Sukses

Nissan Hentikan Produksi Leaf di Inggris Demi Mobil Listrik Baru

Nissan resmi hentikan produksi Leaf di Inggris, tepatnya di pabrik Sunderland

Liputan6.com, Jakarta - Nissan resmi hentikan produksi Leaf di Inggris, tepatnya di pabrik Sunderland. Keputusan tersebut, demi persiapan perakitan tiga mobil listrik di fasilitas yang sama.

Dilansir Autocar, pengganti Nissan Leaf sendiri adalah crossover listrik yang diharapkan diluncurkan pada tahun ini, dan mulai diproduksi pada 2026 mendatang. Kemungkinan model ini, juga akan menjadi penerus dari Qashqai dan Juke.

Dijelaskan salah satu juru bicara Nissan, pihaknya tetap akan menyediakan Leaf untuk pelanggan Eropa hingga persediannya habis. Kemungkinan, stok yang akan tersedia akan dijual hingga akhir 2024.

"Nissan telah mengumumkan jajaran baru kendaraan listrik 100% untuk pasar Eropa yang akan diproduksi di pabrik Sunderland sebagai bagian dari komitmen kami terhadap keberlanjutan dan elektrifikasi," ucap sang juru bicara.

Meskipun Nissan Leaf dihentikan di Inggris, produksi dari model ini akan berlanjut di negara lain seperti Amerika Serikat dan Jepang.

Nissan juga berencana untuk menghadirkan generasi ketiga dari model ini.

Sebagai informasi, Nissan pertama kali memproduksi Leaf di tempat perakitan Sunderland pada 2013 lalu, tiga tahun setelah peluncuran perdananya. Kemudian, ini berlanjut pada generasi kedua mulai dirakit pada 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rayakan Ulang Tahun ke-90, Nissan Luncurkan Mobil Listrik Leaf Edisi Khusus

Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan merayakan hari jadinya yang ke-90 dengan meluncurkan edisi spesial ulang tahun Nissan Leaf yang diberi nama Nissan Leaf 90th Anniversary Vehicle, mobil listrik ini hadir dengan beberapa fitur yang tidak ada pada versi biasa dan sudah bisa dibeli di Jepang.

Dilansir Carbuzz, Nissan Leaf 90th Anniversary Vehicle mendapatkan lapisan tembaga khusus pada bumper depan dan belakang serta kaca spion. Ini adalah warna tembaga yang sama dengan yang ada pada Nissan Ariya. Lapisan tembaga tersebut melambangkan "awal atau fajar baru" untuk Nissan. Mobil ini juga mengadopsi satu set roda aluminium hitam berukuran 18 inci.

Ada sembilan pilihan warna untuk 90th Anniversary Leaf. Ini termasuk warna dua nada seperti Midnight Black/Dark Metal Grey, Pure White Pearl/Super Black, Burgundy/Super Black, Garnet Red/Super Black, dan Stealth Grey/Super Black. Pilihan warna mononya adalah Midnight Black, Pure White Pearl, Dark Metal Grey, dan Aurora Flare Blue.

Interior Nissan Leaf disempurnakan dengan jok depan yang dilapisi dengan kombinasi kulit imitasi dan suede bermotif kristal. Kursi tersebut juga mendapatkan label khusus Hari Jadi ke-90.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini