Sukses

Usai Deklarasi, Hanura Atur Strategi Menangkan Capres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta mengumpulkan Ketua DPD dan Bappilu seluruh Indonesia untuk konsolidasi menangkan capres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura langsung tancap gas untuk memenangkan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2024.

Setelah melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo, partai yang dipimpin Oesman Sapta itu langsung menggelar konsolidasi dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) seluruh Indonesia.

Rapat konsolidasi pemenangan Ganjar dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh pengurus DPP, DPD, dan Ketua Bappilu Partai Hanura se-Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Oso, sapaan akrabnya mengatakan, Partai Hanura bergerak cepat untuk menindaklajuti keputusan partai, yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. Oleh karena itu, pihaknya langsung menggelar konsolidasi dengan seluruh DPD Partai Hanura di Jakarta, Kamis 27 April 2023.

"Langkah ini diambil untuk memperkuat soliditas, sekaligus merumuskan strategi pemenangan partai dan Calon Presiden yang telah didukung Hanura di Pemilu 2024. Alhamdulillah seluruh Ketua DPD dan Ketua Bappilu Partai Hanura hadir semua," ujar Oso, Kamis 27 April 2023.

Menurut dia, DPP Partai Hanura telah mengintruksikan kepada pengurus dan kader di seluruh Indonesia untuk memegang teguh prinsip perjuangan politik partai dan kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres mendatang.

"Sebab, kemenangan capres kami dukung menyangkut harga diri partai. Kami tidak ada kompromi soal itu," ucap Oso.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanura Berpihak pada Daerah

Oso yang juga merupakan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2017-2019 ini menambahkan, Hanura harus terlibat langsung dalam pengambilan keputusan politik penting di daerah maupun di tingkat nasional.

Pasalnya, kata dia, pengambilan keputusan tersebut akan menentukan arah bangsa ke depan.

"Hanura adalah partai yang memiliki prinsip ideologis, yang berpihak kepada daerah. Berkali kali-kali saya katakan, tidak ada Indonesia maju jika daerahnya tidak maju. Jadi, berpihak pada daerah merupakan sikap mutlak yang harus menjadi pikiran dan jiwa raga setiap kader Partai Hanura di seluruh Indonesia," tegas Oso.

Diketahui, rapat konsolidasi DPP Partai Hanura menghasilkan sejumlah keputusan strategis. Di antaranya, menghasilkan 10 butir alasan Partai Hanura mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 yang harus harus dipegang tegus seluruh kader, serta membentuk tim pemenangan Ganjar Pranowo di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura Oesman Sapta mendukung keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mencalonkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden atau Capres 2024.

Oso, sapaan akrabnya memastikan, Partai Hanura turut menjadi pengusung Ganjar Pranowo di Pemilu Presiden atau Pilpres 2024.

"Hari ini, kita melihat Ibu Megawati, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Mas Prananda Prabowo dan Mba Puan, mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (capres). Kehadiran Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo, memberi sinyal positif terhadap keberlangsungan program-program pembangunan ke depan," ujar Ketum Partai Hanura Oso melalui keterangan tertulis, Jumat 21 April 2023.

 

3 dari 4 halaman

Deklarasi Hanura Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

Oso meyakini, Ganjar akan melanjutkan berbagai program dan kebijakan pro rakyat, yang telah dilaksanakan oleh Presiden Jokowi.

Karenanya, lanjut Oso, kehadiran dan penegasan sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam deklarasi tersebut, menjadi salah satu faktor pemberian dukungan terhadap pencapresan Ganjar.

"Deklarasi ini menjadi momentum sejarah, sekaligus kesinambungan arah pembangunan bangsa. Kami meyakini, keberlangsungan pembangunan di negara ini bisa terjamin," tegas Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2017-2019 ini.

Wakil Ketua MPR Periode 2014-2019 RI ini menambahkan deklarasi pencalonan Ganjar di tengah peringatan Hari Kartini, merupakan pilihan waktu yang tepat.

"Peringatan Hari Kartini menjadikan deklarasi tersebut sebagai momentum sejarah, sekaligus masa depan Bangsa Indonesia," jelas Oso.

 

4 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Resmi Ditetapkan Jadi Capres PDIP

Sebelumnya, teka teki capres yang diusung PDIP kini terjawab sudah. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan nama Ganjar Pranowo untuk diusung maju sebagai Capres dalam Pilpres 2024.

Penetapan itu disampaikan Megawati dengan dihadiri langsung Ganjar Pranowo, sejumlah elite PDIP, dan juga Presiden Jokowi. Penetapan itu digelar di Istana Batutulis, Bogor, Jumat 21 April 2023.

"Pada hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang non-diskriminatif setara dan dijamin oleh konstitusi negara maka pada jam 13.45 WIB, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia perjuangan," kata Megawati.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sebelumnya menegaskan seluruh anggota dan kader bersikap bijak terhadap berbagai isu capres.

Hasto memita semua kader bersiap diri, sebab setiap saat Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri bisa menemukan momentum yang tepat untuk mengumumkan calon definitif yang akan diusung oleh partai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.