Sukses

KTM dan Brabus Kembali Berkolaborasi, Siap Lahirkan 1400 R Series

KTM dan Brabus kembali berkolaborasi dalam menciptakan motor spesial dengan performa beringas. Sebelumnya mereka menghasilkan KTM 1390 Super Duke R Evo yang dibangun berdasarkan KTM 1290 Super Duke R.

Liputan6.com, Jakarta - KTM dan Brabus kembali berkolaborasi dalam menciptakan motor spesial dengan performa beringas. Sebelumnya mereka menghasilkan KTM 1390 Super Duke R Evo yang dibangun berdasarkan KTM 1290 Super Duke R. 

Brabus yang merupakan perusahaan tuning asal Jerman, menjadi nama yang identik dengan Mercedes sejak akhir 70an. Namun dua tahun lalu ia melakukan lompatan ke roda dua dengan melahirkan Brabus 1300 R, yang mengambil basis dari KTM 1290 Super Duke Evo.

Mesin dan sasisnya (tidak diubah) dan membungkusnya dengan gaya berbeda termasuk lampu depan bundar yang dipinjam dari Husqvarna.

Generasi pertama dibuat dalam jumlah terbatas yang terdiri dari 154 unit terdiri dari 77 warna merah dan 77 warna hitam, untuk menandai berdirinya perusahaan pada 1977.

Meski harganya mencapai $45.000 dan tidak ada keunggulan kinerja dibandingkan Super Duke Evo seharga $19.000, namun produk ini ludes terjual dalam waktu dua menit setelah pembukaan buku pesanan.

Ingin mengulangi sukses, Brabus diketahui mengajukan merek dagang baru di Eropa. Kabarnya ia sedang mengembangkan Brabus 1400 R seiring dengan munculnya KTM 1390 Super Duke R Evo.

Ada tiga model yang sedang dikerjakan perusahaan tuning asal Jerman, yaitu 'Brabus 1400 R Rocket', 'Brabus 1400 R Tailor Made', dan 'Brabus 1400 R Signature'. 

Seperti diketahui, KTM 1290 Super Duke sudah tiada, digantikan dengan 1390 Super Duke. Ini tentu memberikan ruang bagi Brabus untuk menghasilkan produk spesial dengan menggunakan mesin 1.350cc LC8 V-twin.

Lengkap dengan sistem timing dan pengangkatan katup variabel bergaya shiftcam. Klaimnya mampu menghasilkan tenaga 190 hp pada 10.000 rpm dan torsi 143 Nm pada 8.000 rpm.

Mesin, sasis, suspensi, dan rem Super Duke Evo terbaru tentu menjadi penopang dasar Brabus generasi baru.

Tiga permohonan merek dagang yang diajukan sejauh ini menunjukkan bahwa Brabus mungkin sedang mempertimbangkan ide yang sama seperti sebelumnya, yaitu menawarkan tiga jenis sepeda terpisah.

Merek dagang pertama adalah untuk nama Brabus 1300 R Rocket. 'Rocket' adalah sebutan yang sudah diterapkan Brabus pada beberapa mobil Mercedes kelas atas edisi terbatasnya.

Jadi ini adalah cara yang logis untuk menghubungkan keluaran merek roda dua dan empat tersebut. Ini sama seperti sepeda motor edisi terbatas Ducati Streetfighter Lamborghini dan Diavel untuk Bentley.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permohonan Merek Dagang

Di lain sisi, Triumph yang sudah menjual sepeda motor dengan nama Rocket mungkin akan keberatan dengan rencana Brabus. Kita harus menunggu dan melihat apakah permohonan merek dagang disetujui.

Selanjutnya permohonan merek dagang 'Brabus 1400 R Signature'. Tapi istilah 'Signature' hanya untuk rangkaian kapal kelas atas. Terakhir, setidaknya untuk saat ini, ada permohonan merek dagang untuk judul 'Brabus 1400 Tailor Made'.

Nama Tailor Made mengingatkan kita kembali ke masa lalu Brabus, ketika perusahaan tersebut membuat lini mobil mini Smart ForTwo yang mahal dan dimodifikasi dengan merek yang sama pada 2010. Untuk lebih jelasnya, kita tunggu saja kabar baik dari Brabus. 

Sebagai informasi, selain memiliki Brabus 1300 R, perusahaan tuning asal Jerman juga punya 1300 R 23 Edition, yang merupakan generasi kedua dengan produksi meningkat menjadi 290 unit.

Sekali lagi, ini dibagi 50/50 antara dua warna, Superblack dan Stealth Grey, dan ada perubahan gaya termasuk penutup lampu depan dan saluran masuk udara baru. Sekali lagi, mereka terjual dengan cepat. 

Selanjutnya Brabus meluncurkan versi ketiga, 1300 R Masterpiece Edition. Hanya beberapa bulan dari generasi kedua. Ini lebih eksklusif dengan hanya dibuat sebanyak 50 unit, 25 unit berwarna putih dan 25 unit berwarna hitam.

Saat itu Brabus berjanji ini adalah yang terakhir dalam jajarannya. Tapi, hal itu tak berlaku lagi saat KTM merilis 1390 Super Duke R Evo.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.