Sukses

Jokowi Ajak Pendukungnya Pakai Baju Putih Saat Pencoblosan Pilpres 2019

Jokowi mengajak para pendukungnya di Sumsel untuk menggunakan hak suara di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Palembang - Kampanye akbar Joko Widodo (Jokowi) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (2/4/2019), diramaikan oleh ribuan pendukungnya di sepanjang Jalan Radial hingga Jalan POM IX Palembang.

Jokowi yang diarak dengan mobil kapal bernuansa khas Sriwijaya ini, langsung melanjutkan kampanyenya di Aula PSCC Palembang. Jokowi juga mengajak para pendukungnya untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 2019.

“Tanggal 17 April 2019 nanti harus datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Gunakan baju putih, karena yang dicoblos adalah (capres) yang bajunya putih,” kata Jokowi disambut sorakan dukungan dari para pendukungnya.

Capres nomor urut 1 ini menjelaskan jumlah Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang sudah dikucurkan untuk penyelenggaraan Pemilu 2019. Untuk perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 saja, pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar Rp 25 Triliun.

“Saya ingin mengajak semuanya, agar bisa memberitahu keluarga, tetangga dan teman lainnya, untuk bersama-sama datang ke TPS, untuk menggunakan hak pilihnya,” ujar Jokowi.

Jokowi mengimbau agar tidak ada yang memilih golongan putih (Golput) saat Pemilu 2019, yang digelar pada 17 April 2019.

Untuk kesekian kalinya datang ke Palembang, mantan Gubernur DKI Jakarta ini masih merasa takjub dengan keberagaman Sumsel. Karena semua tradisi, adat, budaya, suku dan agama ada di Sumsel.

Kota Palembang sebagai Ibu Kota Sumsel sendiri, dianggapnya sebagai salah satu miniatur Indonesia. Bahkan dia sangat senang saat pawai diarak oleh peserta pawai yang menggunakan berbagai jenis pakaian adat di Indonesia.

Di tengah kampanye, Jokowi kembali mengenalkan tiga kartu ‘sakti’ terbaru, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Sembako Murah (KSM) dan Kartu Prakerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenalkan 3 Kartu

“Tiga kartu ini baru akan diluncurkan tahun depan. Karena baru dianggarkan tahun ini. Jadi masyarakat Indonesia bisa menggunakan kartu ini untuk kuliah, mendapatkan sembako murah dan untuk yang belum mendapatkan pekerjaan,” ucapnya.

Yustini (53), warga Kelurahan 13 Ilir Palembang yang datang ke kampanye Jokowi, merasa senang bisa melihat langsung sosok capres nomor urut 1.

“Sempat melihat walau dari jauh, karena ramai sekali pendukungnya saat pawai dan di dalam Aulau PSCC Palembang ini,” katanya.

Salah satu alasannya mendukung Jokowi, karena sosok mantan Wali Kota Solo ini mempunyai kinerja yang bagus.

“Jokowi sudah menunjukkan kerja bagus untuk masyarakat Indonesia. Jadi saya tetap memilih Jokowi, salah satunya dengan hadir di sini,” ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.