Sukses

Lawan Merek China, Mobil Listrik Murah Ford Siap Rilis 2026

Ford sudah mengubah prioritasnya, karena melihat gelombang kendaraan listrik Tiongkok dengan harga murah mulai membanjiri pasar Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Ford sudah mengubah prioritasnya karena melihat gelombang kendaraan listrik Tiongkok dengan harga murah mulai membanjiri pasar Eropa, dan pada akhirnya akan datang ke Amerika Serikat.

Jenama Negeri Paman Sam ini, bahkan harus menunda kendaraan listriknya yang lebih besar, untuk fokus pada serangkaian model listrik yang kecil dan terjangkau. Demikian dilaporkan dari Bloomberg, Kamis (21/3/2024).

Model pertama yang akan hadir adalah SUV kompak yang akan dirilis pada akhir 2026, dengan harga awal sekitar US$ 25 ribu atau setara Rp 393,5 jutaan yang akan menargetkan untuk bisa bersaing dengan Tesla entry-level.

Crossover Ford baru ini akan menggunakan platform listrik baru, dan Bloomberg Businessweek mengatakan, Ford juga memiliki tim yang terdiri kurang dari 100 orang di Irvine, California yang sedang mengerjakan pengembangan mobil listrik harga terjangkau ini.

Tidak hanya SUV, platform listrik baru ini kabarnya akan digunakan untuk truk pikap kecil baru.

Mobil listrik harga terjangkau Ford ini, diharapkan menggunakan baterai lithium-iron-phosphate (LFP) untuk mengurangi biaya.

Namun, teknologi baterai lainnya juga tengah dikembangkan untuk bisa dilakukan penghematan yang lebih besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ford Manfaatkan Supercharger Tesla untuk Atasi Kekhawatiran Pengisian Daya Baterai EV

Ford telah memulai langkah untuk mengatasi kekhawatiran konsumen terkait fasilitas pengisian daya baterai mobil listriknya. Pasalnya, konsumen pabrikan asal Amerika Serikat ini dapat mengakses ribuan jaringan Supercharger milik Tesla di Amerika Utara.

Disitat Carscoops, Ford sendiri mengklaim bahwa menjadi merek non-Tesla pertama yang bisa mengakses fasilitas pengisian baterai canggih ini.

Ford telah membuka pendaftaran untuk skema yang memberikan kebebasan kepada pemilik Mustang Mach-ES dan F-150 Lightning untuk bebas mengisi daya, di lebih dari 15 ribu Supercharger dengan menggunakan adaptor khusus.

Pemilik lama, ditambah dengan pembeli baru Ford akan memiliki waktu hingga 30 Juni untuk mengajukan permohonan adaptor secara gratis. Dan setelah periode tersebut, pengajuan ini akan dikenakan biaya sebesar US$230.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.