Sukses

SUV Listrik 3 Baris Hyundai Ioniq 7 Tertangkap Kamera Jelang Debut Juli 2024

Ioniq 7 akan menjadi nyata dari konsep "Ioniq Concept SEVEN" yang meluncur pada 2021 bulan Juli mendatang

Liputan6.com, Seoul - Usai mengeluarkan satu large SUV listrik dari merek Kia, EV9, induk perusahaan Hyundai kini tengah menggodok model baru SUV listrik besar lainnya untuk mendampingi EV9, yakni Hyundai Ioniq 7. Mobil ini rencananya akan memulai tampilan publik perdananya di Busan Auto Show 2024, pada Juli di Korea.

Ioniq 7 lahir dari konsep "Ioniq Concept SEVEN" yang meluncur pada 2021. Ini akan melengkapi dua saudara Ioniq lainnya yang kini berdiri di segmen medium SUV dan sedan besar, untuk kemudian menambahkan katalog mobil listrik 7 penumpang di serinya.

Baru-baru ini, Autospy memergoki versi produksinya sedang melenggang di jalanan Korea Selatan dengan kulit kamuflase, sembari menunggu debut pertamanya. Meski dibungkus kamuflase, desainnya masih dapat terlihat dengan baik.

Masih mirip dengan Ioniq Concept SEVEN secara keseluruhan, Hyundai Ioniq 7 memiliki permukaan yang jauh lebih halus dan minim lekukan maupun pahatan dibanding EV9.

Di ujung depan terdapat dua bilah pencahayaan yang terdiri dari DRL di bagian atas, dan lampu depan di bagian bawah fasia yang masih mempertahankan identitas khas pixel milik Hyundai. Mungkin kamuflasenya masih malu-malu menutupi dua bilah lampu depan yang kemungkinan akan dipertahankan memanjang di sekujur fasianya seperti pada konsepnya.

Memandang bagian sampingnya, akan ada gagang pintu auto-flush yang menyatu dengan bodywork untuk mendukung aerodinamis, serta roof rail yang menandakan mobil ini adalah SUV.

Pelek dengan desain baru berkelir hitam dan silver kilap terlihat mendasari bannya. Pelek ini berbeda dari desain pelek putih yang ditampilkan di konsep sebelumnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tampilan Belakang dan Prediksi Spesifikasi Teknis Ioniq 7

Beralih ke buritannya, bentuknya lebih tegak ketimbang EV9 dengan dilengkapi jendela belakang yang besar, pilar D tebal dengan jendela samping baris kedua yang besar.

Rupanya akan banyak rombakan desain di bagian belakang untuk versi produksi jika dibandingkan dengan konsepnya yang berdesain futuristis yang mengingatkan pada konsep Space-Hub 0 Series milik Honda yang belum terwujud.

Perubahan pada bilah pencahayaan di buritannya adalah yang paling seru untuk dibicarakan. Bila konsepnya menganut rangkaian pencahayaan besar membentang secara horizontal di bawah kaca besarnya, serta unit pencahayaan lain yang membingkai kacanya dari atas ke samping, yang akan terwujud tampaknya lebih realistis dengan pencahayaan horizontal yang agak diangkat ke atas. Itu juga artinya kaca belakangnya tidak akan sebesar konsepnya.

Ioniq 7 diekspektasikan akan menggunakan platform E-GMP Hyundai yang artonya juga akan berbagi opsi powertrain dengan EV9 milik Kia.

Karena terlalu dini untuk mengais banyak informasi dari Ioniq 7, sebagai sedikit gambaran, Kia EV9 saat ini ditawarkan dalam bentuk penggerak roda belakang dengan mesin 215 tenaga kuda, sementara versi penggerak seluruh roda akan memiliki 379 tenaga kuda.

Hyundai juga diperkirakan akan menawarkan Ioniq 7 dengan baterai 76,1 kWh dan opsi baterai lebih besar 99,8 kWh milik Kia EV9.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.