Sukses

Kia Mulai Pamer Tangguhnya Sedan K4 Jelang Peluncuran di New York

Kia mulai memperkenalkan calon sedan terbarunya, K4. Model baru dari pabrikan asal Korea Selatan ini, akan diluncurkan secara global di New York International Auto Show

Liputan6.com, Jakarta - Kia mulai memperkenalkan calon sedan terbarunya, K4. Model baru dari pabrikan asal Korea Selatan ini, akan diluncurkan secara global di New York International Auto Show, pekan depan. Kia K4 ini menggabungkan gaya fastback dan pilar D tebal dari Kia Stinger lama dengan permukaan bodi yang tajam, dan wajah berteknologi tinggi dari SUV EV9 baru.

Disitat dari Carscoops, Kia menyebut bahasa desainnya adalah Twist Logic, dari pendekatan tersebut terlihat jelas dari sorotan cahaya di bagian atas spatbor depan, dan bentuk bodi belakang yang berotot. Bagian interiornya, roda kemudi berbentuk persegi dan cluster instrumen digital yang ramping tapi lebar.

Namun tidak seperti model sebelumnya, yang semuanya memiliki fitur pemilih transmisi putar, Kia K4 memiliki tuas T-bar kuno di konsolnya.

Selain itu, Kia juga menggunakan warna hijau dan dengan dipadukan dengan sentuhan asimetris yang menarik. Bagian panel pintu pengemudi yang bertemu dengan dasbor berwarna hitam, sedangkan bagian yang sama pada pintu penumpang berwarna senada dengan interior.

Sedangkan untuk jantung penggeraknya memang belum terungkap, apakah model sedan Kia ini akan menggunakan mesin naturally aspirated dan turbo seperti pendahulunya, atau menghadirkan opsi baru seperti mesin hybrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjualan Kendaraan Listrik Hyundai dan Kia di Dunia

Hyundai Grup, alias Hyundai Motor Co dan Kia Corp telah mencapai penjualan lebih dari 5 juta unit secara global, dalam 15 tahun terakhir.

Disitat dari Yonhap, salah seorang pejabat perusahaan asal Korea Selatan ini melaporkan, Hyundai dan Kia hingga Januari 2024, telah menjual sebanyak 5,11 juta unit kendaraan listrik.

Model yang dijual, termasuk battery electric vehicle (BEV), hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), dan juga fuel cell electric vehicle (FCEV).

Sepanjang 2023, Hyundai dan Kia telah menjual sebanyak 1,36 juta unit kendaraan listrik, dengan catatan penjualan 1 juta unit dalam dua tahun berturut-turut.

Sementara itu, dari segmennya, mobil hybrid jadi yang paling terlaris dengan kontribusi sebesar 57,8 persen dari total penjualan Hyundai dan Kia.

Sedangkan BEV menyumbang 30,8 persen dari total penjualan, dan PHEV 10,6 persen dari total penjualan, serta FCEV sebesar 0,8 persen dari total penjualan.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini