Sukses

Lebih Pilih PHEV, Aston Martin Tunda Peluncuran Mobil Listrik Pertamanya

Pasar kendaraan listrik telah menunjukan tanda perlembatan di beberapa pasar global

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kendaraan listrik telah menunjukan tanda perlembatan di beberapa pasar global. Bahkan, beberapa produsen mobil, terutama yang memiliki jumlah produksi rendah, dan harga jual mahal juga telah mengubah strateginya terkait roda empat ramah lingkungan.

Salah satunya, dilakukan oleh Aston Martin, yang harus menunda peluncuran mobil listrik pertamanya. Pabrikan asal Inggris ini, memilih untuk produksi mobil dengan mesin pembakaran internal lebih lama dibanding perkiraan sebelumnya.

Disitat dari Motor1, rencananya Aston Martin akan meluncurkan mobil listrik pertamanya pada 2025, tetapi pada Februari tahun ini, mengumumkan bahwa rencana tersebut diundur ke 2026.

Hal ini membuat komitmen perusahaan terhadap mobil listrik tampaknya tidak sekuat sebelumnya, dan tampaknya hal ini dikonfirmasi oleh pernyataan yang baru-baru ini dibuat oleh ketua eksekutif perusahaan, Lawrence Stroll.

Aston Martin khawatir bahwa beralih ke mobil listrik akan membuat pelanggannya lenyap.

Menurut PistonHeads, Bos Aston Martin, mengacu pada mobil listrik pertama merek tersebut, mengatakan, "Kami berencana untuk meluncurkan mobil pertama tahun depan pada tahun 2025. Kami sudah siap untuk melakukannya, tetapi tampaknya ada lebih banyak hype di pasar mobil listrik yang lebih didorong oleh politik daripada permintaan konsumen. Terutama pada titik harga Aston Martin," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Platform EV

Dia juga mengkonfirmasi bahwa sebagian besar pekerjaan pengembangan platform EV Aston telah selesai dan produsen mobil tersebut bermaksud menggunakannya untuk mendukung empat model yang berbeda.

"sebuah mobil sport, sebuah SUV, sebuah jenis CUV dan sebuah hypercar halo. Kami memiliki semua produk yang dirancang dan direkayasa secara teknis, sehingga prosesnya sudah selesai," tambahnya.

Stroll juga mencatat bahwa pihaknya akan berinvestasi lebih banyak lagi dalam program PHEV. "Kami untuk menjadi jembatan antara pembakaran penuh dan listrik penuh" karena pelanggan merek ini menginginkan mobil yang mengeluarkan suara dan memiliki powertrain yang berpusat pada pembakaran yang menarik," tegasnya.

Dirinya juga mengumumkan, bahwa Aston Martin EV akan diundur satu tahun lagi sehingga akan tiba pada 2027 dan bahwa lebih banyak penekanan akan diberikan pada hibrida plug-in (PHEV) sampai saat itu.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Aston Martin