Sukses

Kampanye di Mamuju, Jokowi dan Iriana Naik Becak Sapa Warga

Jokowi melakukan kampanye terbuka di Lapangan Ahmad Kirang Kelurahan Binanga Kecamatan Mamuju.

Liputan6.com, Jakarta - Capres Joko Widodo atau Jokowi melakukan kampanye terbuka di Lapangan Ahmad Kirang Kelurahan Binanga Kecamatan Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/3/2019). Jokowi ditemani Iriana memilih menaiki becak menuju lokasi kampanye.

Berdasarkan pantauan, Jokowi dan Iriana yang mengenakan kemeja putih tiba di perempatan Jalan Sultan Hasanuddin dan Jalan Ahmad Kirang pada pukul 15.03 WITA. Keduanya pun turun dari mobil dan menaiki becak menuju titik kampanye.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi kampanye, Jokowi dan Iriana diiringi oleh para masyarakat Sulawesi Barat. Mereka meneriaki nama capres petahana itu.

"Jokowi... Pak Jokowi, Pak Jokowi, lihat sini Pak," ucap para warga.

Sesekali Jokowi meladeni para warga yang ingin bersalaman dan berswafoto dengannya. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu megambil salah satu handphone milik warga dan berselfie bersama.

Sebelum ke Mamuju, Jokowi terlebih dahulu menyapa pendukungnya di Balikpapan, Kalimantan Timur. Jokowi menargetkan meraih minimal 70 persen suara di Kalimantan Timur pada Pilpres 2019.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut pada Pilpres 2014, saat dirinya berpasangan dengan Jusuf Kalla perolehan suara di Kaltim mencapai 63,37 persen. Khusus Pilpres 2019, cukup realistis memasang target di atas 70 persen setelah berkampanye di Balikpapan.

Usai berkampanye di Balikpapan dan Mamuju, Jokowi akan kembali ke Jakarta pada sore hari. Dia mempersiapkan diri menghadapi Debat Pilpres 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Jokowi

Dalam pidato kampanyenya, Jokowi berjanji menuntaskan jalan di beberapa kabupaten di Sulawesi Barat. Adapun jalan yang dijanjikan pengerjaannya oleh Jokowi adalah jalan Mamuju, Tabang, Mamasa sepanjang 50 km.

Di hadapan ribuan pendukungnya, capres petahana itu juga berjanji akan membangun akses jalan Kota Mamuju-Bandara Tampa Padang Mamuju dan pelabuhan.

"Jalan Mamuju, Mamasa, Tabang, Toraja masih kurang 50 km lagi saya sampaikan sore hari ini segera akan kita selesaikan. Saya dapat bisikan lagi jalan arteri Kota Mamuju menuju bandara, pelabuhan laut masih kurang 30 km lagi perlu dibangun tidak? Cepat atau nanti-nanti? Ini akan kita bangun secepat-cepatnya. Insyaallah kita selesaikan 2020 rampung kita akan kerja cepat," Ujar Jokowi.

Seperti pada kampanye sebelumnya, Jokowi juga kembali mengingatkan kepada seluruh pendukungnya agar tidak terpengaruh dengan segala kabar bohong yang menyerangnya ataupun calon Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

Kendati dalam satu kelompok sosial terdapat perbedaan politik, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengimbau agar tetap menjaga kerukunan.

"Saya sangat sedih karena urusan pilihan Gubernur, pilihan Bupati, pilihan Presiden kita sering menjadi tidak tegur sapa. Ada loh tapi tidak di Sulawesi Barat," tandasnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.

    Iriana Jokowi

  • Pilpres 2019