Sukses

Disambut Baik dukungan PPP dan Hanura untuk Ganjar Pranowo, Basarah: Genetik Politik PDIP adalah Partai Gotong Royong

Partai Persatuan Pembangunan telah mengumumkan mendukung kader PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Di mana, sebelumnya Hanura juga sudah resmi mengumumkan hal yang sama.

Liputan6.com, Jakarta Partai Persatuan Pembangunan telah mengumumkan mendukung kader PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Di mana, sebelumnya Hanura juga sudah resmi mengumumkan hal yang sama.

Terkait hal tersebut, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, partainya menyambut baik dukungan kedua parpol tersebut terhadap Ganjar Pranowo.

“Dukungan tersebut telah memenuhi standar etika politik karena hal itu dideklarasikan setelah partai tempat dimana Ganjar Pranowo dilahirkan dan dibesarkan sudah lebih dahulu menetapkan dan mengumumkan pencapresan Ganjar,” kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (26/4/2023).

Dia menegaskan, dalam pasal 6A ayat 2 UUD 1945 sendiri memang telah diatur bahwa Capres dan Cawapres diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik.

“Kami berharap dukungan PPP dan Hanura tersebut akan dapat bersinergi positif dan berkontribusi untuk kemenangan Ganjar dan cawapresnya dalam Pilpres 2024 yang akan datang,” jelas Basarah.

Dia menyampaikan, PPP dan Hanura tercatat sebagai partai politik yang memang sudah pernah punya rekam jejak bekerja sama politik dengan PDIP. Saat Megawati Soekarnoputri menjadi Presiden tahun 2001-2004 lalu berdampingan dengan kader PPP Hamzah Haz sebagai Wakil Presidennya. Semantara Hanura sudah bekerja sama dengan PDIP dalam Pilpres 2014 dan 2019 lalu.

“Sikap positif PDI Perjuangan atas dukungan PPP dan Hanura tersebut karena memang genetik politik dan watak dasar PDI Perjuangan adalah partai gotong royong yang senantiasa ingin membangun kerja sama konstruktif dengan berbagai elemen bangsa dalam membangun bangsa dan negara,” ungkap Basarah.

“Tidak mungkin bangsa dan negara yang begitu besar potensinya ini hanya dikelola sendirian oleh PDI Perjuangan atau oleh siapapun juga,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Ada Parpol Lain Dukung Ganjar Pranowo

Basarah pun meyakini dan percaya, akan ada lagi parpol dan juga elemen-eleman bangsa yang lain yang akan mendukung pencapresan Ganjar Pranowo.

“Kami akan sentiasa membuka diri sepanjang sama sama memiliki kesamaan ideologi, platform perjuangan dan kaidah kaidah demokrasi lainnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Persatuan Pembangunan resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang diusung untuk Pemilu 2024. Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Ketua Umum PPPMuhammad Mardiono usai rapat pimpinan nasional (Rapimnas) di Sleman, Yogyakarta.

"Setelah musyawarah dan diskusi mendalam dengan mengucap bismilah PPP memutuskan Bapak Haji Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Indonesia pada Pemilu 2024," kata Mardiono diiringi suasana hujan saat jumpa pers di Sleman, Yogyakarta, Rabu (27/4/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.