Sukses

5 Ungkapan 'Jalan Takdir' Risma ke Jakarta

Awalnya Risma menolak, namun kini muncul sinyal perintah partai tak bisa ditolak bila diminta untuk melenggang ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Konstelasi politik jelang Pilkada DKI 2017 mulai memanas. Gambaran siapa sosok calon gubernur (cagub) yang akan bertarung di ajang lima tahunan itu perlahan mulai terlihat.

Satu nama yang yang dipastikan maju sebagai kontestan adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Mantan Bupati Belitung Timur akhirnya memutuskan maju sebagai cagub melalui partai politik.

Namun tampaknya, langkah Ahok di Pilkada DKI tidak mulus begitu saja. Munculnya nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam bursa cagub DKI membuat jalan Ahok kembali duduk di kursi DKI-1 semakin berat.

Terlebih, dalam beberapa survei, nama Risma ditempatkan sebagai lawan terberat Ahok, selain Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra.

Risma sendiri, walau kerap menolak komentar bila ditanya soal dukungan terhadapnya di Pilkada DKI, saat ini mulai menunjukkan sinyal 'pasrah' jika diinstruksikan Ketua Umum PDIP menjalankan tugas partai untuk melenggang ke Jakarta.

Beberapa kali Risma menyatakan menolak, namun Risma memberi isyarat tak bisa menolak perintah partainya bila diminta untuk maju di Pilkada DKI. Berikut 5 bahasa politik Risma, dari menolak, galau, hingga menyerahkan pada takdir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menolak Maju di Pilkada DKI

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan sejak awal ia sudah menemui ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menolak dicalonkan sebagai gubernur di Pilkada DKI 2017.

"Jadi saya yang menghadap Ibu (Megawati), mungkin satu bulan yang lalu. Waktu itu saya sampaikan, 'Bu, saya mendapat amanah di Surabaya. Dan saya mohon saya tidak dicalonkan jadi gubernur, baik di Jawa Timur maupun DKI'. Lalu Ibu terdiam saat itu," kata Risma saat menghadiri rapat Dewan Pertimbangan Presiden di Jakarta, Kamis, 10 Maret 2016.

Alasan penolakan itu lantaran dirinya harus menjaga amanah masyarakat Surabaya yang telah memilihnya menjadi wali kota.

"Saya kan enggak bisa mainin warga Surabaya, kemudian seenaknya saya melompat-lompat gitu, kan. Yang kedua, amanah yang diberikan warga Surabaya itu kan amanah Tuhan yang diberikan kepada saya. Jadi bukan karena apa, melainkan di agama saya juga diajarkan seperti itu," kata Risma.

Risma menegaskan ia akan menyelesaikan kepemimpinannya di Surabaya hingga periode itu berakhir.

Namun ia tidak bisa berandai-andai apabila kelak seusai jabatannya berakhir, ia dicalonkan kembali sebagai salah satu kandidat Gubernur DKI Jakarta.

"Saya akan sampaikan juga. Saya enggak bisa kalau saya harus ngatur Tuhan. Tapi saya akan berusaha semampu saya. Dulu saya juga enggak minta kemudian keluar rekomendasi. Saya menang, saya enggak ngira, itu semua jalan Tuhan lah. Insya Allah begitu," tutur Risma.

3 dari 6 halaman

Utang Janji ke Warga Surabaya

Tri Rismaharini mengatakan banyak permasalahan di Surabaya yang belum dituntaskannya. Ia mengaku, sering mendapat laporan terkait permasalahan warga Kota Surabaya.

"Warga Surabaya kalau ada masalah, langsung hubungi saya langsung. Ini kan sudah menyangkut kesejahteraan masyarakat banyak," ujar Risma saat ditemui di Jakarta, Jumat, 22 April 2016.

Kondisi itu, kata Risma, sudah disampaikan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia mengaku berat bila harus meninggalkan warga Surabaya untuk maju di Pilkada DKI. Ia pun mengungkit janjinya untuk menyelesaikan tugasnya sebagai Wali kota hingga akhir masa jabatan.

"Saya sudah sampaikan, saya punya janji dengan warga Surabaya. Saya enggak bisa lepas gitu aja. Bagaimana pun, janji itu adalah utang. Kecuali warga Surabaya, bilang enggak apa-apa. Tapi kalau enggak ada izin mereka, gimana saya mungkin bisa," ujar Risma.

Saat ditanya apakah dirinya sudah menanyakan kepada warga Surabaya, Risma mengatakan hal itu sudah dilakukan. Risma mengungkapkan kebanyakan warga tidak mengizinkannya.

