga turut menciptakan dampak positif elektoral besar di masyarakat.

“Tapi bagaimana juga instrumen lain mampu untuk mengusung dia (Erick Thohir) sebagai cawapres," terang Idil.

Dia menyebut, lanjut dia, sejumlah kebijakan Erick Thohir banyak meringankan beban hidup masyarakat. Hal itu menjadikan Erick Thohir semakin menjadikan figur cawapres pilihan untuk Pilpres mendatang.

“Saya pikir faktor ini yang bisa saya tangkap. Kenapa kemudian Erick Thohir itu cukup dikenal di masyarakat” jelas Idil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.