Sukses

Jelang Debut Global, Identitas MINI Aceman Bocor Duluan

Foto-foto dari model MINI Aceman ini bocor di forum berbagi informasi bocoran otomotif asal Spanyol, Cochespias.

Liputan6.com, Jakarta - MINI Aceman masih berupa konsep hingga meluncur pada 24 April mendatang di Beijing Motor Show. Namun, SUV subkompak bertenaga listrik penuh ini justru pertama kali muncul di Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok.

Foto-foto dari model MINI Aceman ini bocor di forum berbagi informasi bocoran otomotif asal Spanyol, Cochespias.

Gambar-gambar dari forum tersebut mengungkapkan kemiripannya yang lebih dekat dengan Countryman, namun memiliki ukuran lebih kecil.

Jajaran trim Aceman akan mengadopsi etos desain kontemporer MINI yang mencerminkan Cooper, dengan spesifikasi klasik, eksklusif, dan sporty.

Gaya ini ditandai dengan unit pencahayaan sudut, gril segi delapan, dan spatbor menonjol. Namun juga tetap mempertahankan elemen tradisional MINI seperti sampul kaca 'greenhouse' yang khas dan overhang pendek.

Disitat Carscoops, MINI telah mengonfirmasi bahwa Aceman memiliki panjang 4.075 mm, lebar 1.754 mm, dan tinggi 1.495 mm, dengan wheelbase 2.606 mm.

Jarak antar gandarnya 80 mm, lebih lebar dibanding MINI Cooper, serta lebih panjang 217 mm.

Dibanding Countryman keluaran baru, panjang gandar Aceman masih lebih pendek ketimbang panjang 354 mm pada Countryman.

Ini membuat Aceman menjadi kendaraan listrik penjembatan antara Countryman yang besar dan Cooper yang kecil, berada di tengah untuk meraup pasar lebih luas.

Lebih mencolok, varian dari MINI Aceman yang telah bocor tesebut menangkap foto dari dua trim, yaitu reguler dan S.

Varian S menonjol dengan lampu depan LED yang lebih mewah, aksen perunggu pada skid plate, dan lencana S.

MINI juga mengonfirmasi bahwa Aceman akan menerima range-topper John Cooper Works (JCW) dengan roda lebih besar, karet low-profile, spoiler belakang yang menonjol, dan stiker dekorasi mobil balap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kinerja Mesin MINI Aceman

Di opsi powertrain, kedua varian trim ini akan berbagi fondasi dengan MINI Cooper Electric baru.

Model entry-level Aceman diprediksi akan menyematkan motor listrik tunggal di gandar depan dengan output 181 tenaga kuda berpaket baterai 40,7 kWh.

Di varian atasnya, Aceman S diprediksi menawarkan daya 215 tenaga kuda dipadukan baterai yang lebih besar 54,2 kWh.

Menurut informasi bocoran dari Tiongkok, kendaraan tersebut diindikasikan dapat memacu kecepatan maksimal hingga 170 km/jam.

Untuk trim JCW, Aceman akan mendapatkan peningkatan gaya dan sasis tanpa peningkatan tenaga tambahan.

Aceman hanya akan tersedia sebagai mobil listrik lima pintu daripada empat kursi Cooper yang lebih fokus pada kepraktisan.

Walau mengawali debutnya pada 24 April di Beijing Motor Show mendatang, Aceman akan memulai pengiriman unitnya pada akhir tahun ini, didatangkan dari pabrik di China.

Namun untuk 2026, MINI berencana akan memindahkan produksi Aceman untuk pasar Eropa ke pabrik bersejarah miliknya di Oxford berkat sokongan dana investasi dari BMW, mengutip informasi Autocar.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.