Sukses

Menko Luhut Sebut Elon Musk Pertimbangkan Bikin Pabrik Baterai di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, CEO Tesla, Elon Musk tengah mempertimbangkan untuk investasi baterai kendaraan listrik di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, CEO Tesla, Elon Musk tengah mempertimbangkan untuk investasi baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia.

"Ya, tadi mengenai baterai (kendaraan listrik), dia mempertimbangkan mengenai hal itu," ujarnya, disitat dari Antara, usai peluncuran buku Citarum Harum di Badung, Bali.

Luhut juga mengatakan, selain potensi untuk investasi baterai, Elon Musk juga masih mempelajari kemungkinan perusahaannya membangun landasan peluncuran atau launch pad di Indonesia.

"Mengenai launch pad, masih dipelajari," kata Luhut.

Sementara itu, rencana investasi baterai Tesla dari Elon Musk ini, setelah pria yang juga pemilik SpaceX ini, bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di World Water Forum (WWF) di Bali.

"Kami mengajukan tawaran, mungkinkah di sini dibangun pabrik baterai EV, prekursor katoda. Dan dia akan mempertimbangkannya," ungkap Luhut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proyek Kecerdasan Buatan

Selain itu, Luhut juga sempat menyinggung terkait kemungkinan Elon Musk yang bersedia menjadi board dalam proyek kecerdasan buatan atau AI di Indonesia, yakni Eureka AI.

"Eureka AI itu akan nanti bekerja sama dengan Grok AI. Dia (Elon Musk) punya AI juga dan Elon Musk bersedia menjadi board di Eureka itu," ucap Luhut.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini