Sukses

Toyota Starlet Diisukan Bakal Terlahir Kembali Sebagai Mobil Listrik

Salah satu mobil ikonik Toyota, yaitu Starlet tengah diisukan bakal terlahir kembali

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu mobil ikonik Toyota, yaitu Starlet tengah diisukan bakal terlahir kembali. Mobil perkotaan asal Jepang ini, bahkan kemungkinan besar akan hadir sebagai mobil listrik atau bertenega baterai.

Belum ada konfirmasi resmi terkait Toyota Starlet listrik ini, namun berdasarkan majalah Best Car, yang dikutip dari Drive, Senin (15/4/2024), model perkotaan ramah lingkungan bisa hadir pada 2026.

Namun, tidak diketahui secara pasti juga, Toyota Starlet baru ini dirancang sebagai mobil perkotaan berukuran kecil untuk pasar Jepang, atau yang biasa disebuat kei car ataukah model ini juga akan dibuat untuk pasar global, dan ditempatkan di bawah Yaris.

Rumor ini sendiri, sejalan dengan apa yang disampaikan Kepala Divisi Kinerja Toyota, yaitu PResiden Toyota GR Tomoya Takahashi, yang mengatakan impiannya secara pribadi adalah kembali membangkitkan nama Starlet.

"Saya biasa menikmati jalan bersalju dan sirkuit mini di kampung halaman saya di Hokkaido dengan EP82 dan EP91 (Starlet) saya pada awal 1990-an,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toyota GR Starlet

Sementara itu, Toyota GR Starlet yang lebih sporty juga dilaporkan sedang dalam proses pembuatan, yang dirancang oleh divisi performa perusahaan, Gazoo Racing (GR).

Ini bukan pertama kalinya Starlet menerima peningkatan tenaga. Starlet Turbo S adalah hot hatch Jepang yang populer di akhir 1980-an, seperti halnya Starlet GT Turbo yang dibuat antara tahun 1990 dan 1995, sebelum digantikan oleh Starlet Glanza V yang bermesin turbocharged.

Meskipun detail mesin masih belum jelas pada tahap ini, panel gril depan bagian atas yang tertutup yang terlihat pada ilustrasi digital Best Car menunjukkan bahwa Starlet dapat memulai debutnya sebagai mobil listrik.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.