Sukses

Surya Paloh: Nasdem Lebih Pentingkan Pemenangan Jokowi Dibanding Caleg

Dia juga ingin para calon wakil rakyat NasDem bisa menang di parlemen. Namun, pilihan utama tetap di pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umun Partai Nasdem Surya Paloh memberikan pengarahan internal kepada calon legislatif 2019 kabupaten Bungo dan Tebo di hotel Semagi, Kabupaten Muara Bungo, Jambi.

Di hadapan para caleg, Surya membeberkan bahwa fokus pemenangan Nasdem untuk paslon Jokowi-Ma'ruf lebih penting dibanding caleg.

"Kita bertekad untuk itu. Jadi kalau masih ada partai politik yang menyatakan 'yang kita pentingkan itu adalah calon legislatifnya, calon presidennya nomor dua, nah kita berbeda, kita katakan di Nasdem justru calon presidennya lebih penting daripada calon legislatifnya di partai ini," kata Surya dalam sambutannya, Sabtu (2/3/2019).

Dia juga ingin para calon wakil rakyat Nasdem bisa menang di parlemen. Namun, pilihan utama tetap di pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Kita ingin caleg-caleg kita juga terpilih, itu jelas. Tapi kalau memang disuruh pilih lagi mana yang lebih penting calegnya ada calon presiden? calon presidennya," ucap Surya.

Alasannya, kata dia, sistem yang digunakan Indonesia adalah presidensial. Maka dari itu, seluruh persoalan kehidupan kebangsaan sangat bertumpu pada kebijakan dan keputusan yang diambil oleh seorang kepala negara dan kepala pemerintahan yakni presiden.

Menurut Surya, ketika negara dan bangsa masih memerlukan upaya-upaya untuk melakukan restorasi, penguatan dalam seluruh aspek kehidupan kebangsaan diperlukan pemerintahan yang sejalan.

Segala aspek tersebut juga bagian manifestasi, komitmen dan visi-misi perjuangan NasDem.

"Maka kita amat memerlukan kepala pemerintahan yang sejalan, yang berupaya kita upayakan tawaran kita untuk diterima dan akhirnya menjadi kebijakan dari pemerintahan dan kita percaya orang yang tepat untuk melaksanakan itu adalah Joko Widodo," kata dia.

"Ini alasannya kenapa kita lebih mementingkan terpilihnya kembali Joko Widodo dibandingkan dengan eskalasi kenaikan kursi daripada calon-calon anggota legislatif kita," sambung Surya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Partai Naif

Dia juga menegaskan tidak peduli jika partainya dianggap aneh lantaran tak fokus menangkan caleg. Dia percaya dengan niat baiknya bahwa berpolitik sejalan dengan dakwah kebangsaan. Artinya NasDem mengutamakan kepentingan bangsa dibanding ego partai.

"Memang terasa sedikit aneh, ini baru lucu katanya, ini partai naif, sedikit aneh, atau ada bodoh-bodohnya? Nah enggak, kita bilang kan terlepas dari penilaian apa pun juga," ujar Surya.

"Maka selaras dengan pikiran-pikiran itu, kepentingan bangsa ini bagi Nasdem itu lebih penting dari kepentingan Nasdem itu sendiri," pungkasnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.