"Banyak teman-teman wartawan di sana menanyakan hal ini. Dan warga Surabaya bilang enggak boleh. Mereka marah, pasti. Pernah ada yang ditanya, langsung ditawur (dihalangi) warga. (bilang) enggak boleh. Jadi enggak bisa (untuk maju di DKI)," ujar Risma menandaskan.

4 dari 6 halaman

Janji Tak Tinggalkan Warga Surabaya

Setelah memenangi Pilkada Surabaya untuk kedua kali, Tri Rismaharini mengaku langsung menghadap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan beberapa petinggi partai tersebut.

Dalam pertemuan itu dia menegaskan akan menjalankan masa jabatan sebagai Wali Kota Surabaya hingga selesai.

"Saya langsung ngadep Ibu waktu itu. Di dalam itu ada Pak Pram (Pramono Anung), Pak Menteri Dalam Negeri, terus Pak Hasto (Kristiyanto). Saya hanya bicara berdua (dengan Megawati). Saya sampaikan, waktu kampanye saya janji ke keluarga saya tidak meninggalkan mereka, saya sampaikan begitu," ucap Risma, April 2016 lalu.

Bahkan, saat Jokowi-JK dalam proses kampanye hingga menang pada Pilpres 2014 lalu, Risma mengaku dapat tawaran menjadi menteri. Tawaran itu ditolak karena ia mau fokus mengurus Surabaya.

"Begitu Pak Jokowi waktu proses perjalanan kampanye saya diminta nanti jadi menteri, terus Pak Jokowi menang saya juga langsung ngadep Ibu. 'Bu saya enggak mau jadi menteri. Saya ingin tetep jadi wali kota saja'. Saya gitu kan. Ibu boleh ditanya nanti," Risma menjelaskan.‎

5 dari 6 halaman

Risma: Kalau Tuhan Tentukan Lain Bagaimana?

Dukungan terhadap Risma tak hanya muncul dari beberapa petinggi di intenal PDIP, beberapa aliansi warga yang membentuk kelompok relawan pendukung Risma juga mulai bermunculan. Seperti Jaklovers (Jakarta Love Risma), Tanah Merah Risma (Tamera) dan Karisma Jakarta.

Hanya saja, Risma tak mau ambil pusing. "Aku enggak tahu lah wong aku di Surabaya kerja kok. Aku di Jakarta kerja, eh di Surabaya kerja, kok di Jakarta. Tanya staf ku nih, aku tidur sehari itu satu jam," ucap Risma 21 Juli 2016.

Risma mengaku belum memiliki kesiapan untuk pencalonannya di Pilkada DKI. Namun, bila takdir berkata lain, Risma mengaku tidak bisa menolaknya.

"Kalau Tuhan menentukan lain gimana? Aku sudah ngomong pertama itu enggak mau, enggak mau, enggak mau, tapi Tuhan itu ngomong lain. Eh aku tuh berangkatnya dari dua persen tahu. Anak-anak muda bilang jalan aja. Seminggu naik 20 persen, dua minggu naik lagi," Risma mengungkapkan.

6 dari 6 halaman

Risma: Aku Hanya Menjalankan Takdirku

Semakin dekat dengan dengan waktu pembukaan pendaftaran cagub-cawagub di Pilkada DKI Jakarta, Risma mengakui dukungan dari masyarakat untuk hijrah ke Jakarta semakin kuat.

"Ada yang ngomong, Bu ini untuk Indonesia. Terus aku ngomong, lah orang Surabaya sendiri apa bukan bagian dari Indonesia," kata Risma 31 Juli 2016.

Namun, Risma mengatakan tidak bisa mengambil keputusan apa pun. Ia mengaku hanya bisa menjalani apa yang menjadi kewajibannya saat ini sebagai Wali Kota Surabaya.

"Aku enggak bisa mengadu warga Surabaya dengan warga Jakarta. Orang di sana (Jakarta) mengharapkan, orang di sini (Surabaya) enggak boleh. Lah mosok (masa) aku dipecah dadi loro (dibelah menjadi dua)," ujar Risma sambil tersenyum.

Ia menegaskan, dirinya tidak pernah mengatakan bersedia dicalonkan sebagai gubernur di Pilgub DKI Jakarta 2017. Akan tetapi, Risma mengaku tidak tahu apakah takdir pada akhirnya akan mengantarnya melenggang ke Jakarta.   

"Aku enggak pernah ngomong bersedia. Aku hanya menjalani takdirku. Tuhan yang menentukan," Risma menandaskan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini