Sukses

Mewujudkan Masa Depan Panjang Pengisian Daya Nirkabel untuk Mobil Listrik

Pengisian daya nirkabel mobil listrik akan mengantarkan pada pengembangan teknologi masa depan yang memungkinkan mobil tidak lagi perlu berhenti untuk mengisi daya.

Liputan6.com, Jakarta - Sambungan nirkabel adalah masa depan bagi segala yang berkaitan dengan listrik, tidak terkecuali mobil listrik. Pengisian daya yang menggunakan kabel berukuran besar serupa dengan bentuk selang bensin yang kini diterapkan, diprediksikan akan hilang di masa depan. Tapi butuh berapa lama kah itu?

Beberapa uji coba telah dilakukan, bahkan untuk membuat jalanan elektrik seperti yang dilakukan salah satu startup yang fokus membangun hal ini, Electreon.

Dalam uji coba tersebut, mobil plug-in hybrid Toyota RAV4 berhasil melaju selama 100 jam nonstop hanya dengan tenaga baterai tanpa kehabisan daya.

Uji coba ini dilakukan di trek demo 200 meter yang dilengkapi pengisi daya nirkabel yang di pasang di bawah aspal pada 25 persen jalannya.

Teknologi yang dikembangkan Electreon tersebut tidak mengharuskan mobil untuk berhenti terlebih dahulu, melainkan tetap melaju sembari proses pengisian daya dilakukan.

Namun, untuk mengubah seluruh jaringan jalan memiliki bantalan pengisi daya raksasa di bawah aspalnya, membutuhkan bertahun-tahun untuk pengembangan yang luas.

Inovasi pengisian daya nirkabel yang lebih realistis adalah penggunaan bantalan pengisi daya dengan memarkirkan kendaraan di tempat tertentu untuk mengisi daya listriknya secara otomatis.

Namun, kemungkinan adopsi massal inovasi yang paling memungkinkan ini juga tak bisa segera diwujudkan karena beberapa halangan. Apalagi jika berbicara infrastruktur di jalan-jalan umum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Halangan Mewujudkan Teknologi Pengisi Daya Nirkabel Mobil Listrik

Cara kerja pengisian daya nirkabel pada mobil listrik hampir serupa dengan proses pengisian daya nirkabel pada ponsel. Hanya saja, kendaraan tidak perlu rata dengan permukaan pengisian daya.

Arus listrik yang disalurkan melalui kumparan yang tertanam di permukaan jalan menimbulkan medan magnet yang menghasilkan listrik pada kumparan kedua yang terletak di dalam mobil. Listrik tersebut kemudian akan digunakan untuk mengisi baterai.

Namun, kecepatan yang ditawarkan dalam pengisian nirkabel ini cenderung lambat. Dilansir Bloomberg, pengisi daya nirkabel kendaraan listrik yang ada kini hanya secepat pengisi daya Level 2 yang membutuhkan waktu sekitar 3-8 jam. Berbeda jauh dari pengisi daya DC yang mampu mengisi penuh dalam waktu 15 menit.

Namun, Hevo, perusahaan teknologi yang berbasis di Brooklyn tengah mengembangkan pengisi daya nirkabel cepat berkapasitas 300 kW.

Selain perkembangan teknologi yang belum mumpuni dalam hal efisiensi waktu pengisian, kendala lain juga terletak pada kendaraan listrik itu sendiri. Perangkat keras yang dapat membuat mobil terisi dengan proses pengisian nirkabel saat ini masih di kisaran Rp39,4 juta.

Mobil listrik kebanyakan belum disertai perangkat ini. Adopsi perangkat ini sekarang tentu akan menambah biaya yang tak terbilang murah bagi pembeli kendaraan listrik. Namun, harganya diperkirakan akan turun beberapa tahun ke depan.

3 dari 4 halaman

Perkembangan Teknologi Pengisi Daya Nirkabel Mobil Listrik

Hanya sedikit produsen mobil listrik hari ini yang tertarik akan ide kemampuan pengisian daya nirkabel. Namun, beberapa produsen Tiongkok dan Tesla menunjukkan ketertarikannya terhadap ide ini.

Dilansir dari Carscoops, Tesla tahun lalu mengakuisisi perusahaan teknologi nirkabel Jerman, Wiferion. Bos desainnya membocorkan bahwa perusahaan tersebut tengah aktif mengerjakan bantalan pengisi daya nirkabel yang dapat ditempatkan pemiliknya di lantai garasi mereka.

Tahun lalu WiTricity meluncurkan bantalan pengisi daya Halo, yang memiliki daya 11 kW, sama dengan pengisi daya Level 2.

BMW juga telah melakukan program uji coba di Jerman pada 2018 yang memberi beberapa ratus pemilik BMW 530e bantalan pengisi daya 3,2 kW yang dapat mengisi baterai kecil 9,2 kWh mobil hybrid mereka di rumah dalam waktu 3,5 jam.

Mengharapkan masa depan mobil tanpa perlu pengisian seperti uji coba Electreon memang membawa kita pada angan-angan masa depan yang maju. Teknologi yang mendukung hal tersebut telah ada, walau sangat kasar sekali memperkirakan masa depan yang panjang untuk mewujudkannya menjadi mainstream.

Begitu pula pengisian daya nirkabel normal yang mengharuskan kendaraan memarkir untuk mengisi daya. Inovasi yang lebih realistis ini seharusnya akan terwujud terlebih dahulu. Walau juga harus menunggu waktu yang lama selagi banyak pengembangan masih dilakukan, dan kebijakan pemerintah serta investasi swasta untuk membuatnya mainstream belum tersedia.

4 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini