Sukses

Siapkan Mesin Mobil Sport Baru, Media Jepang Singkap Kebangkitan Toyota Celica

Sejak mengakhiri karirnya pada tahun 2006, Toyota Celica banyak diisukan akan bangkit kembali sebagai mobil sport Toyota. Namun, kini bayangannya terlihat lebih jelas.

Liputan6.com, Tokyo - Mobil sport berwujud coupe Toyota Celica yang telah disuntik mati Toyota pada 2006. Namun mobil legendaris ini diisukan akan dibangkitkan kembali.

Kebangkitan salah satu mobil tercepat Toyota ini sempat diajukan oleh Mantan Presiden dan CEO Akio Toyoda. Pengembangan mesin 2,0 liter bersama Subaru dan Mazda baru-baru ini juga kembali mengangkat rumor ini ke permukan.

Dalam agenda pekan lalu pada Selasa (28/5/2024), Toyota bersama dengan Subaru dan Mazda mengumumkan pengembangan mesin pembakaran masa depan yang kompatibel untuk meminum bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Dalam acara tersebut Toyota memamerkan mesin empat silinder 1,5 liter dan 2,0 liter baru yang tengah digarapnya bersama.

Pengumuman mesin 2,0 liter turbo memicu rumor tentang kemungkinan penempatannya di Toyota Celica baru. Pasalnya, mesin turbo 2,0 liter baru itu diungkapkan oleh jenama asal Jepang tersebut akan memiliki performa serupa dengan mesin turbo 2,4 liter yang dibenamkan pada mobil sport mereka.

Sementara pada akhir tahun lalu, Mantan Presiden dan CEO Toyota, Akio Toyoda berbicara kepada majalah Best Car, bahwa dirinya membuka lebar kemungkinan kelahiran kembali Celica.

"Saya tidak hanya mengatakan ini karena kami berada di acara reli, tapi Kankkunen (pembalap reli Toyota yang diundang ke acara demo saat itu) adalah Tuan Celica. Dia adalah juara empat kali dengan Celica. Sekarang kalian semua bisa memikirkan mengapa saya sering menggunakan Kankkunen. Lihat apakah kalian bisa menebaknya!" katanya kepada Best Car Oktober lalu, dikutip dari Motor1.

Sejak peluncuran departemen Toyota Gazoo Racing pada 2015, telah banyak rumor berdatangan tentang kembalinya Celica baru sebagai generasi keenam.

Mengingat hal tersebut, rencana Celica baru memang sudah lama tertunda sejak model coupe itu dihentikan secara bertahap pada 2006.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spekulasi Tentang Peluncuran dan Spesifikasi Teknis Toyota Celica Baru

Laporan terbaru dari Best Car juga berbicara tentang kembalinya Celica sebagai model GR untuk menggendong mesin turbo empat silinder 2,0 liter baru yang akan dikombinasikan dengan sistem GR-Four AWD Toyota yang terinspirasi dari hot hatchback GR Yaris dan GR Corolla.

Tahun lalu, menyusul keinginan Toyoda untuk memiliki Celica baru disusul dengan rumor tentang mobil sport bertenaga listrik yang berbagi basis dengan Lexus LF-ZC Concept.

Namun, spekulasi terbaru menunjukkan bahwa Celica mungkin akan kembali dengan membawa mesin pembakaran internalnya yang kini akan lebih ramah lingkungan.

Majalah tersebut mengklaim bahwa pengembangan mesin performa tinggi baru ini telah dimulai beberapa tahun silam dan telah rampung.

Meskipun Toyota belum melempar informasi apa pun, publikasi tersebut berspekulasi bahwa output tenaganya mendekati kisaran 400 tenaga kuda. 

Menurut informasi yang belum dikonfirmasi perusahaan, interpretasi baru Celica mungkin akan diluncurkan pada awal Januari mendatang, di agenda Tokyo Auto Salon 2025.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.